FAMOUS.ID- Papua adalah daerah yang dikenal akan kekayaan budaya hingga flora dan faunanya. Tapi di balik keberagamannya, hewan-hewan asli Papua pun terancam punah. Hal ini diakibatkan karena berkurangnya habitat asli mereka serta perburuan secara liar. Hewan asli Papua apa saja yang terancam kepunahan? Simak ulasan berikut ini!

1. Burung Cendrawasih Merah

Burung Cendrawasih Merah adalah hewan endemik Papua. Burung ini berwarna kuning dan cokelat juga berparuh kuning. Burung jantan dewasa berukuran sekitar 72 centimeter termasuk bulu-bulu hiasan berwarna merah darah dengan bagian ujung berwarna putih pada bagian sisi perutnya. Bulu muka berwarna hijau zamrud dengan di ekornya terdapat dua buah tali yang panjang berbentuk pilin ganda berwarna hitam. Hewan ini hanya dapat ditemukan di hutan hujan dataran rendah Pulau Waigeo dan Batanta di Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat. Hilangnya banyak habitat hutan yang terus berkelanjutan, serta populasi kehidupan burung ini sangat terbatas, Burung Cendrawasih Merah ini beresiko  punah.

2. Hiu Karpet Berbintik

Hiu Karpet Berbintik ini termasuk hewan bertulang belakang. Jenis hiu ini juga termasuk pada jenis Hiu Bambu yang hanya dapat ditemukan di Perairan Kepulauan Raja Ampat. Bentuk Hiu Karpet Berbintik memiliki warna kulit seperti macan tutul. Pola tersebut berbentuk heksagonal berwarna cokelat. Berkurangnya populasi hewan ini akibat habitat asli mereka yaitu berupa terumbu karang banyak yang rusak. Kerusakan terumbu karang ini sebagian besar diakibatkan penangkapan ikan oleh nelayan menggunakan dinamit. Keindahan Hiu Karpet Berbintik ini juga banyak diminati orang untuk dijadikan ikan hias di akuarium.

3. Kanguru Pohon Mantel Emas

Kanguru Pohon Mantel Emas adalah sejenis Kanguru Pohon yang hanya dapat ditemukan di hutan pegunungan Papua. Spesies ini memiliki rambut-rambut halus pendek berwarna cokelat muda. Leher, pipi dan kakinya berwarna kekuningan. Sisi bawah perut berwarna putih pucat dengan dua garis keemasan di punggungnya. Keberadaan Kanguru Pohon Mantel Emas merupakan salah satu jenis kanguru pohon yang paling terancam punah dari habitat asli mereka.

4. Kasuari Gelambir Tunggal

Kasuari Gelambir Tunggal juga dikenal sebagai Kasuari Leher Emas adalah burung yang tidak bisa terbang yang berasal dari Utara Papua. Burung ini biasanya hidup menyendiri dan berpasangan hanya pada musim biak saja. Penangkapan secara liar dan berkurangnya habitat asli mereka mengancam keberadaan spesies ini menuju kepunahan.

5. Nuri Sayap Hitam

Nuri Sayap Hitam adalah sejenis nuri berukuran sedang dengan panjang sekitar 30 sentimeter. Dan hanya dapat ditemukan di hutan-hutan di pesisir Pulau Biak dan pulau-pulau di Teluk Cendrawasih, Papua. Dikarenakan banyak berkurangnya habitat hutan dan penangkapan liar yang terus berlanjut serta populasi mereka yang semakin hari semakin berkurang menjadikan Burung Nuri Sayap Hitam ini terancam dari kepunahan.

Nah, itulah 5 Hewan Asli Papua yang terancam punah kalau kita tidak menjaga, melindungi dan melestarikannya. Nah, buat kamu yang penasaran, bisa simak ulasan selengkapnya di halaman ini, Famous People! (non/vrc)

REAKSI KAMU

EPIC
0
PECAH
0
SO SWEET
1
NICE TRY
1
HIKS
3