FAMOUS.ID - Kolaborasi adalah sebuah hal yang sangat penting untuk seorang konten kreator. Dengan berkolaborasi, seorang kreator dapat membagi dan mendiskusikan idenya dengan kreator lain sehingga dapat menghasilkan suatu konten yang keren dan tidak biasa. Dalam video ini, Giovander Louis membagi beberapa tipsnya dalam melakukan kolaborasi bagi seorang konten kreator.

Bang koleb bang
Giovander Louis Youtube Channel/Giovander Louis

Giovander Louis punya beberapa tips nih untuk konten kreator sebelum melakukan suatu kolaborasi :

1. Mengajak berkolaborasi

Dalam mengajak kolaborasi, lakukanlah layaknya mengajak seseorang dalam sebuah acara resmi. Buatlah email resmi untuk dikirimkan kepada si kreator dengan latar belakang singkat tentang channel kamu dan konsep ide video yang ingin dibuat pada saat kolaborasi nantinya. Jadi jangan cuma bilang "Bang, koleb dong bang" ya!

2. Kolaborasi jangan dipaksakan

Semua kreator tanpa terkecuali sebenarnya bisa melakukan kolaborasi. Akan tetapi hasilnya nggak akan selalu maksimal. Contohnya apabila seorang beauty vlogger mengajak berkolaborasi seorang vlogger otomotif. Memang sebenarnya dua genre channel ini bisa melakukan kolaborasi hanya saja hasilnya mungkin hanya berupa Q&A atau challenge. Ciri khas dari kedua kreator ini sulit untuk didapatkan dalam sebuah video kolaborasi.

3. Simbiosis Mutualisme

Kolaborasi adalah suatu hal yang bersifat simbiosis mutualisme atau saling menguntungkan. Seorang kreator pastinya memiliki skill dan keahlian yang berbeda-beda. Hal ini yang akan membuat sebuah karya kolaborasi terasa spesial, kemampuan dua kreator atau lebih dapat saling disalurkan dalam sebuah konten yang lebih bagus dari video biasanya.

Nah itu dia beberapa tips kolaborasi menurut Giovander Louis, buat lebih lengkapnya kamu bisa cek langsung di video tipsnya ini Famous People! (nfl)

REAKSI KAMU

EPIC
0
PECAH
1
SO SWEET
1
NICE TRY
0
HIKS
0
`