FAMOUS.ID - Teman-teman pernah penasaran, mengapa warna kulit manusia bisa berbeda-beda? Ada yang berkulit putih, sawo matang, kuning langsat, dan sebagainya. Hal tersebut ternyata dipengaruhi sebuah zat warna dalam tubuh makhluk hidup bernama pigmen. Tapi selain itu ada penyebab lainnya lho! Penasaran? Check this out!

Pigmen pada kulit manusia

Manusia memiliki organ tubuh terluar, yaitu kulit, biasanya setebal 2 hingga 3 milimeter. Kulit manusia memiliki warna yang berbeda-beda dan menjadi keunikan tersendiri. Perbedaan warna kulit ini dipengaruhi oleh pigmen atau zat warna. Sebenarnya, pigmen bahkan ada dan mempengaruhi tubuh binatang serta tumbuhan juga, lo. Jika melanin atau zat pigmen dalam tubuh seseorang terlalu banyak, maka warna kulitnya akan semakin gelap. Tetapi jika melaninnya sedikit, maka kulit seseorang akan tampak lebih cerah. Teman-teman pernah penasaran, mengapa warna kulit manusia bisa berbeda-beda? Ada yang berkulit putih, sawo matang, kuning langsat, dan sebagainya. Hal tersebut ternyata dipengaruhi sebuah zat warna dalam tubuh makhluk hidup bernama pigmen.

Pigmen pada kulit manusia

Manusia memiliki organ tubuh terluar, yaitu kulit, biasanya setebal 2 hingga 3 milimeter. Kulit manusia memiliki warna yang berbeda-beda dan menjadi keunikan tersendiri. Perbedaan warna kulit ini dipengaruhi oleh pigmen atau zat warna. Sebenarnya, pigmen bahkan ada dan mempengaruhi tubuh binatang serta tumbuhan juga, lo. Jika melanin atau zat pigmen dalam tubuh seseorang terlalu banyak, maka warna kulitnya akan semakin gelap. Tetapi jika melaninnya sedikit, maka kulit seseorang akan tampak lebih cerah.

Faktor genetik atau keturunan

Selain itu, biasanya faktor keturunan atau genetik juga memengaruhi warna kulit seseorang. Misalnya, jika ayah dan ibu teman-teman memiliki warna kulit yang berbeda, maka teman-teman akan mendapatkan warna kulit yang paling dominan di antara keduanya.

Lingkungan tempat tinggal

Hal lain yang juga memengaruhi warna kulit seseorang adalah lingkungan tempat tinggalnya. Orang-orang yang tinggal di negara dengan 4 musim umumnya memiliki kulit lebih cerah, sebab durasi terpapar sinar mataharinya tidak sebanyak orang yang tinggal di negara 2 musim seperti Indonesia. Karena banyak terpapar sinar matahari, biasanya kulit seseorang menjadi lebih gelap.

Albinisme akibat kekurangan pigmen

Albinisme merupakan salah satu kelainan yang disebabkan kurangnya zat pigmen melanin atau zat warna dalam tubuh makhluk hidup. Hal ini bisa melanda hewan maupun manusia. Biasanya, orang-orang dengan gejala albinisme akan sangat sensitif dan tidak tahan terhadap serangan sinar matahari. Kulit mereka akan tampak seperti luka bakar jika terlalu banyak terpapar matahari. Selain matahari, cahaya lampu yang terlalu terang juga tidak baik bagi penderita albinisme, sebab dapat membatasi penglihatan mata.

Itulah beberapa penyebab warna kulit manusia berbeda-beda. Jadi udah tau kan kenapa warna kulit berbeda? Warna kulit setiap orang berbeda karena gen warna kulit yang didapat dari orang tua dan juga pengaruh lingkungan tempat tinggal. Yuk simak penjelasan selengkapnya divideo dari Kok Bisa Channel divideo yang ada di halaman ini! (non)

Video Discover Keren Lainnya:

Vapor Lebih Berbahaya Dari Rokok Biasa? Ini Penjelasannya!
4 Hal Ini yang Biasa Dirasakan Oleh Anak Indigo!
Inilah 4 Artis yang Melakukan Diet Aneh Demi Mendapatkan Tubuh Ideal
Inilah 5 Artis Hollywood yang Diisukan Sebagai Pemuja Setan!
Inilah 5 Kegiatan Aneh Orang Zaman Dulu Untuk Mencari Hiburan!

REAKSI KAMU

EPIC
9
PECAH
3
SO SWEET
4
NICE TRY
5
HIKS
2
`