FAMOUS.ID - Indonesia dikenal dengan kekayaan alam, budaya dan juga keseniann yang nggak kalah unik. Salah satunya kesenian tari. Ada banyak sekali tarian di Indonesia baik yang sifatnya modern maupun tradisional. Biasanya tarian yang tradisional lebih menarik karena suasana magis dan mistis yang tercipta. Masing-masing daerah di Indonesia memiliki tarian yang mengandung unsur magis tinggi. Sebagai wujud dari kesenian lokal, masyarakat setempat masih terus melestarikan kesenian tarian ini. Bagaimana pun berkembangnya tradisi menari ke arah modern, tarian mistis ini selalu hadir dalam wujudnya yang paling otentik atau asli. Berikut ini adalah 5 kesenian tari paling mistis di Indonesia

1. Tari Sintren

Tari Sintren berkembang di daerah pesisir pulau Jawa. Tari ini dibawakan oleh seorang penari yang dinamakan Sintren. Sang penari ini akan memainkan gerakan-gerakan tari dalam kondisi kesurupan ruh Dewi Lanjarsari. Seorang ruh penguasa pantai utara Jawa. Sebagai sebuah kesenian yang magis dan sakral, Keahlian menari Sintren hanya diwariskan melalui trah atau garis keturunan. Jadi para Sintren ini biasanya orang-orang terpilih, yang memiliki leluhur di masa lalu yang juga seorang Sintren.

2. Tari Seblang

Banyuwangi adalah sebuah kabupaten di ujung timur pulau Jawa. Daerah ini dikenal sebagai sebuah daerah yang kental dengan ilmu magic hitam. Banyak dukun di Banyuwangi yang melakukan aktivitasnya secara terbuka. Hingga konon masyarakat Banyuwangi sering melihat fenomena hujan meteor di langit.Yang tak lain meteor-meteor itu adalah tembakan energi gaib dari para dukun. Banyuwangi juga kaya dengan kesenian budaya, salah satunya tarian. Tari yang sangat terkenal di Banyuwangi adalah Tari Seblang. Tari ini adalah sebuah tarian tradisional suku osing. Hanya dibawakan di waktu-waktu tertentu karena para penari akan menari dalam kondisi kesurupan. Di mana kesurupannya tidak diketahui kapan terjadi.

3. Tari Calon Arang

Tari Calon Arang berasal dari Bali. Tarian ini juga sangat magis dan misterius. Salah satu tokoh sentral dalam tarian ini bernama Rangda. Sosok Rangda dalam tari Calon Arang akan melakukan prosesi ditusuk-tusuk benda tajam seperti pisau. Tarian Calon Arang dilakukan oleh para penari profesional. Mereka telah melakukan ritual kebal diri terlebih dahulu. Namun seringkali ritualnya kurang berhasil. Sehingga walaupun sudah dalam kondisi kebal karena pengaruh magic, para penari Calon Arang masih bisa berdarah dan terluka. Bahkan ada yang sampai meninggal.

4. Tari Salai Jin

Tari Salai Jin berasal dari Maluku Utara tepatnya Pulau Ternate. Sebagaimana tarian magis dari daerah lain. Salai Jin juga menyebabkan penarinya mengalami trance atau kesurupan makhluk halus. Tari Salai Jin di masa lalu dilakukan oleh masyarakat suku ternate untuk berkomunikasi dengan jin. Demi meminta bantuan untuk menyelesaikan permasalahan mereka. Yang menarik dari tarian ini adalah dilakukan secara beregu dengan jumlah penari haruslah genap. Karena bila ganjil dianggap akan mendatangkan musibah. Tari ini hanya dilakukan oleh para profesional yang telah dibekali ilmu gaib. Mereka akan menari di antara bakaran kemenyan, dengan gerakan-gerakan yang semuanya dilakukan secara trance atau tidak sadarkan diri.

5. Tari Kecak

Tari Kecak sangat populer di Bali. Selalu ditampilkan sebagai kesenian tradisional untuk mengundang wisatawan. Tari ini biasanya dilakukan pada malam hari agar menambah kesan mistis. Keunikan Tari Kecak adalah dilakukan secara rombongan beregu oleh sekitar 50 penari laki-laki. Tari ini tidak membutuhkan iringan alat musik karena suara musiknya berasal dari teriakkan para penari sendiri yang mengucapkan, "cak cak cak cak". Suara mereka menciptakan harmoni yang terkesan sangat magis. Tari Kecak sebenarnya memiliki alur cerita kisah ramayana. Puluhan penari yang melingkar sambil berteriak cak cak cak itu menggambarkan barisan para kera yang membantu rama dalam mengalahkan sosok rahwana. Tarian ini biasanya dilakukan secara serangkai dengan tarian Sanghyang. Mistisnya Tari Kecak timbul lebih kepada performa panggung yang dramatis.

Itulah kelima kesenian tari Indonesia paling mistis. Lekatnya kepercayaan masyarakat dengan leluhur ikut melestarikan tarian-tarian tersebut. Hingga saat ini tarian-tarian diatas masih dipentaskan dan justru membuat daya tarik bagi para turis yang berkunjung di Indonesia. (non)

REAKSI KAMU

EPIC
18
PECAH
3
SO SWEET
1
NICE TRY
0
HIKS
0