FAMOUS.ID - Beragam suku yang ada dalam sebuah negara menjadi keberagaman yang membuatnya semakin menarik di mata negara lain. Namun, eksistensi suatu suku juga dipengaruhi oleh modernisasi sehingga ada sebagian suku yang mulai terpengaruh oleh zaman dan mengalami pergeseran budaya. Namun salah satu budaya suku yang masih ada sejak zaman dahulu adalah budaya suku kanibal. Suku kanibal merupakan salah satu suku yang paling mengerikan dan bisa dibilang cukup berbahaya karena mereka melakukan praktik kanibalisme. Meskipun jumlahnya udah nggak banyak tapi suku kanibal ini masih ada di beberapa negara. Nah, dimana saja kah suku kanibal tersebut tersebar? Apakah ada di Indonesia? Yuk simak ulasan selengkapnya berikut ini!

1. Suku-suku di Afrika

Afrika memang salah satu benua yang masih cukup banyak mempraktikan kanibalisme. Walaupun jarang terlihat secara langsung praktik mengerikan ini karena hanya ditemukan di daerah pelosok Afrika. Banyak saksi mata yang sering kali melihat organ tubuh manusia bahkan dijual dan berserakan di sebuah hutan atau jalanan pedesaan.

2. Suku Maori

Suku ini adalah salah satu suku pendatang pertama yang mendiami Selandia Baru. Selama zaman peperangan suku ini sudah mempraktikan kanibalisme. Salah satu tragedi cukup mengerikan terjadi pada tahun 1809. Saat itu kapal narapida Eropa diserang oleh prajurit Maori sebagai bentuk balas dendam karena telah berani menganiaya anak dari kepala suku Maori. Tercatat sebanyak 66 orang yang menjadi awak kapal ini menjadi korban kanibalisme.

3. Suku Tolai

Selanjutnya adalah suku kanibal yang berada di kawasan Indonesia. Suku Tolai ini berada di Papua New Guinea. Suku ini pernah membunuh kemudian memakan daging empat orang misionaris di abad 19-an . Kemudian tahun 1978 suku Tolai juga kabarnya telah membunuh tiga orang guru Fiji dan seorang menteri. Daging orang tersebut kemudian dimasak dan disantap bersama kepala suku.

4. Suku Korowai

Suku ini bisa dijumpai di Papua, Indonesia tepatnya tak jauh dari Laut Arafuru. Meskipun dinilai sebagai suku kanibal, para warga di sini memiliki aturan tersendiri untuk memakan daging warganya. Biasanya disebabkan oleh dua hal, yang pertama karena warga suku tersebut melanggar aturan yang berlaku. Lalu yang kedua warga yang menjadi korban kanibalisme adalah mereka yang mengidap penyakit mematikan, agar tidak terlalu lama menahan sakit mereka pun dibunuh dan dijadikan santapan.

5. Suku Wari

Suku Wari ini dikenal karena dua macam ritual kanibal yakni peperangan dan pemakaman. Ritual kanibal untuk acara pemakaman ini juga mempersilakan para warganya untuk memakan daging kerabatnya yang sudah menjadi mayat. Hal ini dilakukan sebagai salah satu cara mereka membantu anggota suku Wari. Hal ini sudah mereka lakukan sebagai bentuk keyakinan.

Itulah 5 suku di belahan dunia yang masih melakukan praktik kanibalisme. Untungnya praktik ini mulai menghilang. Bagaimana menurut kamu praktik ini? Pasti banyak yang setuju untuk nggak dilestarikan karena dinilai tidak manusiawi ya, Famous People! (non)

REAKSI KAMU

EPIC
15
PECAH
0
SO SWEET
2
NICE TRY
3
HIKS
7