FAMOUS.ID - Bagi sebagian para orang tua yang baru saja menjadi seorang ayah dan ibu, tentunya memiliki seorang anak adalah sebuah anugerah terindah yang diberikan di dalam keluarga kecil mereka. Karena dengan hadirnya seorang anak akan memberikan sebuah kehidupan yang baru untuk dijalani.

Merawat dan juga membesarkannya sudah pasti menjadi tanggung jawab dari kedua orang tua. Pastinya akan ada banyak hal baru muncul yang tidak biasanya kamu tangani, namun harus tetap dilakukan. Seperti salah satunya adalah memberi makan sang anak.

Ada sebuah permasalahan yang sering terjadi yakni jika sang anak susah sekali untuk makan. Jika tidak sabar menghadapi hal ini tentunya akan membuat para orang tua jengkel dan akhirnya memarahi sang anak. Padahal ada cara dan juga tips untuk mengatasi permasalahan ini lho!

Berikut adalah beberapa tips ampuh untuk mengatasi anak-anak yang susah sekali untuk makan dari Papih Bond. Yuk simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

1. Tidak memaksa

Jangan sekali-kali untuk memaksakan anak yang tidak sedang ingin makan, untuk tetap makan. Karena pada akhirnya justru anak akan menjadi semakin tidak bernafsu untuk makan. Bersikap tenang dan kemudian lebih baik tanyakan dahulu alasan kenapa ia tidak mau makan? Sehingga orang tua mengerti apa sesungguhnya yang sedang diinginkan oleh sang anak.

2. Atur jam makan

Buat sebuah pola yang nantinya akan mudah diingat oleh anak, yaitu mengatur jam makan sehari-hari. Karena dengan mengatur jam makan dapat memberikan pengetahuan pada sang anak jika ia sedang merasa lapar, maka pada waktu yang sudah diatur oleh orang tuanya ia dapat mencari makanan untuk dimakan saat sedang lapar. Oleh karena itu selalu sediakan makanan di jam-jam yang sudah ditentukan.

3. Buat variasi menu

Ingat, anak-anak itu mudah sekali bosan. Bukan hanya pada makanan saja, pada mainan pun mereka juga akan mudah sekali untuk bosan. Oleh karena itu menyediakan beberapa variasi makanan setiap harinya perlu dilakukan. Hal ini juga berguna untuk mengetahui makanan favorit apa yang nantinya paling akan disukai oleh sang anak.

4. Beri porsi makanan sesuai umurnya

Jangan pernah memberikan porsi yang berlebihan ketika anak masih kecil dan begitu juga sebaliknya. Sesuaikanlah porsi makannya dengan usianya, karena tidak mungkin anak yang masih kecil bisa menghabiskan makanan jika porsinya untuk orang dewasa.

5. Sediakan alat makan khusus

Ini bisa menjadi sebuah senjata untuk memancing anak agar berselera untuk makan, yakni memakai peralatan makan yang khusus. Misalnya menggunakan piring, sendok, dan garpu yang berbentuk superhero kesukaannya ataupun karakter-karakter lucu yang memang sangat disukai oleh sang anak.

Mengatasi anak yang susah makan memang perlu kesabaran yang khusus, jadi sebagai orang tau kamu harus pintar-pintar menyiasatinya agar berhasil mengatasi permasalah yang satu ini. Selamat mencoba ya! (zie)

Video Tips Lainnya:

Menjawab Kegelisahan Anak SMA Setelah Lulus, Kuliah Atau Langsung Kerja?
3 Tips Mudah Memutihkan Gigi Secara Alami
Tips Mengatasi Kesulitan Tidur Ala Si Juki
Intip 5 Tips Jitu Memulai Bisnis Bagi Pemula!
Tips Jitu Menghilangkan 'Mata Panda' Ala Dinda Shafay

REAKSI KAMU

EPIC
0
PECAH
1
SO SWEET
6
NICE TRY
0
HIKS
0