FAMOUS.ID- Mata adalah jendela dunia. Dengan mata kita dapat melihat indahnya alam yang telah diciptakan oleh Tuhan. Nah jika kalau kita mengalami hal-hal yang sangat nggak diinginkan, kita pasti akan merasa sangat sedih. Karena itu fakta-fakta penting tentang mata harus kita pahami betul agar kita dapat menjaga kesehatannya. Yuk kita simak beberapa fakta seputar mata yang belum banyak diketahui!

1. Mengapa Mata Berair Ketika Mengering?

Mata kita telah dilengkapi dengan sebuah bagian bernama kelenjar air mata. Kelenjar air mata akan menghasilkan air mata yang terdiri atas tiga komponen yaitu air, lender dan lemak. Apabila ketiga komponen tersebut tak berada dalam jumlah yang tepat, maka mata kita akan menjadi kering. Karena itulah otak akan merespon rangsang tersebut dengan cara memproduksi air ekstra agar kelembaban mata tetap terjaga.

2. Kecepatan Lensa Mata
Seberapa canggih manusia menciptakan sebuah lensa kamera, hal itu tak akan pernah bisa mengalahkan kecanggihan lensa mata yang telah diciptakan oleh Tuhan. Sebab lensa mata kita yang terletak di belakang pupil ini dapat memfokuskan pandangan pada obyek yang tengah kita lihat. Saat kita berusaha fokus pada sebuah obyek yang tengah kita lihat, maka lensa mata akan mengubah fokusnya dengan segara tanpa kita sadari. Padahal untuk memfokuskan padangan pada lensa kamera, kita memerlukan beberapa waktu.

3. Fungsi dan Jumlah Kedipan Mata
Kedipan mata kita berfungsi untuk menghilangkan kotoran-kotoran yang berkumpul pada permukaan mata sehingga kelenjar air mata dapat menghasilkan air mata yang lantas menyebar ke seluruh permukaan mata. Air mata tersebut dapat membantu kesehatan mata kita. Dalam sehari, ternyata mata kita dapat berkedip hingga sekitar 15.000 kali setiap harinya!

4. Perkembangan Sempurna Pada Mata
Jika sistem reproduksi pada wanita berkembang secara sempurna saat memasuki usia dua puluh tahun, maka berbeda halnya dengan mata. Kedua mata kita dapat mencapai perkembangan sempurna saat usia kita menginjak 7 tahun. Saat berada dalam usia tersebut, mata kita telah memiliki fungsi yang sama denga mata orang dewasa.

5. Setiap Orang Membutuhkan Kaca Mata Pada Usia Tua
Beberapa penelitian menunjukkan bahwa sekitar 99 persen dari warga dunia membutuhkan kacamata baca saat usianya mencapai kisaran 43 dan 50 tahun. Hal itu dikarenakan saat memasuki usia-usia tersebut lensa mata akan kehilangan kemampuan optimal mereka untuk fokus secara bertahap. Bahkan untuk dapat fokus dalam melihat obyek jarak dekat, lensa mata dapat berubah bentuk dari bentuk flat menuju bentuk yang lebih bulat.

Nah, itulah beberapa fakta menarik seputar mata yang mungkin belum banyak diketahui. Buat kamu yang masih penasaran dengan pembahasan seputar mata, bisa simak ulasan selengkapnya divideo yang ada di halaman ini!(non)

REAKSI KAMU

EPIC
5
PECAH
2
SO SWEET
3
NICE TRY
2
HIKS
2