FAMOUS.ID - siapa yang nggak tahu nol? Apa kamu tahu sejarah perkembangan angka nol? Faktanya, angka 0 adalah hasil dari perkembangan ilmu matematika yang telah melalui masa berabad-abad lamanya lho. 0 ( Nol ) adalah angka keramat, angka yang menjadi salah satu penemuan terbesar ilmu pengetahuan. Angka 0, ditemukan sekitar abad ke lima. Matematikawan sebelumnya berjuang ektra keras untuk perhitungan sedernana, hari ini angka 0 mewakili konsep tidak adanya kuantitas,mampu menjawab persamaan linear yang rumit dengan cara jauh lebih mudah dan cepat.

Nol diciptakan secara mandiri oleh bangsa Babelonia, Maya dan India (beberapa peneliti meyakini, sistem bilangan India dipengaruhi sistem bilangan Babel). Orang-orang Babel mendapatkan sistem nomer mereka dari Sumeria, orang pertama didunia yang mengembangkan ilmu perhitungan.

India bangsa yang pertama mulai memahami nol baik secara simbol maupun sebagai ide. Brahmagupta, sekitar 650 Masehi, adalah orang pertama yang meresmikan operasi aritmatika menggunakan nol. Dia menggunakan titik bawah angka untuk menunjukkan nol. Titik-titik yang bergantian disebut sebagai ‘sunya’, yang berarti kosong, atau ‘kha’, yang berarti tempat. Brahmagupta menulis aturan standar untuk mencapai nol melalui penambahan dan pengurangan serta pembagian dengan nol. Pada 1600-an, Newton dan Leibniz memecahkan masalah ini secara seksama dan membuka dunia untuk kemungkinan yang luar biasa. Tanpa angka 0, kita mungkin tidak akan memiliki ilmu-ilmu akutansi, fisika, kimia, komputer dan ilmu lain yang spektakuler saat ini.

Masih penasaran tentang sejarah angka 0? Yuk simak ulasan selengkapnya divideo yang ada di halaman ini! (non)

REAKSI KAMU

EPIC
4
PECAH
5
SO SWEET
1
NICE TRY
5
HIKS
0
`