FAMOUS.ID - E-Commerce atau perdagangan elektronik merupakan penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau www, televisi ataupun jaringan komputer lainnya.

Banyak sudah e-commerce yang muncul di Indonesia maupun di luar negeri. Contohnya seperti Tokopedia, Blibli.com, Lazada, Bukalapak, JD.ID, AliExpress, Banggood dan masih banyak lagi yang lainnya. Berbagai jenis macam barangpun di perjual belikan.

Namun, muncul sebuah pertanyaan yang banyak sekali dipertanyakan oleh orang-orang, amankah jika berbelanja secara online melalui e-commerce tersebut? Apa lagi jika membeli barang atau gadget elektronik seperti laptop dan handphone.

Nah, ternyata ada tips dan trik agar berbelanja gadget online di e-commerce menjadi aman dan nyaman nih. Lewat videonya yang satu ini, channel Bestindotech akan kasih tahu bagaimana tipsnya.

1. Promo

Jadi kamu bisa pantengin website maupun aplikasinya atau jika tidak ingin repot bisa subscribe ke email mereka. Jadi ketika ada promosi yang dikeluarkan, kamu akan mendapatkan notifikasi melalui email. Promo ini bisa berupa cicilan bayaran dengan bunga 0 persen, promo diskon, free ongkos kirim dan juga promo-promo lainnya. Dengan adanya promo, kamu jadi bisa tahu dan membandingkan harga yang dijual oleh e-commerce dengan harga di pasaran. Bahkan bila sedang ada harga diskon, tentunya akan sangat menguntungkan sekali untuk mengurangi budget pengeluaran.

2. Filter

Filter di e-commerce berfungsi untuk mengurutkan barang sesuai dengan kebutuhan yang kamu cari. Misalkan filter dengan harga tertinggi, harga terendah, pembelian terbanyak, dilihat terbanyak, produk terbaru, lokasi dan juga lainnya. Jadi dengan adanya filter, akan mempermudah dalam pencarian barang. Bahkan dengan filter, bisa menyesuaikan barang dengan budget yang kamu miliki.

3. Ongkos kirim

E-commerce bekerja sama dengan beberapa layanan jasa kirim, seperti salah satu contohnya JNE. Dengan adanya jasa tersebut, kamu tidak perlu khawatir jika barang yang dibeli tidak akan sampai ke tanganmu. Karena setiap pembelian barang, akan dikenakan biaya untuk ongkos kirim. Jadi tak perlu repot-repot untuk mengambil barangnya, kamu cukup menunggu saja barang tersebut sampai di alamat yang kamu pilih.

4. Pembayaran

Banyak sekali pilihan pembayaran yang disediakan oleh e-commerce mulai dari kartu kredit, debit, cicilan dan online banking. Tinggal kamu sesuaikan dengan keinginan dan juga keamanan yang menurut kamu paling aman, karena setiap metode transaksi pembayaran yang dipilih memiliki kelebihan masing-masing.

5. Tracking

Setelah melakukan pembayaran, dengan fugsi tracking kamu akan dapat mengetahui kondisi barang yang kamu beli. Apakah barang sudah dikirim, kondisi pengirimannya sudah di mana dan status pemesanannya. Cukup masukkan nomor resi yang diberikan, lalu track statusnya. Dengan mudahnya untuk mengontrol status pemesanan barang, tentu mempermudah kamu untuk mengetahui kondisi barangmu.

Itulah 5 tips dan trik jika kamu ingin memilih belanja gadget secara online melalui e-commerce. Tak hanya mudah, beberapa fasilitas kelebihan pun juga diberikan oleh e-commerce untuk melayani para pembelinya. (zie)

Video Tips Keren Lainnya:

5 Tips Ini Akan Membantu Persiapan Rencana Traveling Kamu
5 Manfaat Lain yang Bisa Kamu Dapatkan Dari Lari Pagi
Tidak Gampang! Seperti Ini Proses Pembuatan Sebuah Video YouTube
6 Tips Ini Akan Jadi Bekal Kamu Sebelum Memulai Bisnis
6 Tips Membuat Foto 'Flatlays' ala Melody Amadea

REAKSI KAMU

EPIC
0
PECAH
0
SO SWEET
4
NICE TRY
0
HIKS
1
`