FAMOUS.ID - Doa yang paling sering diutarakan ketikan seseorang berulang tahun adalah semoga panjang umur karena banyak dari mereka yang berharap nggak akan menjadi tua dan bisa hidup selamanya. Akhirnya banyak sekali ilmuwan melakukan penelitian untuk membuat sebuah alat atau metode yang tepat agar hidup atau umur manusia bisa bertambah dengan signifikan. Bila perlu mereka akan membuat manusia tak bisa mati. Tapi, apa bisa umur ditambah dengan suatu alat? Yuk, simak beberapa ulasan di bawah ini!

Bioprinting

Hal paling penting dalam hidup adalah tubuh selalu sehat dan organ yang ada di dalamnya selalu sehat. Jika organ yang ada di dalam tubuh manusia menjadi rusak, maka manusia akan mengalami gangguan dan menyebabkan ia menjadi mati dengan cepat. Untuk mengatasi hal ini sekelompok ilmuwan melakukan riset dan membuat sebuah mesin yang mampu mencetak organ. Organ buatan ini diharapkan akan mampu mengganti organ manusia yang rusak akibat penyakit atau karena sudah tua. Dengan mengganti semua organ diharapkan manusia akan bisa hidup lebih lama.

Calico LLC

Sekitar tahun 2010 UT Southwestern Medical Center mengidentifikasi sebuah zat yang diberi nama dengan aminoprophyl carbazole P7C3. Zat ini telah diteliti mampu meningkatkan fungsi otak dan juga saraf pada sebuah tikus yang mengalami gangguan pada tubuhnya. Akhirnya hewan ini mampu bertahan hidup cukup lama. Mengetahui keberhasilan ini akhirnya mereka membuat sebuah obat bernama NAMPT. Obat ini berpengaruh besar pada fungsi metabolisme manusia dan membayar sel-sel pada tubuhnya mampu bertahan dengan sempurna. Dengan mengonsumsi obat yang dikembangkan oleh Calio LLC ini manusia diharapkan akan bertahan hidup lebih lama karena tubuhnya selalu sehat.

Telomerase

Seiring dengan berjalannya waktu, manusia lambat laun akan mengalami penuaan. Sel-sel tubuh dari kulit hingga organ di dalam tubuh juga mengalami hal yang sama. Akibatnya tua dan kondisi badan menurun tak bisa dihindari, bahkan bisa menyebabkan banyak gangguan hingga menyebabkan kematian. Untuk mengatasi hal ini ilmuwan melakukan penelitian dan melakukan sebuah proses bernama telomerase. Proses ini akan memperkecil beberapa bagian dari kromosom manusia hingga membuat kromosom jadi menghambat adanya penuaan. Dengan adanya hal ini, manusia mungkin tidak akan bisa menjadi tua.

Cellular Compound

Secara konsep cellular compund adalah membuat sel tubuh menjadi lebih baik dari sebelumnya. Sel ini diberi perlakukan dengan baik hingga tidak akan menua. Yang mendasari penelitian ini adalah kemampuan hidup hewan seperti kura-kura yang bisa bertahan hingga ratusan tahun. Ilmuwan menganggap jika hewan ini bisa hidup lama karena pengaruh apa yang ia makan dan diserap oleh selnya, dalam hal ini diet. Akhirnya ilmuwan ini melakukan percobaan pada cacing. Satu cacing dibiarkan makan apa saja. Sedang satu cacing diberi perlakukan ketat pada sel tubuhnya. Hasilnya, cacing yang diberi perlakukan khusus bisa hidup lebih lama.

Itulah beberapa cara hebat yang dilakukan oleh ilmuwan untuk menambah umur manusia. Setuju atau tidakkah kamu dengan adanya penemuan mutakhir ini? Sekalipun bisa mungkin hanya memperlambat. Semua kembali lagi kepada Sang Pencipta ya karena Dialah yang memberi kehidupan. (non)

REAKSI KAMU

EPIC
16
PECAH
5
SO SWEET
9
NICE TRY
12
HIKS
5