FAMOUS.ID- Nggak banyak yang menyadari kalau sebenarnya air adalah sumber segala kehidupan. Manusia, hewan, bahkan tumbuhan butuh air untuk bertahan hidup. Dalam segala kebutuhan hidup, energi dan teknologi, keberadaan air terbilang sangat penting. Kita nggak bisa menutup mata dengan gejala alam dan indikasi bahwa air berkualitas jumlahnya mulai berkurang. Lalu kira-kira apa yang akan terjadi seandainya sudah tak ada setetespun air di bumi? Berikut ini ada fakta yang mencengangkan tentang apa yang akan terjadi di dunia bila kita kehabisan air!

Bencana besar yang disebabkan oleh kekeringan

Kehabisan air merupakan masalah serius untuk bumi, contohnya saja sebuah tempat di California yang sedang mengalami penurunan volume air tanah menyebabkan longsor sedalam 100 kaki dalam 100 tahun terakhir. Hal tersebut juga dapat membuat lapisan kulit bumi semakin menipis. Fenomena itu juga berdampak pada pergerakan lempeng tektonik dan akhirnya menyebabkan gempa bumi. Penelitian setiap tahunnya juga menunjukkan berkurangnya air tanah lama kelamaan membuat ketinggian pegunungan Sierra Nevada bertambah beberapa milimeter.

Konflik sosial bertambah

Habisnya air di bumi nggak hanya berdampak pada kondisi fisik bumi saja, tetapi juga terhadap situasi sosial penduduk di dalamnya. Pada tahun 1995, wakil ketua bank dunia, Ismail Serageldin, mengatakan bahwa pada abad mendatang hal yang akan memicu perang antar manusia adalah perebutan air. Prediksi tersebut bisa saja terjadi, karena lihat saja saat ini banyak negara berperang akibat politik, agama, bahkan memperbutkan minyak dan gas bumi yang sepertinya nyawa penduduk sudah bukan hal penting lagi. Konflik air saat ini sebenarnya sudah terjadi di Amerika, di mana penduduk beberapa negara bagiannya berkelahi dikarenakan ketersediaan air.

Munculnya teknologi pengolah air dengan harga yang mahal

Ternyata NASA sudah memulai proyek tersebut, mereka menyatakan bahwa kita bisa mendaur ulang air baik yang telah terpakai maupun belum karena hal itulah yang selama ini mereka lakukan pada pesawat luar angkasa. Menurut Charles Wald, seorang pensiunan angkatan udara Amerika, ada saatnya nanti kita menggunakan solusi yang biasa digunakan di luar angkasa untuk mengatasi masalah di bumi. Tapi konsekwensi dari hal ini adalah harga air akan melambung tinggi. Satu tetesnya adalah barang mewah yang mengundang masalah seperti poin sebelumnya.

Import air dari luar angkasa

Ide lain yang ditawarkan NASA adalah dengan menciptakan sistem yang dapat ‘memanen’ air dari permukaan Planet Mars untuk kemudian dibawa kembali menuju bumi. Dua ide tersebut sama-sama mengharuskan kita menyiapkan angkutan ke luar angkasa untuk membawa air yang entah apakah cukup digunakan semua penduduk di bumi.

Itulah beberapa hal yang diperkirakan akan terjadi jika bumi kehabisan air. Sebegitu besar dampak kehabisan air yang bukan hanya berimbas pada planet ini, melainkan situasi masyarakat dunia, sampai dibutuhkannya teknologi-teknologi baru. Yuk simak ulasan selengkapnya tentang hal yang akan terjadi jika bumi kehilangan air divideo yang ada di halaman ini Famous People!(non)

REAKSI KAMU

EPIC
50
PECAH
8
SO SWEET
14
NICE TRY
13
HIKS
35
`