FAMOUS.ID - Gigi berlubang adalah salah satu masalah mulut yang cukup serius, kamu harus mengetahui secara pasti penyebab gigi berlubang dan cara mengatasinya. Tentu saja kamu nggak akan tega kalau keluarga atau bahkan kamu sendiri yang mengalami sakit gigi yang menyiksa. Gigi berlubang dapat terjadi pada semua orang tanpa melihat usianya. Oleh karena itu, simak dengan baik ulasan penyebab gigi berikut ini Famous People!

1. Cara menyikat gigi yang nggak benar

Penyebab gigi berlubang yang paling sering terjadi yaitu karena cara menyikat gigi yang nggak benar. Dalam hal ini, cara menyikat gigi yang benar yaitu dengan menyikat gigi dari atas ke bawah ataupun sebaliknya. Bukan dari kanan ke kiri ataupun sebaliknya. Selain itu, sebaiknya dilakukan selama 1 sampai 2 menit. Akan lebih baik jika menyikat gigi dilakukan didepan cermin, maka kotoran akan mudah terlihat. Kamu harus memastikan bahwa bakteri penyebab gigi berlubang tidak ada lagi.

2. Adanya bakteri

Bakteri juga merupakan penyebab gigi berlubang yang cukup serius, dimana bakteri ini dapat membuat kesehatan gigi semakin buruk. Bakteri yang terdapat dalam mulut dapat menjadi penyebab adanya pengikisan email yang dapat meretakkan gigi bahkan membuat gigi berlubang. Gula adalah zat yang sering membuat gigi cepat retak dan berlubang. Dimana bakteri yang ada dalam mulut akan mengubah sisa gula yang terdapat di mulut menjadi asam. Asam inilah yang menjadi penyebab gigi berlubang sakit.

3. Sikat gigi yang salah

Sikat gigi juga merupakan hal yang sangat berpengaruh terhadap kesehatan gigi kamu. Dengan menggunakan sikat gigi yang tepat, maka gigi kamu nggak akan mudah terkikis dan tetap sehat. Sikat gigi yang benar yaitu yang memiliki bulu lembut, tidak kasar. Jika bulu sikat gigi kasar, maka dapat membuat lapisan email cepat mengikis dan membuka lapisan tengah gigi Anda terbuka. Jika sudah terbuka, akan lebih berpotensi untuk berlubang karena sangat sensitif dan mudah sakit. Selain itu, perhatikan juga kebersihan sikat gigi kamu. Ini juga merupakan penyebab gigi berlubang. Jangan digunakan terlalu lama, setidaknya dalam waktu 3 bulan kamu sudah harus menggantinya.

4. Makanan terlalu manis

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, gula adalah zat yang dapat menjadi penyebab gigi mudah berlubang. Makanan manis biasanya menggunakan gula sebagai pemanis. Jika zat gula masih ada yang tersisa di sela-sela gigi, maka ini akan menjadi penyebab gigi Anda cepat berlubang. Kurangilah konsumsi makanan dan minuman yang terlalu manis atau yang banyak mengandung gula.

Itulah 4 penyebab gigi berlubang dan juga cara tepat untuk mengatasinya. Untuk kamu yang masih penasaran, bisa simak ulasan selengkapnya divideo Alaena Handadari yang ada dihalaman ini Famous People! (non)

REAKSI KAMU

EPIC
0
PECAH
0
SO SWEET
4
NICE TRY
0
HIKS
0
`