FAMOUS.ID - Sudah sejak lama kepulauan-kepulauan di Indonesia dikenal oleh dunia sebagai negeri yang kaya raya. Maka nggak heran kalau sejak dulu, beberapa bangsa di dunia pernah menjajah negara ini karena tergiur dengan kekayaan alamnya yang sangat melimpah. Berikut ini adalah negara-negara yang di ketahui pernah menjajah indonesia dalam sejarah!

1. Portugis hanya menjajah Maluku : 1509 - 1595 M

Bangsa Portugal dulunya bernama Portugis. Pada tahun 1512 seorang pelaut Portugis bernama Fransisco Serrao berhasil berlayar menuju kepulauan Maluku. Pada awalnya, raja Ternate menyambut baik kedatangan bangsa Portugis tersebut ke Maluku. Bahkan Portugis diizinkan untuk mendirikan benteng di Ternate. Namun pada akhirnya, hubungan dagang antara Ternate-Portugis diputuskan karena Portugis mulai melakukan praktek kecurangan perdagangan rempah-rempah di Maluku.

2. Spanyol hanya menjajah Sulawesi Utara :1521 - 1692 M

Pada awalnya, bangsa Spanyol bekerja sama dengan Kerajaan Tidore untuk melawan Kerajaan Ternate yang bersekutu dengan Portugis. Pada tahun 1960 Spanyol mendirikan pos - pos pertahanan di Manado. Namun pada awal tahun 1600 , tepatnya 1617 - 1646 Spanyol diusir dari Minahasa. Dan akhirnya pada tahun 1692 Spanyol berhasil sepenuhnya diusir dari Sulawesi Utara.

3. 1806 - 1811 M : Perancis secara tidak langsung menguasai Jawa, karena kerajaan Belanda takluk pada kekuatan Perancis. Berakhir pada tahun 1811, saat Inggris mengalahkan kekuatan Belanda-Perancis di Pulau Jawa.

Jenderal Daendels yang berada di Hindia Belanda, orang Belanda asli yang bekerja untuk kerajaan Prancis dibawah kekuasaan Raja Napoleon. Dan awal mula dia dikirim ke Indonesia adalah untuk melindungi negeri jajahan Belanda, yang saat itu berubah menjadi Republik Bataav, dari serangan Inggris.

Bukti lain bahwa Indonesia pernah dijajah Prancis adalah beredarnya mata uang dengan inisial huruf ‘LN’ yang merupakan singkatan dari penguasa Prancis saat itu, Louis Napoleon.

4. Jepang menjajah Indonesia 3,5 tahun : 1942 - 1945 M

Sejak tahun 1868, Jepang melakukan berbagai modernisasi besar-besaran yang dikenal dengan Restorasi Meiji. Dan sejak saat itu Jepang telah menjadi negara industri yang sangat modern. Pada tahun 1941 Jepang menyerang Pearl Harbor dan sejak saat itu Jepang dan Amerika Serikat mulai terlibat dalam perang dunia ke-2. Untuk membiayai mesin-mesin perang dan industri agar tetap berjalan, maka Jepang melakukan invasi ke beberapa daerah yang kaya bahan mentah termasuk Indonesia. Tahun 1942 Belanda menyerah tanpa syarat kepada Jepang dalam sebuah perjanjian di daerah Kalijati. Sejak saat itu, berakhirlah masa penjajahan Belanda di Indonesia dan digantikan oleh Jepang. Jepang sendiri menjajah Indonesia hanya dalam waktu 3,5 tahun dan berakhir pada tanggal 17 Agustus 1945 yaitu tepat saat proklamasi kemerdekaan Indonesia.

Itulah daftar 4 negara yang tercatat pernah menjajah Indonesia. Pemerintah penjajah sebenarnya juga membantu dalam pembangunan beberapa fasilitas umum seperti jalan, jembatan, perkebunan, rel kereta api, saluran irigrasi, dan beberapa fasilitas lain. Tapi namanya juga penjajahan ya Famous People, tetap harus dihentikan karena banyak menimbulkan penderitaan bagi rakyat indonesia. (non)

REAKSI KAMU

EPIC
43
PECAH
10
SO SWEET
17
NICE TRY
19
HIKS
38