FAMOUS.ID - Qatar bisa dibilang sebagai negara kecil yang berpenduduk sekitar 2,1 juta orang. Luas negaranya juga nggak seberapa, cuma 11,5 ribu kilometer saja. Tapi, nggak tau kenapa penduduk di negara tetangga Arab Saudi ini begitu makmur luar biasa. Kita bandingkan dengan Indonesia, negara ini luasnya 1,9 juta km serta punya kekayaan yang nggak terbatas, tapi lihat angka kemiskinan serta realita kehidupan masyarakatnya. Nggak hanya itu, kehidupan sosial di sini juga nyaman. Ibarat mutiara di tengah-tengah gurun, bukan karena negara ini dulunya penghasil mutiara, namun lantaran Qatar dipandang sebagai negara paling nyaman di antara yang lain. Berikut 5 fakta unik tentang kehidupan di Qatar!

Dulunya Qatar Negara Miskin

Kurang dari satu abad lalu Qatar hanyalah negara yang miskin, hal ini disebabkan karena sebagian besar wilayah Qatar hanya terdiri dari gurun yang tandus. Selama berabad-abad penduduk Qatar hanya bergantung pada gembala unta dan ternak lain, dan juga mencari ikan dan kerang mutiara di Teluk Persia. Hingga pada tahun 1939, bagai menemukan harta karun, ditemukanlah cadangan minyak yang berlimpah ruah di bawah tanah Qatar sehingga dapat merubah drastis posisinya di kancah internasional. Kandungan gas dan minyak bumi Qatar sangatlah banyak, bahkan termasuk yang terbesar di dunia. Mereka bisa memproduksi 77 juta ton gas alam pertahun dan mengekspornya ke negara-negara lain.

Qatar Negara Terkaya di Dunia

Majalah Forbes menobatkan Qatar sebagai negara terkaya di dunia, dengan PDB (Produk Domestic Bruto) perkapita lebih dari 88.000 dolar AS. Untuk membuat peringkat negara-negara terkaya di dunia, Forbes melihat pada PDB per kapita yang disesuaikan dengan daya beli bagi 182 negara. Qatar nggak memiliki hutang kepada negara lain. Pendapatan Perkapita (GDP) Qatar tertinggi sedunia, mencapai Rp 147 juta per bulan.

Bebas Pajak Penghasilan

Di Indonesia, tiap tahunnya kita dianjurkan untuk membayar pajak penghasilan tahunan. Memang agak gimana gitu ya, pasalnya gajinya tak seberapa kena pajak pula. Sebagai perbandingan kita tengok Qatar. Di sana ternyata nggak ada yang namanya pajak penghasilan. Ya, baik pekerja asli maupun asing seperti TKI kita, mereka takkan dikenakan pajak penghasilan. Jadinya, benar-benar makmur para pekerja di sana. Alasan kenapa Qatar nggak menetapkan sistem pajak mungkin lantaran negara ini sudah berkecupan.

Pemuda Qatar Nggak Sempat Pengangguran

Di Indonesia cari kerja hampir-hampir lebih susah daripada cari jodoh. Sudah lamar ke sana kemari, tapi kerja pun tak kunjung didapatkan. Bahkan ada ungkapan kalau di zaman sekarang, mustahil cari kerja langsung diterima. Kita singkirkan dulu ini dan tengok bagaimana fresh graduated di Qatar. Nggak sempat pengangguran, baru lulus langsung dilamar lebih dari 1 perusahaan. Berbanding terbalik dengan Indonesia, di Qatar, cari kerja sangatlah mudah. Apalagi untuk orang-orang asli sana. Saking mudahnya, seperti kita ambil air dengan gayung di bak mandi penuh air. Begitu ada mahasiswa lulus di sana, maka biasanya bukan mereka yang cari, tapi justru perusahaan yang mendatangi. Bahkan satu tawaran kerja bisa diajukan lebih dari 5 perusahaan sekaligus. Wih, enak ya? Tapi, tunggu dulu, ini mungkin karena oranng sana memiliki kemampuan yang baik.

Beban Kerja Standar, Cutinya Sampai Bosan

Memang, Qatar adalah surga bagi para pekerja. Nggak hanya dilihat dari gaji dan juga bebas pajak tadi, tapi juga bagaimana perusahaan di sana memperlakukan para pekerjanya. Di Qatar, perusahaan tidak menuntut lebih dari apa yang bisa dilakukan pekerjanya. Dalam hal ini bisa beban kerja atau juga tanggung jawab. Makanya, aneh kalau ada pekerja yang nggak betah dengan sistem kerja di sana. Hal yang menggiurkan adalah tentang cuti. Staff biasa, biasanya akan mendapatkan cuti hingga 24 hari. Itu pun belum termasuk libur-libur serta hari besar Idul Fitri dan Idul Adha. Enaknya lagi, kalau pas Ramadhan, para pekerja biasanya hanya akan bekerja setengah hari saja.

Itulah beberapa fakta unik tentang negara Qatar. Membuat kamu tertarik kah untuk tinggal disana? Tapi, meskipun begitu, Qatar nggak selalu enak lho. Salah satunya adalah musim panas di sana yang konon suhunya bisa mencapai 51 derajat celcius. Tapi dengan gaji besar, kita bisa kok pasang AC dimana saja ya. Yuk simak ulasanan tentang keunikan dari negara Qatar divideo yang ada dihalaman ini Famous People! (non)

Video Unik Lainnya:

Unik! Inilah 7 Standar Kecantikan Dari Berbagai Negara di Dunia
Beranggota Hewan Hingga Karakter Anime, Inilah 5 Band Terunik di Dunia!
Inilah 5 Putri Kerjaan Tercantik di Dunia! yang Mana Favorite Kamu?
Canggih! Inilah 5 Robot Hewan Terunik di Dunia
5 Aktor Hollywood Ini Terlihat Jauh Lebih Muda Dari Usia Aslinya!

REAKSI KAMU

EPIC
3
PECAH
0
SO SWEET
7
NICE TRY
1
HIKS
1