FAMOUS.ID - YouTube merupakan platform video online terbesar di dunia. Berbagai informasi dapat diakses melalui situs tersebut, mulai dari hiburan, berita, tutorial, hingga pendidikan. Tetapi, ternyata tidak semua negara bisa dengan bebas mengakses YouTube. Ada beberapa negara yang pemerintahnya memblokir akses YouTube yang juga bagian dari perusahaan teknologi Google. Banyak alasan yang mempengaruhi keputusan tersebut, seperti alasan politik, budaya, dan keamanan. Berikut daftar negara yang tidak bisa mengakses situs YouTube.

1. Tajikistan

Pada 27 Juli hingga 15 Oktober 2012, Tajikistan memblokir situs YouTube karena banyaknya video protes terhadap kekerasan yang terjadi di negara tersebut. Setelah peristiwa tersebut, YouTube kembali diblokir di Tajikistan pada 23 Mei hingga 20 Agustus 2013 karena tersebarnya video presiden Tajikistan di situs tersebut. Pada 25 Agustus 2014, situs YouTube kembali diblokir karena alasan keamanan negara. Kebijakan ini belum berubah hingga detik ini.

2. Pakistan

Pemerintah Pakistan memblokir YouTube karena tersebarnya film "The Innocence of Muslim" pada tahun 2012 lalu. Hal ini dilakukan karena munculnya berbagai permasalahan SARA yang sangat sensitif pada para penduduknya. Oleh karena itu pemerintah segera mengambil keputusan untuk memblokir situs YouTube.

3. China

Berdasarkan peraturan negaranya, pemerintah China sudah memblokir seluruh produk dari Google dan beberapa media sosial lainnya. Kebijakan tersebut dikenal dengan nama "Great Firewall of China" sejak tahun 1998. Situs YouTube sendiri sudah diblokir oleh pemerintah China sejak tahun 2009. Akses situs media sosial hanya dapat diakses melalui daerah perdagangan bebas seperti "Shanghai Zone" saja. China juga memiliki peraturan yang ketat mengenai video online.

4. Iran

Sejak pemilihan presiden yang kontroversial pada tahun 2009, Iran mengeluarkan kebijakan untuk memblokir berbagai situs media sosial. Hal ini dilakukan dengan alasan utama karena pemerintah tidak ingin pengaruh barat mendominasi publik di negaranya. Kebijakan ini terus berlangsung hingga tahun 2013.

5. Libya

Pada tahun 2010, pemerintah Libya memblokir YouTube karena banyak digunakan untuk menyebarkan video anti pemerintah. Pemblokiran juga dilakukan karena terdapat video keluarga mantan pemimpin otoriter Muammar Gaddafi yang sedang berpesta. Setelah Gaddafi tumbang, situs YouTube sudah bisa kembali diakses di Libya.

6. Turki

Turki juga termasuk negara yang pernah memblokir YouTube. Dalam kasus ini, Turki sempat memblokir dan membuka kembali akses YouTube berkali-kali. Turki sempat memblokir akses YouTube pada September 2007, Januari - Juni 2008, Maret 2014, dan 6 April 2015. Hingga saat ini Turki masih kebingungan untuk memutuskan apakah YouTube merupakan situs berbahaya atau tidak.

7. Korea Utara

Warga Korea Utara hanya diizinkan mengakses internet melalui server lokal bernama "Kwangmyong". Jaringan internet lokal tersebut hanya menyediakan sekitar 1000 situs saja. Dari angka tersebut, YouTube tidak termasuk di dalamnya. Selain itu, internet hanya dapat diakses oleh segelintir orang saja.

Nah itu dia 7 negara yang memblokir akses YouTube Famous People, tonton video lengkapnya di halaman ini! Kita harus bersyukur masih bisa mengakses YouTube dan situs lainnya! (nfl)

Baca juga:

15 Desain Bangunan Paling Aneh dan Unik yang Bisa Bikin Kesal
7 Tanda Atau Ciri Orang yang Akan Meninggal Dunia
5 Video YouTubers Indonesia yang Ada di Trending YouTube Hari Ini
Inilah 4 Jembatan Angker dan Terkutuk di Dunia!
4 Video Dari Kreator YouTube Indonesia yang Masuk Trending Hari Ini

REAKSI KAMU

EPIC
5
PECAH
0
SO SWEET
0
NICE TRY
0
HIKS
1
`