FAMOUS.ID- Siapa yang tahu dengan RA.Kartini, sosok pahlawan wanita Indonesia yang sangat berpengaruh di Indonesia. Sosok wanita yang telah berjuang untuk meningkatkan status sosial sampai seperti ini, bisa menempuh pendidikan yang setinggi-tingginya dan memiliki status sosial. Bertepatan dengan hari Kartini, yuk kita simak fakta-fakta RA.Kartini berikut ini!

Keluarga Kartini

Kartini atau yang biasa dipanggil Ibu Kartini ini lahir pada tanggal 1879 di Jepara, Jawa Tengah. Sosok kartini merupakan seorang perempuan yang lahir dari keluarga bangsawaan. Ayah RA.Kartini bernama Raden Mas Adipati Ario Sosroningrat dan ibu RA.Kartini bernama M.A Ngasirah.Ayah RA.Kartini adalah seorang Bupati Jepara. RA.Kartini hanya menempuh pendidikan sebatas sekolah dasar. Hal ini dikarenakan pada zaman tersebut sesuai budaya Jawa bahwa anak perempuan hanya boleh menempuh pendidikan sebatas sekolah dasar dan setelah itu harus dipingit sampai menikah. RA.Kartini memiliki 10 orang saudara kandung dan saudara tiri. Saudara tiri RA.Kartini berasal dari pernikahan kedua ayahnya.

Pendidikan Kartini

Kartini diperbolehkan bersekolah di ELS (Europese Lagere School). Di sini, Kartini belajar bahasa Belanda. Tetapi setelah usia 12 tahun, ia harus tinggal di rumah karena sudah bisa dipingit. Karena Kartini bisa berbahasa Belanda, maka di rumah ia mulai belajar sendiri dan menulis surat kepada teman-teman korespondensi yang berasal dari Belanda.

Sahabat Pena Kartini

Kartini gemar baca majalah wanita Belanda, De Hollandsche Lelie. Dia juga memuat iklan yang bertuliskan: "Raden Ajeng Kartini, putri Bupati Jepara, umur sekian dan seterusnya, ingin berkenalan dengan seorang 'teman pena wanita' untuk saling surat-menyurat. Orang yang dicari ialah seorang gadis dari Belanda yang umurnya sebaya dengannya dan mempunyai banyak perhatian terhadap zaman modern serta perubahan-perubahan demokrasi yang sedang berkembang di seluruh Eropa.

Sekolah Kartini

Kartini dengan mendirikan Sekolah Wanita di Semarang pada tahun 1912, dan kemudian di Surabaya, Yogyakarta, Malang, Madiun, Cirebon dan daerah lainnya. Nama sekolah tersebut adalah “Sekolah Kartini”.

Surat-surat Kartini

Habis Gelap Terbitlah Terang adalah buku yang dikarang Kartini. Judul aslinya adalah ‘Dari Gelap Menuju Terang’. Surat Kartini yang legendaris dan banyak diterbitkan dalam bentuk buku adalah Habis Gelap Terbitlah Terang (Door Duisternis Tot Licht). Sekalipun banyak kontroversi yang timbul dari penerbitan buku tersebut, namun buah pemikiran Kartini tersebut banyak sekali memberikan kontribusi bagi Bangsa Indonesia.

RA.Kartini wafat pada usia yang masih terbilang sangat muda yaitu usia 25 tahun pada tanggal 17 September 1904, 4 hari setelah melahirkan anak satu-satunya yang diberi nama oleh suami RA.Kartini yaitu Soesalit Djojoadhiningrat. Sejak saat itu setiap tanggal 21 April diperingati sebagai hari Kartini. Anyway, selamat Hari Kartini, Famous People!(non)

REAKSI KAMU

EPIC
1
PECAH
1
SO SWEET
1
NICE TRY
0
HIKS
0