FAMOUS.ID - Setiap harinya, manusia melakukan kegiatan yang beragam, mulai dari makan, bersekolah, bekerja, hingga berolahraga. Kegiatan-kegiatan ini menyebabkan timbulnya bakteri dan kuman yang tidak terlihat pada tubuh kita. Bagian tubuh yang kita pikir tidak terlalu kotor ternyata mengandung banyak sekali bakteri dan kuman. Tanpa disadari, bagian-bagian tubuh berikut ini termasuk dalam bagian tubuh yang paling kotor di tubuh kita.

1. Mulut

Mulut merupakan salah satu bagian tubuh manusia yang dianggap paling kotor. Hal ini disebabkan karena masuknya berbagai macam makanan yang kita konsumsi setiap hari. Hal ini tentu tidak terlihat oleh secara langsung oleh mata. Tetapi, sisa-sisa makanan yang tertinggal dalam mulut dapat memicu pertumbuhan bakteri pada rongga mulut. Oleh karena itu, menggosok gigi setelah makan menjadi hal penting yang perlu dilakukan.

2. Ketiak

Ketiak merupakan bagian tubuh yang paling banyak memproduksi keringat. Hal ini akan memunculkan banyak bakteri pada bagian tubuh yang satu ini. Biasanya keringat akan bereaksi dengan zat kimia lain dalam tubuh yang akan menimbulkan bau tidak sedap.

3. Kepala

Bagian tubuh paling kotor selanjutnya adalah kulit kepala. Bagian tubuh ini setiap harinya harus berhadapan dengan panas, angin, dan hal-hal lain dari lingkungan sekitar. Hal ini menyebabkan banyak sekali bakteri yang tumbuh pada kulit kepala. Bakteri yang berada di akar rambut menyebabkan timbulnya rasa gatal dan ketombe pada rambut. Inilah alasan mengapa kita dianjurkan melakukan keramas setiap 2 hari sekali.

4. Telinga

Bagian telinga pada manusia memiliki fungsi yang sangat penting bagi tubuh. Sistem yang ada pada telinga membuat organ ini memproduksi zat semacam minyak yang berfungsi untuk pelumas dalam sistem kerja telinga. Dalam waktu yang lama, minyak ini juga dapat menggumpal menjadi benda padat. Hal inilah yang biasa kita sebut sebagai kotoran kuping. Telinga pun harus sering dibersihkan, karena apabila dibiarkan begitu saja terlalu lama, kotoran kuping akan mengendap dan menyumbat pendengaran.

5. Hidung

Hidung juga termasuk dalam bagian tubuh paling kotor pada manusia. Setiap harinya, hidung akan menghirup berbagai jenis udara, mulai dari yang bersih hingga yang kotor. Dari udara yang kita hirup, kita juga menghirup berbagai macam jenis debu yang membuat hidung kita kotor.

6. Bagian bawah kuku

Bagian bawah kuku ini salah satu bagian kotor pada tubuh yang bisa kita lihat. Apabila kuku pada manusia sudah mulai memanjang, biasanya akan terdapat kotoran-kotoran yang tertinggal di bagian bawah kuku. Hal tersebut biasanya akan terlihat menjadi kotoran berwarna hitam pada kuku kita. Ketika mencuci tangan, kotoran-kotoran ini tidak akan bisa hilang begitu saja. Inilah alasan mengapa kita harus rutin menggunting kuku ketika sudah terasa terlalu panjang.

7. Pusar

Pusar merupakan tempat bakteri dan kuman banyak bersarang dalam tubuh. Bagian pusar ini merupakan bagian yang selalu tertutup. Hal ini menyebabkan area pusar terasa lembab. Ditambah dengan keringat yang keluar dari tubuh kita, pusar akan semakin lembab dan menjadi tempat yang berpotensi untuk tumbuhnya bakteri dan kuman.

Itulah 7 bagian tubuh yang paling kotor pada manusia. Biarpun tidak terlihat, sebenarnya bakteri dan kuman banyak bersaran dalam tubuh kamu. Agar tidak tertular penyakit, selalu jaga kebersihan tubuh kamu ya Famous People! (nfl)

Video Discover Keren Lainnya:

Ini Dia Penjelasan Ilmiah Tentang Cinta Pada Pandangan Pertama
5 Manfaat Pisang Bagi Kesehatan Tubuh
5 Manfaat Lain yang Bisa Didapat Dari Mendengarkan Musik
10 Tanda Ketika Seseorang Sedang Berbohong
5 Benda Sehari-Hari yang Mulai Terlupakan dan Punah

REAKSI KAMU

EPIC
7
PECAH
3
SO SWEET
0
NICE TRY
2
HIKS
1