FAMOUS.ID - Pada tahun 2011 silam, negara Jepang mengalami sebuah peristiwa besar yang mengguncang negara tersebut. Gempa bumi berkekuatan 9,0 mengakibatkan timbulnya gelombang tsunami setinggi 10 meter. Akibat dari bencana ini, laporan dari Japanese National Police Agency (JNPA) menyatakan bahwa ada 15.269 korban tewas dan 8.526 lainnya hilang dibeberapa wilayah.

Gempa ini tercatat sebagai gempa terbesar yang pernah mengguncang negara Jepang sepanjang sejarah dalam 1.200 tahun terakhir dan menjadi satu dari empat gempa paling besar yang pernah terjadi di dunia sejak pencatatan gempa modern dimulai.

Total kehancuran bangunan yang diakibatkan dari bencana ini pun jumlahnya sangat begitu banyak. Jepang tentunya mengalami kerugian yang cukup besar akibat dari bencana gempa dan tsunami tersebut. Namun di balik kisah-kisah sedih yang timbul dari dampak bencana ini, terselip 5 hal mengejutkan yang ditemukan pasca peristiwa tsunami 2011.

Beberapa hal yang ditemukan misterius dan mengagetkan ini menjadi pemberitaan yang cukup hangat dibicarakan.

1. Harley-Davidson

Sebuah sepeda motor bermerek Harley-Davidson yang rusak akibat empasan gelombang tsunami Jepang 2011, ditemukan terdampar di Canada tepatnya pada pantai Pulau Graham, 6.437 kilometer jauhnya dari negara Jepang. Harley-Davidson dengan plat nomor dan juga tertulis huruf kanji itu ditemukan berada di dalam sebuah kontainer. Motor tersebut akhirnya dikembalikan kepada pemilik aslinya yang bernama Ikuo Yokoyama. Namun ia menolaknya dan meminta kepada pihak Harley-Davidson untuk menyimpannya di dalam museum Harley-Davidson sebagai bentuk penghormatan terhadap para korban tsunami Jepang.

2. Kapal Hantu Jepang

Di wilayah perairan Amerika Utara, dekat Kepulauan Haida Gwaii ditemukan sebuah kapal yang sebelumnya dikabarkan hilang di tengah lautan ketika terjadi tsunami Jepang 2011. Kapal yang diketahui berasal dari Hokkaido, Jepang, itu adalah kapal pengangkut yang juga digunakan untuk menangkap ikan dan cumi-cumi. Namun kapal yang juga dijuluki “kapal hantu” tersebut membuat banyak orang kagum karena kapal yang terkena hantaman tsunami ini masih mengapung dan utuh.

3. Korban Selamat

Sungguh mukjizat bagi pria bernama Hiromitsu Shinkawa ini. Selama tiga hari ia terombang-ambing di tengah lautan, namun nyawanya dapat diselamatkan. Ia dapat selamat karena naik ke atap rumahnya yang sudah rusak akibat disapu tsunami.

4. Dermaga Jepang

Pada tahun 2013, sebuah dermaga besar ditemukan di Pantai Washington, Amerika. Dermaga yang hanyut akibat tsunami 2011 ini, membuat banyak perusahaan untuk turun tangan membantu menyingkirkannya dari pinggir pantai tersebut. Dermaga ini adalah salah satu 4 dermaga yang hilang dari pelabuhan Misao, Jepang.

5. Makhluk Misterius

Seekor makhluk misterius ditemukan terdampar pasca tsunami yang melanda Jepang 2011 lalu. Banyak orang yang tidak tahu makhluk apa itu sebenarnya. Makhluk berwarna putih besar itu ketika dilihat dari jauh seperti sebuah batu, namun ketika dilihat lebih dekat lagi mirip dengan ikan paus. Banyak orang yang sudah coba untuk mengidentifikasikannya, namun beberapa masih menganggap makhluk tersebut adalah hewan yang misterius.

Video Discover Lainnya:

10 Penemuan Teraneh di Dunia
5 Bukti Jika Neil Armstrong Tidak Pernah Mendarat di Bulan
5 Wanita Cantik Indonesia yang Menjadi Pemburu Ombak di Laut
5 Mall Terbengkalai yang Sangat Mengerikan
Aramu Muru, Sebuah Gerbang Kuno yang Bisa Menuju ke Dimensi Lain

REAKSI KAMU

EPIC
10
PECAH
1
SO SWEET
4
NICE TRY
2
HIKS
3