FAMOUS.ID - Gua Sunyaragi merupakan sebuah gua yang teretak di kelurahan Sunyaragi, Cirebon. Sebenarnya bangunan di tempat ini lebih mirip seperti bangunan candi, namun orang-orang menyebutnya sebagai Gua. Nama Sunyaragi sendiri berasal dari kata "sunya" yang berarti sepi dan "ragi" yang berarti raga. Tempat ini mempunyai tujuan sebagai tempat meditasi para sultan Cirebon dan keluarganya.

Selain menjadi salah satu peninggalan sejarah, Gua Sunyaragi ini memiliki beberapa mitos yang mengerikan. Apa saja mitos itu? Yuk simak 5 mitos mengerikan Gua Sunyaragi dari Ewing HD.

1. Penari dari alam gaib

Sampai saat ini, masih sering dilaksanakan tari topeng di Gua Sunyaragi. Tapi, para penarinya sering dirasuki oleh arwah dari Nyi Mas Gandasari yang merupakan penari yang cantik dan sakti dari Sunyaragi yang sudah meninggal. Banyak juga orang yang melihat penampakan Nyi Mas Gandasari menari ketika malam hari di pelataran Gua Sunyaragi.

2. Pembantaian berdarah

Pada masa kolonial Belanda, Gua Sunyaragi sempat hancur karena terkena ledakan bom. Lalu kembali dibangun lagi pada tahun 1852 oleh bantuan dari arsitektur asal China. Konon, setelah para arsitektur tersebut selesai melaksanakan tugasnya, mereka langsung dibunuh agar tidak menyebarkan beberapa rahasia yang ada di dalam Gua Sunyaragi. Sampai saat ini, banyak orang yang melihat penampakan arwah kedua arsitektur asal China tersebut.

3. Kekuatan gaib dari Gua Sunyaragi

Gua Sunyaragi merupakan sebuah candi yang bangunannya dibuat dari karang. Karang-karang tersebut didatangkan langsung dari pantai selatan dan katanya dikirim oleh pasukan gaib yang mengabdi pada kesultanan Cirebon.

4. Pintu menuju negara lain

Di Goa Sunyaragi ini, terdapat dua pintu yang konon bisa langsung menghubungkan ke dua negara lain. Pintu pada sebelah barat bisa langsung menuju ke Mekkah sedangkan pintu sebelah timur bisa langsung menuju ke China.

5. Patung perawan sunti

Kalau kamu perempuan yang belum menikah dan mengunjungi Gua Sunyaragi, jangan sampai memegang patung perawan sunti. Karena, nantinya kamu akan menjadi perawan tua. Sejarahnya, ada seorang perempuan yang sedang bermain air di kolam ini, kemudian tiba-tiba kolam ini airnya semakin tinggi dan menenggelamkan perempuan tersebut. Sebelum tenggelam, perempuan tersebut bersumpah, jika ada perempuan lain yang menemukan jasadnya, maka perempuan itu akan sulit jodoh dan menjadi perawan tua.

Jadi, itu dia mitos-mitos yang ada di Gua Sunyaragi menurut Ewing HD. Kalau kamu mau tahu lebih lengkapnya, yuk langsung aja tonton videonya berikut ini. (drp/vrc)

Baca Juga:

Tips PDKT Lewat Aplikasi Chatting
5 Urban Legend yang Berdasarkan Kisah Nyata
Wajib Dengar, 5 Panggilan 911 Ini Sangat Mengerikan
5 Eksekusi yang Sangat Mengerikan dan Sadis
Hati-Hati, Ternyata Hewan Kecil Ini Mematikan

REAKSI KAMU

EPIC
9
PECAH
2
SO SWEET
2
NICE TRY
3
HIKS
1
`