FAMOUS.ID - Di setiap negara, uang telah menjadi barang yang digunakan sebagai alat tukar resmi. Tiap negara memiliki mata uangnya masing-masing. Diantara sekian banyak mata uang di dunia, ternyata terdapat beberapa mata uang unik yang dapat ditemukan. Dalam video terbarunya, Crack An Egg membahas 5 mata uang terunik di dunia.

1. Mata uang dengan pecahan terbesar di dunia

Di Indonesia, pecahan mata uang terbesar yang bisa ditemukan adalah uang kertas pecahan 100.000. Tetapi, ternyata terdapat mata uang resmi senilai 100.000.000.000.000.000.000 yang pernah digunakan di dunia. Uang ini digunakan oleh negara Hungaria dengan mata uang Pengo. Pada tahun 1946, uang senilai seratus juta triliun Pengo ini bernilai hanya setara dengan 20 sen US Dollar. Uang ini menjadi uang dengan pecahan terbesar di dunia yang belum tertandingi hingga saat ini.

2. Uang vertikal

Kebanyakan uang kertas di dunia dicetak secara horizontal atau mendatar. Namun mata uang Franc di negara Swiss memiliki keunikan, yaitu dicetak secara vertikal atau berdiri. Hal ini dilakukan untuk mencegah pemalsuan uang yang banyak terjadi. Selain dicetak secara vertikal, uang ini juga dilengkapi dengan mode pengamanan seperti tanda hologram, warna 3 dimensi, dan juga seri nomor ultra violet.

3. Koin John F Kennedy di Mongolia

Pada tahun 2007, Mongolia mengeluarkan sebuah koin yang cukup unik. Bukannya merilis mata uang dengan wajah pahlawan negaranya, Mongolia merilis sebuah uang koin dengan gambar mantan Presiden Amerika Serikat, John F Kennedy. Koin tersebut juga bisa mengeluarkan suara yang diambil dari potongan pidato John F Kennedy. Hingga saat ini, belum jelas maksud sebenarnya dari dirilisnya koin John F Kennedy oleh pemerintah Mongolia.

4. Mata uang Star Trek

Dari sejarahnya, mata uang dolar Kanada selalu mengalami kesulitan untuk bersaing dengan dolar Amerika. Hal ini menyebabkan dolar Kanada kurang diminati oleh para investor. Menyikapi hal ini, pemerintah Kanada membuat mata uang unik dengan mengangkat tema film populer Star Trek. Pemerintah Kanada merilis sebuah uang emas berbentuk delta, lencana yang digunakan oleh para awak kapal USS Enterprise dari Star Trek. Koin emas ini terbuat dari 99,9% emas murni dan bernilai setara dengan 200 dolar Amerika.

5. Mata uang puzzle

Mata uang yang satu ini bisa disusun dan membentuk gambar seperti puzzle. Seri mata uang koin Pence yang diproduksi oleh Inggris ini dapat disusun dan membentk sebuah gambar. Gabungan dari beberapa macam uang koin ini akan membentuk gambar lambang lencana kerajaan inggris di salah satu sisinya.

Itu dia mata uang unik yang bisa ditemukan di dunia, mana favorit kamu? Tulis di kolom komentar! (nfl)

Baca juga:

3 Tips Ampuh Menghadapi Haters dari Jovi Adhiguna
Tips Jitu Supaya Nggak Gugup Saat Berbicara di Depan Umum
Apa Itu Deja Vu? Dan Kenapa Manusia Bisa Mengalami Hal Tersebut?
Inilah 5 Keluarga Dengan Kehidupan yang Nggak Lazim!
5 Fakta Mengerikan Tentang Pulau Boneka Ini Bikin Merinding!

REAKSI KAMU

EPIC
44
PECAH
16
SO SWEET
10
NICE TRY
16
HIKS
4
`