FAMOUS.ID - Kenapa ingin menjadi dokter? Mungkin ini adalah sebuah pertanyaan pertama yang akan keluar untuk orang-orang yang memilih fakultas kedokteran. Sebuah pertanyaan sederhana yang harus dipikirkan jika ingin menjadi dokter bukanlah hanya sekadar gaya-gayaan karena bisa masuk ke fakultas yang bergengsi.

Fakultas kedokteran memang terkenal akan biaya pendidikan yang cukup mahal dibandingkan dengan fakultas lainnya yang ada. Hal ini tentu harus dipertimbangkan baik-baik bagi orang yang akan memilih untuk masuk ke fakultas bergengsi ini. Bahkan tak hanya itu saja, menjadi dokter juga membutuhkan otak yang mumpuni.

Besarnya persaingan masuk fakultas kedokteran juga menjadi salah satu hal yang perlu diperhatikan. Oleh karena itu agar dapat lolos dan berhasil masuk fakultas kedokteran, simak beberapa tips berikut.

1. Cari informasi sebanyak mungkin

Mencari sebanyak mungkin informasi tentang fakultas kedokteran yang akan kamu pilih. Lihat akan ada ujian apa saja yang akan diujikan. Lalu tentang hal-hal yang terkait biaya masuk dan SPP juga perlu kamu tanyakan, karena jika sampai sudah lolos seleksi namun kamu terkejut dengan biaya yang ternyata tidak sesuai dugaan kamu, maka akan menjadi permasalahan nantinya.

2. Belajar yang rajin dan berdoa

Setiap usaha tentu harus diimbangi dengan berdoa, karena kamu akan bersaing dengan banyak pelajar hebat dari seluruh wilayah Indonesia yang juga memilih fakultas kedokteran. Perlu belajar yang rajin dan lebih luar biasa lagi daripada yang biasanya, karena ilmu kedokteran memerlukan otak dan mental yang kuat.

3. Ikut try out

Sering lakukan uji coba atau try out dari beragam universitas. Fungsinya agar mengetahui hasil dari belajar yang sudah dipelajari. Makin banyak ikut try out, maka akan semakin tahu seberapa besar keberhasilan kamu dalam memahami ilmu yang sudah kamu serap ke otak.

 

4. Persiapkan bekal lainnya

Jika memang sudah dapat berhasil lolos ujian, jangan senang terlebih dahulu. Karena masih ada beberapa tes lainnya seperti uji kesehatan, wawancara, dan juga psikotest. Persiapkan bekal lainnya berupa beragam sertifikat keahlian yang kamu punya agar mendapatkan nilai lebih ketika menjalani serangkaian tes lanjutan tersebut.

5. Kuatkan mental

Nah, yang ini benar-benar juga harus dipersiapkan sedini mungkin. Jika tidak lolos ke fakultas kedokteran suatu Universitas Negeri, cari kembali informasi terkait ujian masuk khusus, karena hampir disetiap universitas membuka jalur "khusus" bagi yang tidak lolos SMPTN. Perlu dipersiapkan mental yang kuat agar tidak terlarut dalam kesedihan dan terus mencoba agar cita-cita masuk ke fakultas kedokteran tercapai.

Saat tidak menjadi dokter bukan berarti enggan melanjutkan kuliah. Tetap lanjutkan berbagai usaha dan timbalah ilmu lain untuk menambah wawasan kamu. Jika kamu memang sangat ingin menjadi dokter maka coba lagi ujian di tahun berikutnya. Namun, tentukan juga target bahwa kamu tidak boleh membuang waktu lebih lama hanya karena harus mengejar keinginan menjadi dokter. Dari situ kamu sudah mulai harus memikirkan fakultas lainnya yang juga sesuai dengan keinginan.

Beberapa tips di atas hanyalah sebagian saja cara yang harus kamu persiapkan. Masih ada juga tips-tips penting lainnya dari Clarin Hayes yang juga seorang mahasiswi fakultas kedokteran, untuk kamu yang berminat menjadi dokter. Langsung saja simak videonya yang ada di halaman ini. (zie)

Video Tips Keren Lainnya:

5 Tips Berbicara di Depan Umum Untuk Atasi Demam Panggung
4 Tips Untuk Membuat Kamu Semangat Berangkat ke Tempat Gym
3 Tips Ampuh Menghadapi Haters dari Jovi Adhiguna
Tips Memilih Apartemen Untuk Tempat Tinggal
Tips Liburan Murah ke Jojga Ala Backpacker!

REAKSI KAMU

EPIC
46
PECAH
15
SO SWEET
40
NICE TRY
38
HIKS
14
`