FAMOUS.ID - Ginjal merupakan satu organ penting di dalam tubuh manusia yang berbentuk mirip sebuah kacang. Letak dari ginjal di tubuh manusia berada di belakang perut, tepatnya dibagian kanan dan kiri tulang belakang, juga di bawah hati dan limpa.

Sebagai bagian dari sistem urin, ginjal memiliki fungsi untuk menyaring kotoran dari darah dan membuangnya bersama dengan air dalam bentuk urin, mengatur keseimbangan asam dan basa, mengatur tekanan darah, merangsang sumsum tulang untuk membuat sel darah merah dan membantu mempertahankan kalsium untuk tulang.

Begitu besar dan pentingnya peran dari ginjal untuk tubuh manusia, oleh karena itu harus selalu dijaga kesehatannya. Berikut adalah tips ampuh cara menjaga dan merawat kesehatan ginjal yang harus kamu tahu.

1. Mengatur pola makan
Pilihlah makanan seperti buah-buahan dan sayur-sayuran yang di tanam tanpa menggunakan pupuk kimia (organik). Konsumsi juga ikan atau daging putih tanpa lemak. Kurangi atau jauhi mengkonsumsi makanan olahan dan juga garam berlebih.

2. Aktif bergerak
Beraktivitas fisik seperti sering menggerakan badan, akan membantu kesehatan ginjal. Kamu harus aktif bergerak dan jangan bermalas-malasan.

3. Menjaga berat badan
Memiliki berat badan dan juga lemak yang berlebih apalagi sampai obesitas sangat tidak baik untuk kesehatan, karena organ tubuh akan bekerja lebih keras untuk mengikis tumpukan lemak-lemak tersebut. Termasuk ginjal, kinerjanya lama-kelamaan akan menjadi lemah jika berat badan terus bertambah.

4. Menjauhi minuman beralkohol dan rokok
Jika kamu seorang perokok, waspadalah! Karena tembakau yang dihisap dari rokok sehari-hari dapat merusak paru-paru dan juga ginjal. Selain rokok, minuman beralkohol juga bisa menjadi penyebab utama tubuh manusia terserang berbagai penyakit mengerikan, salah satunya penyakit ginjal.

5. Mengontrol tekanan darah
Selama beberapa tahun terakhir diperoleh data dari IRR (Indonesian Renal Registry) menginformasikan bahwa sebanyak 35 persen penyakit ginjal disebabkan oleh tekanan darah yang tinggi. Oleh karena itu, mengontrol tekanan darah perlu sekali dilakukan secara rutin.

6. Minum air putih
Dengan meminum air putih sebanyak 6 sampai 8 gelas sehari, akan sangat bagus dan juga membantu sekali untuk menjaga serta merawat kesehatan ginjal di dalam tubuh.

7. Hindari stres
Jika tidak ingin terserang penyakit ginjal, maka kamu harus sering menghindari yang namanya stres. Karena stres biasanya akan menimbulkan tekanan darah menjadi naik, jika tekanan darah naik dan menjadi tinggi maka risiko terserang penyakit ginjal pun menjadi lebih besar.

8. Menghindari obat-obatan antibiotic dan juga nyeri
Menghindari beberapa obat-obatan antibiotic dan juga anti nyeri, akan menghindarkan kamu dari penyakit ginjal. Jika memang harus mengkonsumsi obat-obatan tersebut, sebaiknya dikonsultasikan terlebih dahulu kepada dokter agar menjadi lebih aman ketika dikonsumsi.

9. Rajin berolahraga
Sering atau rajin berolahraga menjadi tips yang paling mudah untuk dilakukan dalam menjaga kesehatan ginjal. Dalam hal ini bisa dilakukan olahraga seperti jalan kaki atau berlari setiap pagi. Namun, jika kamu ingin berolahraga di dalam rumah, maka yoga sangat cocok sekali untuk dilakukan. Gerakan yoga yang ditunjukkan oleh Luisa Turnip pada video di atas, berguna menjaga kesehatan, melancarkan sirkulasi darah dan mendetox ginjal dari garam yang berlebihan. Gerakan ini sangat aman untuk dilakukan oleh semua orang, pemula juga dapat mengikutinya.

Itulah beberapa tips untuk menjaga kesehatan ginjal yang bisa kamu lakukan. Ingat, lebih baik mencegah daripada mengobati. Setuju? (zie)

Video Tips Keren Lainnya:

5 Makanan yang Kamu Harus Hindari Kalau Lagi Membentuk Otot Badan
3 Tips Alternatif Menu Diet Berdasarkan Waktu Makan
5 Manfaat Lain yang Bisa Kamu Dapatkan Dari Lari Pagi
4 Cara Untuk Merangsang Kesuburan Wanita Agar Cepat Hamil
5 Tips Makan Makanan Pedas Agar Tetap Aman dan Nikmat

REAKSI KAMU

EPIC
1
PECAH
1
SO SWEET
5
NICE TRY
1
HIKS
2
`