FAMOUS.ID - Tanggal 21 juli 1969 sebuah sejarah dunia telah tercipta, yakni manusia akhirnya dapat menapakkan kakinya pertama kali dipermukaan bulan. Orang tersebut adalah Neil Armstrong dan Edwin Buzz Aldrin, seorang astronaut berkebangsaan Amerika Serikat.

Detik-detik memijakkan kaki manusia untuk pertama kalinya ini disaksikan oleh hampir seluruh penduduk yang ada di dunia. Karena peristiwa ini merupakan sebuah momen penting dalam sejarah modern pada saat itu.

Namun, tidak semua orang yang menyaksikan dan melihat momen bersejarah tersebut percaya begitu saja dengan pendaratan manusia di bulan. Banyak juga yang menuduh program Apollo 11 hanyalah sebuah rekayasa atau tipuan yang dibuat oleh NASA (National Aeronautics and Space Administration).

NASA dan beberapa pihak di tuding melakukan sebuah penipuan agar publik percaya jika pendaratan tersebut memang benar-benar terjadi. Beberapa dari mereka percaya jika itu hanya sebuah rekayasa dari studio film yang dibentuk sedemikian mirip seperti layaknya kondisi di bulan.

Berikut 5 bukti yang dipercaya jika pendaratan manusia di bulan hanyalah hoax.

1. Penampakan peralatan studio

Foto-foto Neil Armstrong mendarat di bulan telah banyak disebar luaskan oleh NASA. Namun, ada beberapa keganjilan yang terlihat dari foto-foto tersebut. Seperti hasil refleksi bayangan pada penutup kaca helm astronaut yang digunakan. Terlihat satu benda yang menggantung dengan kawat seperti benda yang sering digunakan oleh sebuah studio film. Belum jelas apa kegunaan dan fungsi dari benda tersebut, namun banyak yang percaya jika itu adalah salah satu bukti jika foto tersebut diambil dari sebuah studio film.

2. Penampakan batu aneh

Sebuah batu yang terlihat pada foto pendaratan Neil Armstrong di bulan, menjadi salah satu bukti jika manusia tidak pernah mendarat di sana. Batu tersebut tampak seperti gumpalan kertas yang sengaja diletakkan sebagai salah satu properti. Jika dilihat dengan teliti, ada sebuah tulisan huruf 'C' yang terbentuk dengan sempurna seperti tulisan orang pada batu tersebut. Tetapi pihak NASA tidak tinggal diam mendengar kabar itu, mereka membantah dan melontarkan jika teori batu aneh hanyalah sebuah lelucon belaka.

3. Bayangan yang tidak satu arah

Matahari merupakan sumber cahaya utama yang ada di bulan, hal ini membuat seluruh objek yang ada di atas bulan sudah pasti letak dan posisi bayangannya selalu sejajar atau paralel. Namun, pada bukti foto pendaratan Neil Armstrong di bulan justru bayangan-bayangan yang terlihat jatuh pada bermacam arah yang berbeda. Cahaya dari lampu studio foto menjadi penyebab dan faktor pantulan bayangan menjadi berbeda-beda. Pihak NASA lantas membantah dugaan tersebut, mereka mengatakan jika letak bayangan yang berbeda terjadi karena gundukan bebatuan yang ada di bulan.

4. Tidak ada bintang

Dalam foto yang dipublikasikan oleh NASA, memperlihatkan Neil Armstrong dan Edwin Buzz Aldrin berada di permukaan bulan. Tapi ada suatu hal yang ganjil, yaitu langit-langit di luar angkasa tampak begitu gelap tanpa adanya cahaya bintang satupun. Menurut sebuah teori alamiah, bintang-bintang harusnya terlihat lebih jelas dan lebih terang daripada di bumi, karena di bulan tidak ada atmosfer dan tidak banyak lampu seperti di bumi. Menanggapi hal tersebut NASA membantah dengan alasan kualitas kamera dan juga proses mencuci serta mencetak film pada saat itu masih berkualitas buruk.

5. Bendera berkibar

Bulan adalah satelit luar angkasa alami yang dimiliki planet bumi. Di bulan permukaannya hampa udara dan hanya memiliki sedikit gaya gravitasi bumi. Tetapi dari foto Neil Armstrong yang mengibarkan bendera Amerika Serikat, terlihat bendera berkibar-kibar seperti sedang tertiup oleh angin. Hal ini justru terlihat sangat aneh, karena jika ditempat hampa udara sangat tidak mungkin terdapat angin yang dapat meniupkan suatu objek. Inilah menjadi salah satu bukti jika pendaratan manusia di bulan itu palsu. Mendengar berita tersebut, NASA lagi-lagi membantah dan beralasan jika bendera sebelumnya disimpan di dalam sebuah tabung yang ketika dibuka dan dikeluarkan akan menimbulkan sebuah efek bergelombang atau berkibar seperti ditiup oleh angin.

Nah, itulah 5 bukti dari video Daftar5 tentang pendaratan manusia di bulan itu hanyalah sebuah kebohongan publik. Bagaimana menurut kamu, dari beberapa teori di atas, mana teori yang kuat untuk membuktikan? (zie)

Video Discover Keren Lainnya:

5 Kecelakaan Paling Mengerikan yang Terjadi di Taman Hiburan
5 Pulau di Indonesia yang Terancam Akan Tenggelam
5 Obsesi Teraneh di Dunia, Salah Satunya Obsesi Dengan Kecoa
Ini Dia yang Akan Terjadi Jika Seluruh Es di Bumi Mencair
Wow! Inilah 8 Seragam Sekolah Paling Seksi di Dunia

REAKSI KAMU

EPIC
66
PECAH
34
SO SWEET
13
NICE TRY
50
HIKS
49
`