FAMOUS.ID - Penyakit jantung merupakan penyakit yang disebut sebagai penyakit pembunuh nomor satu di dunia. Bahkan, penyakit ini dapat menyerang tiba-tiba pada orang-orang yang sedang menjalani aktivitas normal sehari-harinya. Kali ini, kreator yang bekerja sebagai dokter, dr.Emasuperr membahas mengenai 5 gejala awal sakit jantung yang harus diwaspadai. Berikut ini daftarnya!

1. Sakit atau Nyeri di Dada

Sakit atau nyeri di dada menjadi ciri-ciri sakit jantung yang paling umum, namun ciri ini jarang dialami oleh wanita. Nyeri ini bisa datang dengan tiba-tiba, entah itu ketika sedang beristirahat atau sedang beraktivitas. Berbeda dengan nyeri pada umumnya, sensasi nyeri disini terasa berat sekali seakan-akan dada kita ditusuk-tusuk atau ditekan sangat kuat dan biasanya berlangsung kurang dari 20 menit. Kondisi ini merupakan akibat dari arteri yang tersumbat sehingga sirkulasi darah ke otot jantung menjadi tidak memadai. Jika mengalami hal ini, segera pergi ke IGD rumah sakit untuk menerima pertolongan pertama.

2. Pusing dan Sesak Napas

Kondisi ini menandakan tekanan darah yang menurun akibat jantung yang tidak dapat memompa darah ke seluruh tubuh seperti seharusnya. Bila gejala sakit jantung ini disepelekan atau tidak segera ditangani, maka fungsi jantung pun akan semakin menurun. Jadi, ketika kamu mengalami pusing dan sesak nafas, jangan dianggap remeh dan segera pergi ke IGD untuk diperiksakan.

3. Mudah Lelah

Mudah lelah juga tidak boleh dianggap remeh, bisa jadi hal tersebut merupakan ciri dari penyakit jantung. Apabila sebelumnya kamu tidak pernah merasa lelah atau tertatih-tatih ketika melakukan aktivitas ringan seperti mencuci pakaian, menaiki tangga atau mengangkat barang-barang yang tidak terlalu berat. Namun perlahan merasa terbebani dan kelelahan melakukan itu semua, ada baiknya untuk segera melakukan pengecekan kesehatan jantung Anda. Kelelahan yang sangat dan sulit dijelaskan, apalagi jika berlangsung berhari-hari. Kondisi ini pun bukan hanya menunjukkan gejala sakit jantung saja, namun bisa menjadi gejala penyakit ganas lainnya seperti kanker.

4. Pembengkakan di Kaki

Gejala sakit jantung ternyata ditandai juga dengan pembengkakan pada pergelangan dan telapak kaki. Pembengkakan kaki atau dalam bahasa medis disebut dengan edema tungkai ini tentu saja akibat dari menurunnya fungsi jantung yang tidak dapat memompa darah seperti seharusnya. Ketika jantung tidak dapat memompa darah dengan cukup cepat, maka darah akan menumpuk di pembuluh darah dan menyebabkan pembengkakan. Waspadai jika mengalami pembengkakan di kaki yang dibarengi dengan beberapa gejala sakit jantung seperti diatas.

5. Detak Jantung Tak Beraturan

Ketika seseorang sedang gugup atau sedang amat sangat bersemangat, wajar rasanya bila tiba-tiba detak jantungnya berdegup lebih cepat. Kadangkala juga kondisi ini menjadi pertanda tubuh, apabila seseorang terlalu banyak mengonsumsi kafein atau kurang tidur. Namun yang ditakutkan, jika detak jantung tak beraturan ini menandakan suatu kondisi yang disebut dengan fibriliasi atrium (AF) yang dapat meningkatkan risiko terjadinya penggumpalan darah, gagal jantung dan stroke.

Tonton langsung penjelasan lengkap dari dr.Emasuperr di halaman ini Famous People! (nfl)

Baca juga:

VIDEO: Kesalahan-Kesalahan Saat Mengobati Jerawat di Muka
Jangan Anggap Enteng! Inilah 3 Gejala Awal Penyakit Stroke
Nggak Hanya Manusia, 5 Hewan Ini Juga Kuat Berpuasa Lho!
Manusia Setengah Abadi, 3 Orang Dengan Usia Paling Tua di Bumi
Selain Indonesia, Inilah 4 Negara Dengan Durasi Puasa Tersingkat

REAKSI KAMU

EPIC
1
PECAH
0
SO SWEET
0
NICE TRY
0
HIKS
3