FAMOUS.ID - YouTube Rewind adalah sebuah video rangkuman dari tren, event, meme, dan musik yang viral dalam satu tahun. Setiap tahunnya, YouTube merilis video Youtube Rewind dengan berkolaborasi dengan sejumlah YouTubers sebagai bintangnya. Nah di artikel ini Famous.ID bakal kasih fakta-fakta tentang YouTube Rewind dari setiap tahunnya.

YouTube Rewind 2010 : Year in Review

Video YouTube Rewind yang pertama dirilis pada tahun 2010 dengan judul YouTube Rewind 2010 : Year in Review. Di tahun ini konsep video YouTube Rewind masih berupa rangkuman 10 video yang paling populer di tahun tersebut tanpa adanya narasi dari host.

YouTube Rewind 2011

Di tahun 2011, ada penambahan konsep dalam video YouTube Rewind, kali ini YouTube Rewind dibawakan oleh Rebecca Black sebagai presenter yang mempersembahkan rangkuman video-video populer di tahun tersebut. Pada saat itu, video musik "Friday" dari Rebecca Black menjadi video paling populer di tahun 2011.

Rewind YouTube Style 2012

Pada tahun 2012, konsep YouTube Rewind mulai berubah menjadi mash-up video dan musik yang viral pada tahun tersebut. Lagu "Gangnam Style" dari Psy dan "Call Me Maybe" dari Carly Rae Jepsen menjadi musik terpopuler yang dipilih menjadi 2 musik utama dalam mash-up YouTube Rewind 2012. Format mash-up video inilah yang dipertahankan sampai sekarang.

YouTube Rewind: What Does 2013 Say

Tahun 2013 menjadi tahun pertama digunakannya Rewind Button sebagai simbol dari YouTube Rewind. Video viral dari Ylvis - The Fox (What Does The Fox Say) menjadi referensi utama dari YouTube Rewind di tahun tersebut. Nggak ketinggalan, tren Harlem Shake yang ngetop di tahun itu juga masuk dalam YouTube Rewind 2013.

YouTube Rewind: Turn Down for 2014

Tahun 2014 diwarnai dengan mash up lagu-lagu populer seperti seperti "Turn down for what" dari Lil Wayne, "Happy" dari Pharrel William, "Bang Bang" dari Jessie J, dan "All About That Bass" dari Meghan Trainor. Topik viral seperti Ice Bucket Challenge, demam game Flappy Bird, dan film Disney fenomenal Frozen juga menjadi referensi yang banyak muncul. YouTube Rewind 2014 dianggap sebagai penghilang batasan antara YouTube dan televisi karena beberapa pembawa acara talkshow televisi Amerika terlibat dalam Rewind seperti, Stephen Colbert, Jimmy Kimmel, John Oliver, dan Conan O’ Brien.

YouTube Rewind: Now Watch Me 2015 #YouTubeRewind

Video Musik populer seperti "Watch Me" dari Silento, "Cheerleader" dari Omi, "What do You Mean" dari Justin Bieber, dan "Can't Feel My Face" dari The Weekend menjadi mash up musik yang digunakan dalam rewind tahun ini. Tahun 2015 juga menjadi tahun peringatan 10 tahun berdirinya YouTube, video-video yang pernah populer selama 10 tahun kebelakang menjadi referensi dalam YouTube Rewind 2015.

YouTube Rewind: The Ultimate 2016 Challenge

Tren tahun 2016 ini didominasi oleh banyaknya video challenge yang viral, mulai dari Juju on That Beat, flip the bottle, running man challenge, hingga mannequin challenge. Lagu-lagu populer seperti "Sorry" dari Justin Bieber, "Light it up" dari Major Lazer, dan "Closer" milik The Chainsmokers menjadi mash up musik di video rewind 2016. Topik populer di tahun ini juga menjadi referensi video tersebut seperti viralnya Pokemon Go, gaya Dabbing, dan video PPAP dari Pikotaro. Video YouTube Rewind 2016 menjadi video rewind tercepat yang mencapai 100 juta view, hanya dalam 3 hari setelah tanggal rilisnya video tersebut.

Nah itu dia fakta-fakta seputar YouTube Rewind setiap tahunnya, YouTube Rewind mana nih yang jadi favorit kamu? (nfl)

 

REAKSI KAMU

EPIC
3
PECAH
1
SO SWEET
0
NICE TRY
0
HIKS
0
`