FAMOUS.ID - Banyak misteri dibalik penemuan artefak kuno yang dilakukan para peneliti atau ilmuan namun sulit dijelaskan. Dari hasil penemuannya tersebut banyak yang menyerupai benda-benda yang ada dizaman sekarang. Namun, yang masih menjadi misteri hingga saat ini adalah fungsi atau kegunaan dari artefak-artefak kuno yang diciptakan pada masanya kala itu.

Mungkin karena ilmu manusia yang terbatas sehingga tidak cukup untuk menjelaskan apa saja yang telah dilakukan manusia di bumi sebelum kita. Saat ini sundah ada beberapa hal dari zaman kuno yang sudah dapat dijelaskan dengan bantuan teknologi. Namun, kenyataannya masih banyak misteri yang belum terpecahkan. Seperti beberapa artefak kuno dibawah ini yang sulit untuk dijelaskan para ilmuwan!

1. Batu Bulat Sempurna, Costa Rica

Costa Rica dan daerah sekitarnya dikejutkan dengan penemuan batu bola yang bundar dengan bentuk sempurna. Nggak hanya satu tetapi banyak batu bola yang ditemukan dengan bentuk yang beragam mulai dari kecil, sedang hingga ada juga yang setinggi manusia. Nggak diketahui bagaimana hingga batu ini ada menyebar di Costa Rica. Beberapa batu bahkan sudah dicoba untuk diledakkan, mereka berharap dapat menemukan sesuatu berharga didalamnya. Masih menjadi misteri bagaimana batu ini bisa terbentuk. Jika batu ini terbentuk dari zaman dahulu, bagaimana bisa pada masa itu manusia membuat batu besar seberat ini menjadi sehalus itu.

2. Baterai kuno, Irak

Baterai kuno ini juga disebut sebagai The Baghdad baterai ditemukan pada tahun 1936 di desa Khuyut Rabbou’a, Baghdad, Irak. Artefak ini diduga dibuat di Mesopotamia, pada masa Parthia atau Sassania. Artefak ini memperoleh perhatian publik pada tahun 1938. Ketika seorang arkeolog sadar dia bukan hanya menganalisa sebuah pot, dia terkejut saat mengetahui itu adalah sebuah baterai, karena pot tersebut berisi cairan baterai seperti cairan acid corrosion. Bagaimana bisa manusia pada zaman itu membuat cairan baterai dan menggunakannya?

3. Naskah Voynich

Naskah Voynich adalah sebuah buku yang diperkirakan ditulis pada tahun 1404 dan 1438. The Voynich merupakan sebuah buku text dengan huruf yang berbeda dan nggak pernah diketahui sebelumnya yang menyimpan misteri dan maksud didalamnya, didalam naskah tersebut juga terdapat ilustrasi. Sebenarnya tulisan tersebut merupakan bahasa, tapi nggak seorang pun tahu artinya. Naskah Voynich pertama kali ditemukan oleh seorang pedagang buku di luar kota Roma bernama Wilfrid M. Voynich,pada tahun 1912.

4. Patung emas mini Suku Inca

Patung-patung emas berbentuk hewan misterius yang ditemukan di Amerika Selatan ini mengingatkan pada salah satu bentuk pesawat terbang. Ini sulit dipercaya. Apa yang telah menginspirasi Suku Inca membuat figur mini seperti pesawat terbang ini masih belum diketahui.Pada tahun 1996, konstruktor model pesawat asal Jerman Algund Eeboom dan Peter Belting muncul dengan hipotesis bahwa patung-patung mini itu adalah mesin terbang.

5. Cakram genetik

Secara khusus, cakram itu mungkin 'cakram genetik' yang dibuat untuk menunjukkan konsepsi dan perkembangan embrio manusia. Selain itu, pahatan pada cakram itu menggambarkan kepala manusia dalam versi yang benar-benar aneh. Cakram tersebut dibuat dari material yang sangat kuat yang nggak ada seorang pun tahu bagaimana memproduksinya. Yang secara teori tidak mungkin dibuat oleh masyarakat kuno.

6. Mesin antikythera

Mesin Antikythera adalah komputer kuno analog yang dirancang untuk memprediksi posisi astronomi dan gerhana .The Antikythera Mechanism Itu ditemukan pada tahun 1900-1901 dari sebuah kapal karam di lepas pantai pulau Yunani Antikythera. Alat ini dirancang dan dibangun oleh para ilmuwan Yunani antara 150 sampai 100 SM. dan yang membuat bingung para Ilmuwan dan Arkeolog adalah bagaimana bisa pada zaman itu sudah ada teknologi mesin untuk memprediksi posisi astronomi dan gerhana, sedangkan para Ilmuwan pada saat itu belum mengerti dan mempelajari hukum gravitasi.

Itulah beberapa artefak kuno yang hingga saat ini yang belum bisa dipecahkan oleh para ilmuwan. Manusia yang hidup pada masa itu dipercaya memiliki kecerdasan lebih karena dapat menciptakan benda-benda yang hampir menyerupai yang ada dizaman sekarang, hanya saja teknologi yang ada saat ini membuat segalanya lebih mudah. Masih penasaran artefak kuno apa saja yang belum bisa dipecahkan para ilmuwan? kamu bisa nonton videonya lengkapnya di halaman ini! (non)

REAKSI KAMU

EPIC
10
PECAH
3
SO SWEET
1
NICE TRY
2
HIKS
0
`