FAMOUS.ID-Penguin adalah hewan akuatik jenis burung yang nggak bisa terbang dan biasanya ditemukan hidup di belahan bumi bagian selatan. Di seluruh dunia ada sekitar 16 spesies penguin hidup menyebar. Berikut ini ada 5 fakta unik tentang penguin yang belum kamu ketahui!

1. Penguin dan Kelenjar Uniknya

Layaknya makhluk hidup lain penguin, tentunya penguin juga memerlukan air untk minum, mereka bahkan harus meminum air asin untuk bertahan hidup. Pada saat berburu mangsa, penguin selalu memakai paruhnya yang kuat untuk menangkap dan menelan bulat-bulat mangsanya di dalam air. Mau nggak mau harus meminum sebagian dari air laut. Untungnya, penguin memiliki sebuah kelenjar di dekat matanya yg digunakan untuk menyaring air asin dari tubuh mereka.

2. Nggak Ada Penguin di Arktik?

Arktik dan benua Antartika merupakan dua daratan yang berbeda. Benua Antartika terletak di bumi bagian selatan. Di benua ini nggak terdapat penduduk asli seperti suku eskimo di Kutub Utara. Salah satu penghuni benua ini tak lain dan tak bukan adalah Penguin. Hewan ini nggak bisa ditemukan di Arktik, terdapat dua teori yg menjelaskan hal ini. Teori pertama menjelaskan adanya teori evolusi yang membuat penguin mampu bertahan hidup di lingkungan Antartika yg sangat ekstrim. Teori yang kedua menjelaskan bahwa dahulu terdapat penguin di Kutub Utara, tapi saat ini mereka telah habis di mangsa oleh beruang kutub.

3. Anjing Laut dan Penguin

Lingkungan yang ekstrim memaksa beberapa hewan untk beradaptasi dengan lingkungan tersebut. Anjing laut yang hidup di daerah kutub selatan memiliki kebiasaan seks yang sangat aneh dan menyimpang. Mereka sering melakukan seks dengan penguin. Kejadian ini bukanlah hal yg terjadi sekali dua kali, tapi sangat sering terjadi bahkan sering didokumentasi oleh para peneliti.

4. Penguin Diangkat Jadi Kesatria

Pada tahun 2008, Norwegia mengangkat salah satu penguin sebagai kesatria mereka. Penguin yang diberi nama Nils Olav tersebut menyandang gelar kesatria. Menariknya, hal ini bukanlah hal yg pertama kali terjadi. Pada tahun 1972, terdapat seekor penguin dengan nama Nils Olav yang diberi nama berdasarkan nama salah satu nama Raja Norwegia yaitu King Olav V dengan nama salah satu letnan pd waktu itu. Nils Olav diangkat menjadi kesatria setelah sebelumnya diangkat menjadi maskot oleh Letnan Nils Negelien. Setelah Nils Olav meninggal, ia digantikan oleh penguin kedua yang mengambil alih nama dan pangkatnya dan kini telah mencapai pada generasi ketiga yang juga memegang nama dan pangkat Nils Olav.

5. Sniper Untuk Menjaga Penguin

Serangan rubah terhadap kawanan spesies penguin yang terancam punah membuat pemerintah Australia harus menyewa sniper untuk menjaga sekumpulan kawanan tersebut. Penguin dengan jumlah sekitar 120 ekor ini merupakan spesies penguin kerdil, yang jg dikenal sebagai penguin peri, koloni tersebut baru kehilangan 9 ekor karena serangan rubah. Pada malam hari, dua orang penembak jitu disewa untuk menjaga penguin tersebut dengan bantuan kamera inframerah untk mendeteksi gerakan sang rubah.

Itulah 5 fakta unik tentang penguin yang mungkin belum kamu ketahui. Nggak disangka ya, dibalik tampilannya yang menggemaskan ternyata ada fakta-fakta yang nggak diduga. Nah buat kamu yang masih penasaran, mending simak ulasan selengkapnya di halaman ini Famous People!(non)

REAKSI KAMU

EPIC
1
PECAH
2
SO SWEET
1
NICE TRY
0
HIKS
0