FAMOUS.ID - Awan merupakan massa yang dapat dilihat dari tetesan air atau kristal beku tergantung di atmosfer di atas permukaan bumi atau permukaan planet lainnya. Secara ilmiah awan terbentuk karena pengembunan atau pemadatan uap air yang terdapat dalam udara setelah melampaui keadaan jenuh.

Banyak bentuk awan unik yang sering kali terlihat, bahkan bisa menyerupai seperti wujud hewan, manusia, atau juga yang lainnya. Namun, belakangan ini sudah beberapa kali terjadi sebuah fenomena awan langka yang memperlihatkan bentuk yang tidak seperti biasanya.

Berikut adalah 10 penampakan fenomena awan langka yang pernah terlihat di berbagai belahan dunia.

1. Skypunch

Skypunch adalah fenomena alam yang langka, awan yang terlihat seperti lubang besar yang berada di tengah-tengah kerumunan awan lainnya. Hal ini menyebabkan langit seperti terlihat berlubang. Fenomena ini dapat terjadi pada wilayah-wilayah yang memiliki suhu rendah.

2. Tsunami Clouds

Tsunami Clouds berbentuk seperti gelombang tsunami besar yang disebabkan oleh arus udara dingin dari angin laut. Biasanya awan ini menandakan akan datangnya sebuah badai.

3. Morning Glory

Morning Glory adalah fenomena meteorologi langka yang terjadi di berbagai belahan dunia. Awan Morning Glory berbentuk seperti gulungan panjang yang tebal.

4. Lenticular

Lentricular adalah fenomena alam yang sebagian besar bisa ditemukan pada wilayah pegunungan atau pun bukit. Awan ini berbentuk seperti cawan, namun terkadang juga banyak yang menyamakannya dengan bentuk UFO.

5. Booker Supercell

Booker Supercell adalah sebuah badai petir yang ditandai dengan adanya mesosiklon dalam dan terus-menerus berputar ke atas. Fenomena badai ini kadang-kadang disebut sebagai badai petir yang berputar.

6. Mammatus

Mammatus adalah istilah meteorologikal untuk bentuk gumpalan-gumpalan menggantung yang terbentuk di dasar awan. Nama mammatus diambil dari bahasa Latin "mamma" artinya "puting" atau "payudara", karena bentuknya yang memang mirip dengan payudara wanita.

7. Cirrus Kelvin Helmholtz

Cirrus Kelvin Helmholtz tampak seperti gulungan ombak dengan pusaran bergulir yang terlihat di bagian atasnya. Awan jenis ini bisa tampak di dunia dan di lapis atmosfer mana saja, tetapi hanya berlangsung beberapa menit sebelum akhirnya menghilang tanpa jejak.

8. Undulatus Asperatus

Undulatus Asperatus adalah formasi awan tidak beraturan yang tampak gelap dan seperti badai, namun cenderung menghilang tanpa membentuk sebuah badai.

9. Mata Langit

Mata Langit merupakan suatu fenomena yang cukup menyeramkan, karena bentuk awannya seperti sebuah mata yang sedang melihat. Banyak yang mengaitkan fenomena ini dengan sebuah musibah.

10. Cincin Merah

Cincin Merah merupakan sebuah fenomena yang tidak biasa memperlihatkan awan berwarna merah berbentuk seperti cincin. Belum ada penjelasan secara ilmiah tentang terjadinya fenomena ini.

Video Pengetahuan Lainnya:

7 Kejadian Mengerikan yang Terekam Kamera GoPro
10 Gedung Paling Tinggi yang Ada di Dunia!
10 Rekaman Video Tragis yang Memperlihatkan Kecelakaan Pesawat
5 Aksi Kabur Dari Penjara yang Paling Menghebohkan!
5 Perangkap Paling Mematikan dan Mengerikan Dalam Perang Vietnam

REAKSI KAMU

EPIC
14
PECAH
3
SO SWEET
8
NICE TRY
1
HIKS
4
`