FAMOUS.ID - Kemampuan survival atau bertahan hidup di alam liar merupakan salah satu hal yang harus dimiliki setiap orang. Selama ini kebanyakan orang mempelajari cara bertahan hidup melalui mitos dan cara yang didapatkan melalui acara tv atau internet. Hal ini tentunya tidak salah, tetapi sebaiknya kita lebih menyaring informasi yang terpercaya soal kemampuan survival, karena masih banyak mitos soal bertahan hidup yang dipercaya oleh banyak orang. Cek daftarnya dibawah ini!

1. Meminum urin sendiri ketika dehidrasi

Tubuh manusia tentu membutuhkan asupan air untuk bertahan hidup. Seringkali orang beranggapan bahwa ketika terjebak di sebuah tempat yang tidak ada sumber air, cara yang bisa digunakan adalah meminum urin atau air kencing sendiri. Hal ini ternyata memiliki dampak buruk pada tubuh manusia. Urin memiliki kandungan sodium yang akan membuat tubuh manusia lebih cepat untuk mengalami dehidrasi. Nah, ketika meminum urin, cairan tersebut tidak akan membuat tubuh kita menerima asupan air tetapi malah membuat kita semakin dehidrasi.

2. Meminum air dari batang kaktus

Mitos kedua ini juga sangat populer dianggap sebagai cara yang dapat digunakan untuk bertahan hidup. Kaktus, tanaman yang dapat tumbuh di gurun pasir ini dikenal memiliki cadangan air yang besar di dalam batangnya. Hal ini sebenarnya tidak salah, kaktus memang memiliki kandungan air di dalam batangnya, tetapi hal yang harus diperhatikan adalah kandungan lain yang terdapat dalam tanaman tersebut. Selain air, kaktus memiliki beragam cairan kimia yang terkandung bersama air dalam batangnya. Jika kita meminum air kaktus secara sembarang, kemungkinan kita meminum kandungan kimia lain yang berbahaya pun cukup besar. Hal tersebut dapat menyebabkan tubuh mengalami penyakit mulai dari muntah hingga mati rasa pada bagian tubuh.

3. Membuat api unggun di dalam gua

Dalam berbagai film tentang bertahan hidup, seringkali ditampilkan adegan dimana seseorang yang tersesat berlindung di gua dan membuat api unggun di dalam gua tersebut. Hal ini ternyata merupakan hal yang berbahaya untuk dilakukan. Panas yang dihasilkan oleh api dalam gua akan membuat bebatuan dalam gua akan panas dan memuai, hingga akhirnya akan terjadi longsor. Hal ini pun ternyata pernah terjadi di dunia nyata. Pada tahun 2009 di Inggris, sekelompok remaja melakukan kegiatan kemping di sebuah gua dan menyalakan api unggun yang mencapai tinggi 2 meter di gua tersebut. Hal ini ternyata menyebabkan bebatuan gua tersebut longsor menimpa mereka. Nah, sebaiknya hindari menyalakan api di gua dan lakukanlah di luar ruangann

4. Cara menghadapi beruang

Banyak anggapan dan mitos populer yang menyatakan bahwa ketika bertemu seekor beruang, cobalah untuk diam dan pura-pura mati. Hal ini ternyata merupakan mitos yang sangat menyesatkan. Ketika bertemu dengan beruang di alam liar, jangan pernah berdiam diri atau berlari dengan panik. Beruang memiliki kecepatan berlari hingga 45 km per jam dan dapat dengan mudah mengejar orang yang sedang berlari. Cara terbaik untuk menghadapi beruang adalah tetap tenang dan berusaha untuk menjauh dengan sangat perlahan. Usahakan juga untuk tidak terlihat oleh sang beruang. Ketika kamu terpaksa harus berhadapan dengan beruang, gunakanlah peralatan yang ada untuk menjadi senjata seperti batu, tongkat, atau batang pohon untuk melawan hewan buas tersebut.

Nah, itu dia beberapa mitos bertahan hidup yang harus kamu hindari! Untuk daftar lengkapnya, tonton langsung videonya di halaman ini ya Famous People! (nfl)

Baca juga:

Wajib Tahu, Ini 5 Fungsi Tombol Shortcut Keyboard Paling Berguna
Begini Rasa Daging Manusia Menurut Pengakuan Para Kanibal
5 Menu Makanan Unik yang Pernah Diluncurkan Oleh McDonalds
Hanya Ada Dua Tipe Orang di Dunia, Kamu Termasuk Tipe yang Mana?
Keren! Inilah 5 Mata Uang Terunik di Dunia

REAKSI KAMU

EPIC
5
PECAH
0
SO SWEET
1
NICE TRY
1
HIKS
0
`