FAMOUS.ID- Ilmu pengetahuan itu memang nggak ada batasnya. Mulai dari ilmu fisika, kimia, biologi, dan banyak ilmu lainnya menjadi pilar kehidupan di bumi. Dari ketika duduk di bangku Sekolah Dasar, tentunya kamu pernah mendengar banyak teori-teori tentang kehidupan di bumi. Lalu, begitu menginjak bangku Sekolah Menengah Pertama, ilmu-ilmu tersebut menjadi semakin dikerucutkan dan kamu pun lebih detail dalam mempelajarinya. Nah, ternyata ada banyak sekali ilmu dan teori pengetahuan yang selama ini dipercaya dan salah kaprah, lho. Apa saja? Yuk, simak teori-teori ilmu pengetahuan yang selama ini diyakini, namun ternyata keliru,

1. Matahari Berwarna Kuning

Dari dulu, kamu diajari bahwa matahari itu berwarna kuning, setuju? Padahal, yang sebenarnya, cahaya matahari itu berwarna putih, lho. Mengapa bisa menjadi berwarna kuning? Hal itu dikarenakan atmosfer bumi yang membelokkan cahaya melalui efek yang disebut hamburan Rayleigh. Fenomena inilah yang juga membuat langit tampak biru dan menyebabkan matahari berwarna kuning kemerah-merahan saat tenggelam.

2. Gurun terluas di dunia adalah Sahara

Kamu percaya kalau gurun terluas adalah gurun Sahara? Kamu salah kaprah, lho. Gurun tak selalu tempat kering yang tandus dan panas. Tempat tak berpenghuni juga bisa disebut gurun. Dan salah satunya adalah Antartika. Antartika memiliki luas 5,4 juta mil persegi. Sementara Sahara hanya seluas 3,6 juta mil persegi.

3. Sinyal telepon memantul dari satelit

Ponsel yang kamu gunakan setiap hari itu ternyata berbeda dengan telepon satelit, lho. Ponsel akan memancarkan sinyal radio nirkabel dan melakukan pencarian, ping, dan relay data dari dan ke menara seluler terdekat. Jadi bukan memantul dari satelit, ya.

4. Gravitasi bulan menyebabkan pasang surut air laut

Penyebab pasang surut sebenarnya adalah adanya inersia air dari rotasi bumi. Saat berputar dengan kecepatan sekitar 1.040 mph, bumi "mengempaskan" air yang berlawanan dengan bulan. Sementara di sisi bumi yang lain, air menyurut dan mengalir untuk membentuk pasang. Jadi, gravitasi bulan tidak sepenuhnya benar bisa menyebabkan pasang surut air laut.

5. Hanya Ada 3 Jenis Zat

Kali ini, ingat perkataan gurumu yang mengajarkan bahwa ada tiga jenis wujud zat: cair, padat, dan yang terakhir gas. Yang sebenarnya terjadi adalah, masih ada satu wujud zat lagi di dunia ini. Wujud zat terlupakan tersebut bernama plasma. Klasifikasi wujud zat didasarkan pada perbedaan hubungan antar molekul. Zat padat memperlihatkan gaya antar molekul yang spasial tetap. Dalam cairan menunjukan hubungan antar molekul yang berdekatan namun tidak spasial tetap. Sedangkan untuk gas, molekul berpisah dan gaya tarik antar molekul relatif tidar berpengaruh pada gerakannya. Lalu bagaimana dengan plasma? Plasma adalah gas yang sangat terionisasi dan terjadi pada suhu tinggi. Gaya antar molekul yang diciptakan oleh gaya tarik-tolak ion-ion menghasilkan keadaan yang berbeda sifat, sehingga plasma dideskripsikan sebagai wujud zat keempat. Selain itu, plasma adalah material yang membentuk bintang dan bulan.

NAh itulah kelima salah paham sains yang terlanjur dipercaya orang banyak. Sudah paham kan sekarang kalau apa yang selama ini kita percayai ternyata salah? Supaya nggak berkelanjutan sampai ke anak-cucu, silahkan share pengentahuan yang sangat bermanfaat ini pada teman dan keluargamu. Buat kamu yang masih peasaran juga bisa simak ulasan selengkapnya divideo yang ada di halaman ini Famous People!(non)

REAKSI KAMU

EPIC
24
PECAH
12
SO SWEET
5
NICE TRY
7
HIKS
4