FAMOUS.ID - Kemampuan public speaking atau berbicara di depan umum merupakan sebuah kemampuan yang sangat diperlukan oleh siapapun. Tetapi, seringkali kebanyakan orang menganggap berbicara di depan umum adalah sesuatu yang menakutkan. Untuk mengatasi ketakutan tersebut, terdapat banyak tips dan trik yang bisa dilakukan. Giri Cahya, kreator yang juga memiliki profesi sebagai seorang MC, membagi tips cara berdiri yang harus dihindari oleh seseorang ketika berbicara di depan umum.

1. Tangan di belakang

Hindari berbicara di depan umum dengan menyimpan tangan di belakang badan. Hal ini akan membuat kesan yang terlalu formal dan kaku. Pembicara yang meletakkan tangannya dibelakang akan tampak tidak nyaman dan kurang rileks, sehingga audiens akan ikut merasa tidak nyaman dan kurang memperhatikan pembicara.

2. Tangan di pinggang

Poin kedua adalah menyimpan tangan di pinggang. Posisi ini akan mengesankan rasa angkuh dan arogan pada pembicara. Audiens pun akan merasa kesal dan tidak memperhatikan materi yang disampaikan.

3. Tangan di saku

Hindari juga menyimpan tangan di dalam saku ketika berbicara di depan umum. Audiens akan merasa tidak nyaman karena pembicara terlihat terlalu santai dan tidak serius dalam menyampaikan materi.

Itulah 3 cara berdiri yang harus dihindari ketika menjadi pembicara di depan umum. Sebaiknya posisikan diri senyaman mungkin dan membuat para audiens nyaman dengan diri kamu. Dengan ini, audiens akan memperhatikan dan mendapatkan materi yang disampaikan dengan baik. (nfl)

REAKSI KAMU

EPIC
19
PECAH
7
SO SWEET
7
NICE TRY
23
HIKS
3