FAMOUS.ID - Kamu semua pasti tahu tentang nobel prize kan? Tapi, bagaimana dengan ig nobel prize? Ig nobel prize adalah parodi dari nobel prize yang dihadiahkan kepada penelitian dan ilmuan yang melakukan pnelitian yang aneh dan mustahil. Riset yang mereka lakukan rada konyol namun membuat kita jadi berpikir kalau hal itu masih masuk akal.

Berikut ini merupakan pemenang-pemenang ig nobel prize pada tahun 2016.

1. Bidang persepsi

Dua ilmuan asal Jepang menemukan bahwa ketika kita melihat sesuatu dari selal-sela kaki saat membungkuk. Maka benda tersebut akan terlihat lebih jelas dan terang. Apakah benar? Yuk dicoba.

2. Bidang ekonomi

Ilmuan asal Selandia Baru dan Britania Raya menemukan bahwa setiap batu itu memiliki kepribadian yang berbeda-beda sehingga menarik dan memiliki nilai jual. Mungkin penemuan ini bisa menjelaskan mengapa batu akik sempat menjadi barang yang banyak dibeli beberapa waktu lalu ya.

3. Bidang kedokteran

5 ilmuan asal Jerman menemukan bahwa ketika lengan kiri kamu gatal, kamu bisa menyembuhkannya dengan menggaruk lengan kanan sambil melihat kaca, begitu juga kebalikannya. Hal ini berguna ketika lengan kamu mengalami luka dan tidak boleh digaruk.

4. Bidang psikologi

Ada penelitian terhadap 1005 objek dengan umur 6-77 tahun untuk mengetahui seberapa sering dan seberapa jago mereka berbohong. Hasilnya, kebohongan itu meningkat pada saat kecil, memuncak pada saat remaja, dan menurun pada saat dewasa.

5. Bidang biologi

Pada bidang biologi, jatuh pada seorang ilmuan yang membuat tangan dan kaki buatan sehingga dia bisa bergerak selayaknya domba. Dengan tangan buatan tersebut, dia melakukan adaptasi dengan para domba di padang rumput.

6. Bidang sastra

Ig nobel pada bidang sastra jatuh pada seorang entomologis asal Swedia yang membuat 3 jilid autobiografi tentang kenikmatan mengkoleksi lalat yang sudah mati dan lalat yang masih hidup.

7. Bidang perdamaian

Sejumlah peneliti melakukan penelitian tentang hubungan karakter seseorang dengan kecendrungan untuk menerima kata-kata omong kosong yang sok dalam. Jadi hal ini ternyata dipengaruhi oleh keterbukaan pemikiran, kemampuan berpikir analitis dan kritis, dan kecendrungan untuk mempercayai hal-hal paranormal dan konspiratif.

Jadi itu dia, 7 pemenang ig nobel prize pada tahun 2016 lalu. Kalau kamu mau tahu lebih lengkapnya, yuk langsung aja tonton video dari Hujan Tanda Tanya berikut ini. (drp)

Lihat Video Lainnya:

Ini Dia Penjelasan Ilmiah Tentang Cinta Pada Pandangan Pertama
5 Manfaat Lain yang Bisa Didapat Dari Mendengarkan Musik
10 Mainan Canggih yang Sudah Beredar di Pasaran
5 Benda Sehari-Hari yang Mulai Terlupakan dan Punah
10 Penemuan Teraneh di Dunia

REAKSI KAMU

EPIC
3
PECAH
0
SO SWEET
1
NICE TRY
1
HIKS
2