FAMOUS.ID - Siapa sangka kalau beberapa tempat yang dulu sangat ramai namun dalam sekejap berubah menjadi tempat terbengkalai. Tempat yang dulu ramai karena banyaknya aktivitas yang dilakukan sekejap berubah menjadi kosong tak berpenghuni. Uniknya walaupun begitu hal tersebut malah menjadi daya tarik untuk para wisatawan. Berikut ini adalah 5 tempat terbengkalai namun mengagumkan yang ada di dunia!

1. Rumah UFO Sanzhi, Taiwan

Rumah susun yang mirip dengan pesawat alien ini dibuat untuk tujuan sebagai tempat tujuan liburan bagi para tentara militer Amerika Serikat yang telah kembali ke posisi mereka di Asia. Namun karena kurangnya investasi dan banyak angka kecelekaan kendaraan, maka tempat dengan bentuk bangunan aneh ini akhirnya ditutup pada tahun 1980, tidak lama setelah bangunan ini baru dibangun.

2. Pulau Gunkanjima, Jepang

Sebelum berubah menjadi pulau yang terbengkalai, pulau yang diberi julukan Battleship Island ini dahulunya pernah ditinggali oleh sebanyak 6.000 orang. Membuatnya saat itu menjadi salah satu pulau paling padat yang ada di dunia. Pada tahun 1900, perusahaan terkenal Mitsubishi mulai melakukan penambangan batu bara di bawah pulau Gunkanjima. Sejak saat itulah banyak penambang yang datang dan mulai menguras semua kekayaan alam yang ada di pulau tersebut. Ketika batu bara sudah mulai habis pada tahun 1950, orang-orangpun mulai meninggalkan tempat ini. Sekarang ini pulau Gunkanjima tetap berdiri kuat namun tidak ada seorangpun yang tinggal di pulau tersebut membuatnya sebagai salah satu tempat terbengkalai yang ada di dunia.

3. Craco, Italia

Pada awalnya, desa ini merupakan desa yang kebanyakan penduduknya adalah orang Yunani. Perpindahan pada tahun 540 Masehi tersebut membuat desa ini mulai berkembang, seperti universitas mulai dibangun, penjara, hingga plaza. Namun siapa yang menyangka bahwa desa itu ternyata adalah tempat dimana banyak bencara terjadi. Pada tahun 1963 terjadi pergeseran tanah yang sangat parah sehingga mengakibatkan 1800 penduduk dipindahkan ke lembah yang berbeda untuk menghindar dari bencana tersebut. Bencana-Bencana lainpun mulai terjadi seperti lahan pertanian buruk hingga penyakit pes atau sampar. Sejak saat itulah desa ini menjadi tidak berpenghuni lagi.

4. The Maunsell Sea Forts, Inggris

Tempat terbengkalai ini tadinya merupakan sebuah benteng yang digunakan sebagai perlindungan dari serangan tentara Jerman selagi perang dunia kedua berlangsung. Bangunan ini dibangun oleh Guy Maunsell di atas anak sungai Thames dan Mersey. Kemudian sejak Perang Dunia II berakhir, tepatnya pada tahun 1950, bangunan yang tujuannya sebagai benteng inipun mulai ditinggalkan para penghuninya. Saat ini, Maunsell Sea Forts hanya dilewati oleh beberapa kapal dan perahu dan dikenal sebagai tempat yang terbengkalai.

5. Wonderland Amusement Park, Cina

Sebuah taman bermain dengan luas 485 m2 ini dibangun dengan tujuan untuk menjadi taman bermain terbesar di Asia. Berlokasi di Chenzhuang Village, 32 km di luar kota Beijing, taman ini dibangun oleh pengembang properti Reignwood Group. Sayangnya, pembangunan taman bermain ini tidaklah tanpa hambatan. Setelah masalah keuangan yang terjadi di tahun 1998 dan juga masalah rekonstruksi tahun 2008, pengembang memutuskan untuk menghentikan pembangunan taman bermain ini. Tempat yang saat ini sudah terbengkalai ini kabarnya digunakan oleh para petani untuk menanam sejumlah tanaman.

Itulah beberapa tempat yang dulunya banyak dikunjungi namun saat ini terbengkalai. Banyak hal yang menyebabkan tempat ini menjadi tak terurus padahal tempat ini nggak kalah mengagumkan dari tempat wisata terkenal lainnya lho! Gimana di sekitar kamu? Apa ada juga tempat terbengkalai yang memiliki cerita unik dibelakangnya? (non)

REAKSI KAMU

EPIC
22
PECAH
3
SO SWEET
2
NICE TRY
8
HIKS
8