FAMOUS.ID - Nggak ada yang bisa membantah kekayaan dan keindahan alam yang dimiliki oleh Indonesia. Keindahan alam, dan kekayaan tersebutlah yang membuat Indonesia sangat menarik bagi setiap orang dari berbagai penjuru dunia. Tapi selain kekayaan alamnya disisi lain Indonesia juga memiliki segudang sisi misterius yang sampai sekarang ini belum dapat terpecahkan. Meski sudah banyak penelitian sayangnya sisi misteri tersebut masih belum terkuak sampai sekarang ini. Misteri apa saja yang ada di Indonesia? Berikut ulasannya!

Batu Bleneng

Bagi yang sering melintas di Tol Cipali, tepatnya saat berada di desa Wlahar, Cirebon batu besar yang dikenal dengan nama batu bleneng ini pasti sering dijumpai. Sekilas batu dengan ukuran raksasa ini memang hanya terlihat sebagai sebuah batu biasa namun batu bleneng ini sebenarnya adalah salah satu misteri yang ada di Indonesia. Batu bleneng dengan ukuran besarnya yang tepat berada di tepi tebing, memiliki banyak kisah misteri. Menurut kisah batu yang lebih dari 2 meter tingginya ini konon tidak bisa di pindahkan. Hal tersebut diungkapkan oleh banyak pekerja semasa proses pengerjaan Tol Cipali. Menurut kisah warga sekitar batu bleneng merupakan batu yang berasal dari puncak gunung Ciremai tersebut sengaja ditinggalkan oleh orang sakti di masa lalu untuk menutup sebuah lubang yang menyemburkan lahar. Hal tersebut dilakukan demi mencegah kehancuran desa disekitarnya. Berangkat dari kisah tersebut sejumlah peneliti pun sempat melakukan penelitian hanya saja sampai sekarang tidak berhasil terungkap. Bahkan batu tersebut benar-benar tidak bisa dipindahkan.

Benteng Raksasa di Dasar Laut Papua

Di bagian lepas pantai utara Papua ditemukan sebuah benteng dengan ukuran raksasa yang berada tepat di dasar laut. Bentek tersebut diperkirakan memiliki panjang hingga 110km dengan tinggi 1860 meter dan lebar sekitar 2700 meter. Penemuan tembok raksasa tersebut sempat menghebohkan karena tembok tersebut ditemukan langsung oleh aplikasi google map. Namun setelah menjadi perbincangan hangat, benteng raksasa tersebut seolah sengaja di hilangkan tanpa alasan yang jelas. Hingga kini benteng raksasa tersebut pun menjadi misteri yang tidak terpecahkan. Namun menurut sejumlah pakar, bisa saja benteng tersebut memang benar-benar ada. Karena dahulu kala sebelum es mencair sejumlah daratan di bumi diketahui saling menyatu. Beberapa orang percaya benteng tersebut berhubungan dengan bangunan-bangunan kuno di dasar lautan Jepang. Gimana menurutmu?

Dusun Karang Kenek

Dusun Karang Kenek merupakan sebuah daerah yang berada di Desa Olean, Situbondo. Dusun ini sebenarnya hampir sama seperti dusun pada umumnya, namun dusun yang hanya memiliki 26 kepala keluarga ini punya keanehan tersendiri. Dusun Karang Kenek sejak dulu jumlah populasi mereka tidak pernah berubah, sejak tahun 1980 jumlah kepala keluarga yang mendiami dusun ini tidak pernah lebih dari 26 kepala keluarga. Hal tersebut diakui oleh Syaiful Arif yang merupakan ketua RT di Dusun Karang Kenek. Menurutnya, jumlah 26 KK tidak pernah berubah, bahkan jika lebih sekalipun selalu ada satu kepala keluarga yang pindah atau meninggal dunia. Sampai sekarang pun jumlah tersebut tidak berubah warga sendiri pun sebenarnya cukup heran.

Lukisan Misterius

Sebuah lukisan misterius ditemukan tepat di dalam gua Kantiolola, di Lembah Baliem, Wamena. Di bagian dalam gua yang menjadi kerajaan Kelelawar, terdapat sebuah lukisan kuno dengan gambar yang cukup aneh. Masyarakat setempat percaya jika lukisan tersebut dibuat oleh makhluk asing mengingat bentuknya yang mirip manusia namun terdapat di dinding-dinding gua yang sangat tinggi. Secara akal sehat lukisan yang diperkirakan sudah lebih dari ratusan ribu tahun tersebut tentu tidak bisa dibuat begitu saja apalagi mengingat tingginya yang luar biasa. Para pakar sebenarnya sempat meneliti lukisan tersebut dan memutuskan jika lukisan misterius itu dibuat oleh manusia purba ribuan tahun yang lalu. Tapi mereka tidak berhasil menemukan penjelasan yang rasional dan ilmiah mengenai cara yang digunakan manusia purba untuk bisa melukis di dinding dengan tinggi yang sangat menjulang seperti itu.

Kota Kuno di Dasar Laut

Di dasar laut yang berada di kawasan Priangan sampai bagian Selatan Banten, ditemukan sebuah kota kuno. Para tim peneliti percaya jika kota tersebut adalah kota kuno yang terhempas dan terkubur ke dasar laut setelah gelombang mega tsunami yang pernah terjadi di jaman dulu. Banyak sejarawan yang mengkait-kaitkan kota kuno tersebut dengan legenda Atlantis yang dulunya di percaya sebagai salah satu kota dengan peradabannya yang sangat maju, namun menghilang akibat bencana alam. Hal tersebut pun bukannya tanpa alasan karena sejumlah pakar geologi dari berbagai Negara percaya jika Atlantis berada di sebuah perairan dalam yang diberi nama Sunda Land. Sayangnya penemuan tersebut justru sengaja dibuat kabur oleh pemerintah demi mencegah pencurian-pencurian artefak. Tak pelak kota kuno tersebut pun masih jadi misteri sampai sekarang ini.

Itulah 5 misteri yang ada di Indonesia dan belum terpecahkan hingga saat ini. Mengingat wilayah Indonesia yang sangat luas, nggak menutup kemungkinan kalau mungkin saja masih ada banyak misteri yang belum terungkap. Masih penasaran dengan ulasan misteri di Indonesia yang belum terpecahkan hingga saat ini? Yuk simak ulasan selengkapnya divideo yang ada di halaman ini Famous People! (non)

REAKSI KAMU

EPIC
28
PECAH
1
SO SWEET
7
NICE TRY
11
HIKS
1