FAMOUS.ID - Dalam sejarah dunia ada banyak sekali kota hilang yang disebut memiliki peradaban misterius karena jejak mereka yang lenyap begitu saja. Berbagai kota atau peradaban hilang ini sering dimunculkan dalam berbagai kesempatan ataupun media. Berikut ini adalah 5 peradaban kuno hilang paling terkenal yang pernah diketahui di dunia!

Atlantis

Atlantis, kota hilang paling terkenal di dunia karena peradabannya yang canggih. Awal mula dari jejak Atlantis sendiri muncul dari hasil karya Plato, seorang filsuf Yunani kuno ternama. Plato mengisahkan sebuah peradaban yang berada dalam sebuah pulau tersendiri dengan kota modern dan sangat indah, tidak lain dan tidak bukan adalah Atlantis. Namun dalam kisahnya tersebut, lokasi dari atlantis sendiri nggak begitu. Oleh karena itulah banyak orang mengatakan bahwa Atlantis adalah kota yang memang dari awal tidak peranh ada, sedangkan beberapa lainnya mengatakan bahwa Atlantis adalah salah satu misteri dunia yang hingga sekarang belum terpecahkan. Kebanyakan orang mengenal Atlantis dari kemunculannya yang cukup popular dalam media modern.

Sodom dan Gomora

Kisah Sodom dan Gomora adalah salah satu kisah paling dikenal dunia agama. Dikisahkan Sodom dan Gomora ada adalah sebuah kota penuh dengan orang-orang yang sangat berdosa, oleh karena itu Tuhan kemudian menghukum mereka dengan memunculkan hujan api yang menghilangkan kota ini dari peradaban manusia. Kini nama Sodom dan Gomora dikaitkan dengan beberapa sifat jahat dan dosa di dunia. Walaupun sampai sekarang nggak ada ada bukti nyata atas keberadaan kota hilang ini, sebuah teori mengatakan bahwa pada kenyataannya Sodom dan Gomora adalah kota kuno Kanaan, yang mengalami bencana meteor pada tahun 3123 Sebelum Masehi. Meteor tersebut menyebabkan panas luar biasa yang dapat menyebabkan kayu, kain, rambut, hingga kulit terbakar dan membuat kota itu menjadi sebuah kobaran api raksasa. Mereka yang hidup di zaman itu tentu belum mengenal yang namanya Meteor dan memperkirakan bahwa Tuhan lah yang menghancurkan kota itu sebagai akibat amarahnya.

El Dorado

Dikatakan bahwa El Dorado dipimpin oleh seorang raja yang sangat kuat, memiliki banyak emas dan perhiasan, bahkan kotanya sendiri terbuat dari emas. Karena keberadaannya yang misterius, maka El Dorado juga sering digunakan sebagai metafora untuk sebuah harta tidak ternilai yang mungkin membutuhkan waktu seumur hidup untuk mencarinya. Ia dapat digunakan untuk mewakili cinta sejati, surga, kebahagiaan, atau kesuksesan.

Babilon Kuno

Yang menyebabkan Babilon dikenal dunia dan pantas masuk dalam daftar kota hilang ini adalah 'harta misterius' di dalamnya, yaitu Hanging Gardens (Taman Gantung). Diceritakan pada suatu hari istri dari Raja Nebuchadnezzar II kangen akan pemandangan pegunungan rumahnya. Raja Nebuchadnezzar II kemudian membuat sebuah taman luar biasa indah yang memiliki banyak tingkat dan itu semua dibuat di kedalaman gurun pasir. Walaupun banyak penulis kuno yang mengatakan Taman Gantung itu memang ada, namun bukti nyata yang mengatakan hal tersebut sama sekali tidak dapat ditemukan. Apalagi melihat sekarang yang tersisa dari Babilon hanyalah puing dan reruntuhan peradaban Babilonia.

Mu atau Lemuria

Mu, atau terkadang dikenal juga dengan nama Lemuria, adalah sebuah daratan yang hilang dari muka dunia. Dikisahkan dalam kisah yang serupa dengan Atlantis, Mu adalah sebuah pulau dengan nuansa "Taman Eden" dan merupakan surga tropis yang terletak di Pasifik hingga akhirnya tenggelam dan lenyap dari peradaban manusia. Awal mula keberadaan Mu dapat ditelusuri ke arkeologis Augustus Le Plogeon. Ia mengatakan bahwa orang-orang Mu lah yang sebenarnya menciptakan peradaban dan kota besar seperti Mesir atau Mesoamerica. Tentunya hingga sekarang keberadaan dari kota hilang Mu atau Lemuria ini masih menjadi perdebatan, Jikapun ada, pertanyaan terbesarnya adalah "mana?" Sekarang ini, Mu atau Lemuria dipertimbangkan sebagai fiksi belaka karena tidaklah memungkinkan sebuah daratan atau tepatnya benua dapat tenggelam begitu saja dalamwaktu yang relatif singkat.

Beberapa peradaban kuno tersebut dikabarkan hilang secara misterius dan hingga kini belum ditemukan oleh para peneliti. Mengenai apa yang sebenarnya terjadi kala itu tetaplah menjadi misteri yang belum terungkap hingga sekarang. Penasaran dengan peradaban kuno lainnya yang menghilang secara misterius? Kamu bisa simak ulasannya divideo berikut! (non)

REAKSI KAMU

EPIC
1
PECAH
2
SO SWEET
0
NICE TRY
0
HIKS
0
`