FAMOUS.ID - Banyak dari kita beranggapan bahwa bumi adalah salah satu tempat di alam semesta yang layak huni. Tapi di jagat raya yang luasnya luar biasa ini, ternyata beberapa ilmuwan dan NASA nggak tinggal diam begitu saja. Mengingat isu bumi sudah dalam keadaan yang semakin parah seperti global warming, penipisan atmosfer, kerusakan alam dan masih banyak lagi. Bukan nggak mungkin kalau suatu hari nanti bumi benar-benar nggak bisa ditinggali lagi. Karena hal itu NASA terus melakukan eksplorasi ke galaksi lain yang tersebar di sejuruh penjuru jagat alam raya ini. Hasilnya? Ada 5 planet yang diperkirakan bisa ditinggali oleh manusia karena karena kondisinya mirip dengan bumi!

1. Planet Kepler 22

Bulan Maret 2009, NASA meluncurkan misi Kepler untuk mencari kemungkinan di luar sana. Ternyata setelah 1,5 tahun misi ini dijalankan, di jagat raya ini setidaknya ada 2.326 planet yang diprediksi memiliki kesamaan dengan bumi. Salah satunya adalah Kepler 22 ini. Ukurannya 2,4 kali dari ukuran bumi dan juga dilihat dari warnanya, diperkirakan ada air juga di sana. Kerennya lagi, Kepler 22 memiliki tata surya yang pas, nggak terlalu dekat atau terlalu jauh dari matahari yang menjadi pusatnya. Di sana juga ada orbit bintang, menjadikan Kepler 22 menarik untuk dieksplorasi lebih jauh lagi.

2. Mirip Bumi di galaksi PSR B1257 C

Satu-satunya jalan untuk berjaga-jaga jika suatu saat bumi benar-benar sudah nggak layak ditinggali, adalah mencari ‘tempat tinggal baru’ di galaksi PSR B1257 +12. Memiliki sejarah penciptaan yang mirip dengan bumi, Astronom Aleksander Wolszczan mengeksplorasi dua planet di sana dengan lebih seksama. Harapannya, jika benar dua planet ini berpotensi untuk tempat tinggal manusia maka bukan nggak mungkin suatu saat manusia nggak lagi hanya tinggal di bumi. Yang bikin kagum, hampir di seluruh bagian dari dua planet ini dihiasi aurora tiap malamnya lho! Padahal di bumi, aurora hanya bisa terlihat di bagian utara saja. Berbeda planet pasti beda kondisinya namun bukan berarti manusia tidak bisa menyesuaikan kan? Tapi hal ini masih wacana. Keadaan pasti di dua planet ini juga belum diketahui.

3. Planet M Dwarfs and Brown Dwarfs

Inilah M-dwarfs And Brown Dwarfs, planet muda yang ditemukan oleh NASA dan fotonya cantik banget. Melihat gambaran dari M-dwarfs And Brown Dwarfs seperti negeri dongeng. Walaupun di sana ditakutkan oksigen tidak sebanyak di bumi dan juga cuacanya masih berganti secara ekstrim, namun tetap saja ada harapan mengingat dua planet ini juga tidak berada terlalu dekat dari pusat tata suryanya. Jika dilihat-lihat, kondisi di M-dwarfs And Brown Dwarfs seperti di Timur Tengah, agak tandus, terasa cukup panas tapi bukan berarti tidak bisa untuk ditinggali.

4. Planet HD 113766

Salah satu planet yang diyakini bisa untuk ditinggali manusia adalah HD 113766. Nathalia, pemimpin tim eksplorasi Kepler mengatakan bahwa planet ini ukurannya mirip dengan bumi, kondisinya juga mendekati bumi dan menurutnya, paling layak huni. Uniknya, planet ini dikelilingi dua cincin yang cukup tebal. Usia planet ini juga tergolong masih muda (belum lama terbentuk) jadi masih bisa mendapatkan perubahan seperti menjadi lebih dingin, lebih panas atau yang lainnya. Semoga saja, HD 113766 memang bisa ditinggali ya.

5. Planet Gliese 667 CC

Planet Gliese 668 CC walaupun nggak secerah bumi, namun berada di zona layak huni berdasarkan pemetaan yang dilakukan oleh NASA. Di sana, perbandingan mendapat cahaya dari pusat tata surya hanyalah berbeda 10% saja dari bumi. Ini berarti, malam hari di Gliese 667 Cc lebih panjang daripada pagi dan siangnya. Tapi sepertinya ini bukan masalah besar karena untuk yang tinggal di bumi bagian utara, mendapatkan malam hari lebih panjang sudah merupakan hal yang biasa.

Itulah kelima planet yang mirip dengan bumi. Walau 5 planet ini memungkinkan untuk dihuni tapi letaknya jauh luar biasa dari bumi. Lebih bik kita jaga bumi baik-baik supaya nggak perlu pindah ke mana-mana ya. Yuk simak ulasan selengkapnya divideo yang ada di halaman ini! (non)

REAKSI KAMU

EPIC
14
PECAH
2
SO SWEET
2
NICE TRY
8
HIKS
1
`