FAMOUS.ID - Perang Vietnam atau juga disebut dengan perang Indocina Kedua, merupakan perang yang terjadi antara tahun 1957 dan 1975 di wilayah Vietnam. Perang ini adalah bagian dari Perang Dingin antara dua kubu ideologi besar, yaitu Komunis dan SEATO (Southeast Asia Treaty Organisation).

Perang ini tentunya menimbulkan jumlah korban meninggal yang cukup banyak, diperkirakan lebih dari 1 juta jiwa. Banyaknya korban yang berjatuhan tidak lepas dari perangkap-perangkap mengerikan dan juga mematikan yang dibuat oleh tentara Viet Cong dan juga pihak lawan untuk menjebak para lawannya.

Berikut ini adalah 5 perangkap paling mengerikan dalam Perang Vietnam yang dibuat dan berhasil menjatuhkan lawannya.

1. Two Step Charlie

Two Step Charlie merupakan jebakan yang dibuat oleh tentara Viet Cong dengan menggunakan beragam ular berbisa. Hanya dua langkah setelah digigit, maka korban akan langsung tewas. Jenis ular bangkai laut atau bamboo pit viper adalah yang paling sering dipilih karena memiliki racun hemotoxic yang mampu mematikan sel organ dan bahkan kematian. Ular-ular ini disembunyikan di lubang-lubang yang berada di terowongan sempit tempat penyimpanan suplai Viet Cong. Tak hanya itu saja, terkadang ular juga ditempatkan di pohon atau pintu sehingga mereka siap menyerang wajah para tentara musuh.

2. Keepsake Losehand

Walaupun dalam kondisi menang, tapi tentara Amerika tidak boleh sedikitpun lengah. Karena tentara Viet Cong biasanya akan meninggalkan sebuah perangkap sebelum mereka mundur. Saat menang mengambil suatu wilayah, para tentara Amerika umumnya tergoda untuk menurunkan dan merobek bendera dari tentara Viet Cong yang telah ditinggalkan. Namun pada ujung tiang bendera tersebut sebenarnya telah dipasangi bahan peledak yang sensitif, sehingga ketika ditarik akan dengan sangat mudah untuk meledak.

3. Don't Look Down

Tongkat Punji merupakan salah satu jebakan tentara Viet Cong yang dibuat dari bambu yang ditajamkan dan ditembakkan dengan berbagai cara. Salah satu variasi yang paling mengerikan adalah tali pemicu yang jika tersangkut kaki akan melepaskan tiang bambu melengkung dengan ujungnya yang tajam. Lalu ada juga sebuah tali pemicu yang disembunyikan di tanah dan didesain untuk menembakkan sebuah panah bambu. Lubang diisi dengan bambu-bambu tajam yang kadang dilumuri dengan kotoran dan kemudian ditutupi agar tidak terlihat. Tujuan dari perangkap Tongkat Punji sebenarnya bukan untuk membunuh, namun untuk membuat cacat tentara Amerika agar mereka dipusingkan dengan proses evakuasi medis.

4. Catch a Tiger by the Toe

Perangkap ini merupakan sebuah paku yang tergantung dan dikenal dengan nama “tiger trap”, jebakan berbentuk papan sebesar 18 inchi dengan duri metal dengan pemberat bata yang digantung di beberapa pohon di jalan. Jebakan ini didesain agar jatuh langsung menimpa tentara Amerika yang menginjak tali pemicu. Namun ada juga kayu gelondongan sepanjang 2 sampai 3 meter yang dipasangi paku-paku tajam. Jebakan ini mengayun di sebuah tali dan langsung menyasar ke beberapa korban sekaligus.

5. Project Eldest Son

Meski penggunaannya telah dilarang dalam aturan perang resmi, militer Amerika Serikat tetap melanjutkan perangkap sabotasenya di bawah Project Eldest Son. Para teknisi Amerika memodifikasi 11.565 cartridge AK-47, 556 cartridge heavy machine gun, dan 1.968 mortar shell agar menjadi bumerang bagi pemiliknya. Amunisi yang telah disabotase ini selanjutnya disembunyikan di dalam kota amunisi tentara Viet Cong oleh Green Baret atau ditinggalkan begitu saja setelah pertempuran palsu. Selain melukai dan membunuh musuh, Project Eldest Son juga bertujuan untuk meruntuhkan kepercayaan Viet Cong terhadap pasokan senjata buatan China. Dalam setiap cartridge hanya terdapat satu peluru yang didesain untuk meledak. Militer Amerika juga menyebarkan dokumen-dokumen China palsu untuk menebar rumor tentang kegagalan quality control.

Itulah 5 perangkap paling mematikan dan mengerikan yang dibuat untuk menjatuhkan korban jiwa dalam perang Vietnam. (zie)

Video Discover Lainnya:

10 Merek Asli Indonesia yang Dikira Produk Luar Negeri
10 Fakta Unik dan Menarik Negara China yang Sangat Mengejutkan
7 Challenge Viral Paling Berbahaya dan Dapat Menyebabkan Kematian
10 Gedung Paling Tinggi yang Ada di Dunia!
10 Rekaman Video Tragis yang Memperlihatkan Kecelakaan Pesawat

REAKSI KAMU

EPIC
10
PECAH
0
SO SWEET
2
NICE TRY
4
HIKS
4
`