FAMOUS.ID - Danau merupakan sebuah cekungan besar di permukaan bumi, yang digenangi oleh air tawar atau asin. Biasanya, danau sering digunakan sebagai sarana rekreasi, pemasok listrik, dan olahraga. Jenis-jenis danau pun beraneka ragam sesuai dengan proses pembentukannya.  Berikut ini adalah 5 danau terdalam di dunia

1. Danau Matano (Sulawesi Selatan – Indonesia)

Danau Matano adalah sebuah danau di Sulawesi Selatan, tepatnya berada di ujung selatan pulau Sulawesi di kota Sorowako, Kabupaten Luwu Timur. Danau ini memiliki kedalaman sejauh 600 meter (1.969 kaki), 382 meter di antaranya di atas permukaan laut.Danau Matano bukan merupakan pembentukan dari beberapa anak sungai, tetapi terbentuk dari ribuan mata air sehingga tidak akan pernah mengalami kekeringan dan airnya sangat jernih.

2. Danau Malawi (Afrika)

Danau Malawi juga dikenal sebagai Danau Nyasa di kebanyakan negara, atau Danau Nyassa, Danau Niassa, atau Lago Niassa di Mozambik. Danau ini terletak di antara Malawi, Mozambik, dan Tanzania dan ketahui sebagai danau yang memiliki lebih banyak habitat dari beragam jenis ikan perairan tropis dibandingkan dengan danau lainnya di Bumi. Danau Malawi atau Danau Nyaza memiliki kedalaman 706 meter dengan luas permukaan total danau sekitar 29.600 kilometer persegi. Danau ini memiliki garis pantai barat di Mozambik, Malawi timur, dan Tanzania selatan. Danau air tawar ini memiliki mengalir ke Sungai Shire, sebuah anak sungai yang mengalir ke Sungai Zambezi sangat besar. Danau Malawi atau Nyaza sendiri diperkirakan berumur setidaknya sekitar 40.000 tahun.

3. Danau Vostok (Antartika)

Dari 140 danau sub-glacial di bumi, Vostok adalah yang terbesar dan terdalam, dengan kedalaman maksimum 1000 meter (2.950 ft). Di bawah Rusia Vostok Station, 13.000 kaki di bawah permukaan lapisan es Antartika pusat, danau ini mungkin danau yang paling murni di Bumi. Suhu rata-rata air -3 ° C dan alasan mengapa danau ini masih cair di bawah titik beku adalah adanya pengaruh tekanan tinggi dari berat es di atasnya. Para ilmuwan juga menemukan bahwa inti es mungkin berumur 420.000 tahun, yang berarti bahwa danau tersebut terselimuti selama lebih dari 500.000.

4. Danau Toba 

Panjangnya 182 km, lebarnya hingga 60 km, dan luasnya 6.332 km². Ini berarti danau ini adalah danau terbesar kedua di dunia yang terletak di gunung setelah Danau Titicaca. Danau ini terletak pada ketinggian 1.620 m, dan dalamnya hingga 702 m. Air danau ini agakbergaram dan pada musim dingin tetap bebas dari es. Air danau ini berasal dari mata air dan salju yang mencair, namun ia tidak mempunyai penyaluran.

5. Lake Baikal (Siberia)

Danau Baikal juga dikenal sebagai “mata biru Siberia”, terletak di selatan Siberia dekat perbatasan Rusia-Mongolia. Terkenal sebagai danau terdalam di dunia dengan kedalaman maksimum 1.642 meter (5.369 ft).Danau Baikal danau besar dengan eko-sistem besar di mana lebih dari 1.700 spesies flora dan fauna yang hidup; dua pertiga dari mereka hanya akan ditemukan di sini. Sepenuhnya dikelilingi oleh pegunungan terjal dan hutan lebat, danau ini memiliki usia diperkirakan 25-30 juta tahun, menjadikannya salah satu danau paling kuno dalam sejarah geologi.

Itulah kelima danau terdalam di dunia. Keren banget kan danau dari Indonesia masuk kedalam daftar danau terdalam di dunia. Mungkin bisa jadi salah satu destinasi yang bisa kamu datangi. Gimana apa kamu penasaran dan ingin berlibur kesana Famous People? Yuk simak vlog dari Bayu Skak yang jalan-jalan ke Danau Toba divideo yang ada di halaman ini! (non)

REAKSI KAMU

EPIC
0
PECAH
0
SO SWEET
1
NICE TRY
0
HIKS
0
`