FAMOUS.ID - Meskipun peradaban mengelilingi kita, ternyata masih ada beberapa bagian di bumi ini yang masih murni, nyaris nggak tersentuh lho. Mulai dari lapisan es Antartika hingga hutan-hutan Madagaskar. Berikut beberapa tempat terasing di bumi yang belum pernah terjamah manusia!

1.Pulau Sentinel Utara /North Sentinel Island (India)

North Sentinel Island adalah bagian dari Kepulauan Andaman dan Nikobar di Teluk Benggala. Pulau ini menjadi rumah bagi salah satu suku paling primitif di dunia. Orang-orang Sentinelese menjauhi segala kontak dari dunia luar. Karena itu, pulau ini disebut sebagai tempat yang paling sulit dikunjungi di dunia. Sentinelese dianggap sebagai keturunan langsung dari manusia pertama yang muncul dari Afrika. Mereka telah tinggal di pulau kecil itu selama hampir 60.000 tahun. Pada tahun 1974, sebuah kelompok pergi ke sana untuk membuat film dokumenter. teman tahu apa yang terjadi berikutnya? Sutradara film itu menderita luka serius di pahanya, karena terkena panah sepanjang 2,4 meter. Beberapa rekaman dari kunjungan itu diabadikan dalam sebuah film dokumenter berjudul Man in Search of Man. Upaya untuk membuat kontak dengan Sentinelese telah dilakukan sejak tahun 80-an. Pada tahun 80-an dan awal 90-an, seorang antropolog India, T.N. Pandit, pernah melakukan beberapa perjalanan ke pulau itu atas sponsor pemerintah. Namun seperti sudah bisa ditebak, upaya itu selalu gagal.

2. Gurun Namibia

Namibia adalah salah satu negara dengan jumlah penduduk paling jarang di dunia. Nama salah satu negara Afrika bagian selatan ini diambil dari Gurun Namib, rumah bagi 2.500 ekor cheetah. Dengan bukit pasir raksasa, petroglif kuno, kawah dan air terjunnya, Namibia menjadi salah satu lanskap paling nggak tersentuh di Afrika.

3. Greenland

Ukuran Greenland hampir satu setengah kali ukuran Alaska, negara bagian terbesar Amerika Serikat. Tapi karena sekitar 85 persen lahannya ditutupi oleh es, sebagian besar wilayah pulau ini tetap tak berpenghuni. Kebanyakan orang tinggal di sepanjang pantai yang umumnya bebas es, terutama di barat daya.

4. Tsingy de Bemaraha

Tsingy de Bemaraha merupakan sebuah taman nasional di selatan benua Afrika, tetapi kesan yang ditampilkan oleh tempat ini lebih menyerupai hutan liar yang belum terjamah. Tsingy de Bemaraha dibentuk oleh sekumpulan batu besar tajam yang mencuat ke atas dan memiliki tinggi hingga 120 meter! Taman Nasional ini juga dikatakan sebagai rumah dari ratusan spesies hewan yang tidak akan bisa ditemui di belahan bumi manapun. Secara visual, tempat ini saja sudah bikin ngeri ya, tapi ternyata Tsingy de Bemaraha juga jarang terjamah tangan ilmuwan. Singkatnya sedikit sekali peneliti hutan maupun biologi yang menjejakkan kaki di tempat ini. Neil Shea, jurnalis National Geographic, mengatakan jika Tsingy de Bemaraha benar-benar memiliki kesan kawasan alam liar yang tidak pernah dibayangkan oleh siapapun. Ia dan timnya bahkan sampai tersesat berkali-kali sebelum akhirnya bisa keluar dari Taman Nasional tersebut.

5. Antartika

Antartika adalah tempat yang benar-benar tak tersentuh. 96 persen dari benua ini ditutupi es, dengan ketebalan rata-rata lebih dari satu mil (1,6 km). Penguin, ikan paus, anjing laut dan burung laut menggunakan perairan di sekitar Antartika untuk mencari makanan.

Inilah lima tempat terasing di bumi yang belum pernah terjamah manusia. Sangat menakjubkan ya. Dengan terisolasinya tempat ini dari dunia luar membuat keindahnnya terjaga. Siapa yang tertarik mengunjunginya? Tapi sebelum itu, simak dulu ulasan selengkapnta divideo yang ada di halaman ini yuk, Famous People! (non)

REAKSI KAMU

EPIC
7
PECAH
2
SO SWEET
1
NICE TRY
2
HIKS
2