FAMOUS.ID - Setiap tempat pemujaan yang di bangun mempunyai tujuan masing-masing. Selain digunakan untuk tempat ibadah, ternyata kuil juga bisa digunakan sebagai tempat wisata. Terdapat ritual-ritual keagamaan yang berada dalam kuil tersebut, terkandang saat berkunjung ke salah satu kuil kita akan merasa dibuat takjub sekaligus merinding saat mengetahui sejarah sesungguhnya. Seperti 5 tempat pemujaan paling aneh dan unik berikut ini!

1. Dongyue Hall Kuil

Dongyue Hall ini banyak dikunjungi orang-orang yang ingin mendoakan bahkan berkomunikasi dengan keluarga yang sudah meninggal. Menurut mitologi Cina, East Mountain dipercaya sebagai pintu masuk ke dunia bawah tanah tempat catatan kehidupan dan kematian tersimpan. Dongyue Hall di Tainan dibangun pada tahun 1673 dan menjadikannya kuil tertua di Taiwan yang dipersembahkan pada Yuedi. Dongyue Hall pun menjadi tempat pemujaan bagi tokoh-tokoh lain yang merupakan dewa penghuni dunia bawah. Di dalamnya terdapat mural yang menggambarkan kehidupan di neraka yang mungkin membuat kita ngeri.

2. Huashan Teahouse

Tersebar di seluruh puncak gunung Huashan terdapat beberapa kuil. Tempat ini adalah tempat dimana dewa datang untuk menyentuh bumi, untuk membawa sihirnya, dan untuk melakukan keajaiban, itu juga tempat di mana kaisar telah pergi untuk menyembah dewa-dewa. Dan jalan menuju ke sana setiap tahunnya diklaim telah menewaskan sekitar 100 nyawa. Jalannya dimulai dengan beberapa anak tangga yang curam, dilanjutkan dengan papan yang rusak dipaku di sisi tebing yang terjal tanpa pagar pengaman dan hanya terdapat rantai untuk dipegang.

3. Kuil Zenkoji, Nagano

Terletak di Nagano, Jepang kuil Zenkoji adalah salah satu kuil Buddhis tertua. Pada masa itu disebut "hibutsu," atau "Buddha Tersembunyi," adalah patung yang terdapat di kuil itu awalnya dibawa keluar dari tempatnya di belakang altar untuk acara-acara khusus hingga pada akhirnya dibuatkan replika yang digunakan sebagai gantinya. Replika tersebut dipamerkan setiap tujuh tahun sekali. bentuk patung aslinya tetap tersembunyi. Terakhir kali itu diperiksa adalah pada tahun 1720, ketika rumor mulai beredar bahwa kotak itu kosong.

4. Hmwe Paya Pagoda

Di Paleik, Mandalay, Myanmar ada sebuah pagoda unik yang diberi nama Yadana Labamuni Hsu-taungpye Paya. Pagoda ini lebih dikenal dengan nama Hmwe Paya atau Pagoda Ular. Pagoda itu dihuni oleh tiga ekor ular piton yang jinak. Ular-ular itu suka bergelantungan di sekitar patung Buddha yang diletakkan di altar. Kedatangan ular-ular tersebut bermula di tahun 1974. Ketika beberapa biksu membersihkan altar, mereka menemukan dua ular piton besar melingkar di patung Buddha. Para biksu lantas mengembalikan ular-ular itu ke hutan. Namun dalam beberapa hari ular-ular tersebut sudah berkeliaran kembali di sekitar altar. Setiap kali dibuang, ular-ular itu selalu kembali.

5. Gunung Osore

Osorezan atau Gunung Osore terletak di Shimokita, Jepang, dan ditemukan oleh seorang pendeta Buddha bernama Ennin sekitar seribu tahun lalu sebagai gunung suci yang menggambarkan dunia Buddha. Osorezan berarti "Gunung Kengerian". Diberi nama itu karena keadaan alamnya yang beda. Wilayahnya dipenuhi dengan aktivitas vulkanik, dan bau belerang pekat. Tanahnya berwarna abu-abu dan gersang. Osorezan dikenal sebagai "pintu masuk neraka", karena keadaan alamnya mirip dengan deskripsi mengenai neraka dan surga dalam ajaran Buddha. Di sini terdapat Sanzu no Kawa, sebuah sungai yang dipercaya menjadi tempat penyeberangan arwah orang-orang yang telah meninggal.

Itulah 5 tempat pemujaan paling aneh dan unik di dunia. Sejak jaman dahulu pemujaan keagamaan sudah dilakukan oleh nenek moyang kita, dan peninggalan-peninggalan tempat pemujaannya pun ada beragam, nggak sedikit yang memiliki keanehan dan keunikan tersendiri seperti beberapa tempat di atas. Buat kamu yang penasaran dengan ulasan ini, yuk simak video selengkapnya di halaman ini Famous People! (non)

REAKSI KAMU

EPIC
3
PECAH
0
SO SWEET
0
NICE TRY
0
HIKS
0