FAMOUS.ID - Banyak sekali nama chef atau juru masak yang populer dan dikenal oleh masyarakat. Profesi chef merupakan salah satu profesi yang cukup banyak ditekuni oleh banyak orang. Tidak seperti kelihatannya, bekerja di dunia kuliner dan dapur sebagai meja kerjanya ternyata memiliki tantangan tersendiri. Selain harus menguasai kemampuan dan pengetahuan memasak, menjadi seorang chef juga harus memiliki sifat dan kemampuan tertentu. Berikut 5 sifat yang perlu dimiliki oleh seorang chef.

1. Passion dalam memasak

Kemampuan memasak tentu harus dibarengi dengan passion atau kecintaan seorang chef terhadap dunia memasak. Ketika memasak sudah menjadi passion, tentu seorang chef akan melakukan tugasnya dengan sepenuh hati dan akan tercipta makanan yang sempurna. Dengan passion juga seorang chef akan terus menggali ilmu dan kreativitasnya dalam bidang kuliner. Banyak sekali unsur yang bisa dieksplor dalam dunia memasak, seperti jenis masakan, teknik memasak, hingga teknik plating saat penyajian.

2. Stamina tinggi

Bekerja di dapur memiliki tantangannya tersendiri. Udara dapur yang cukup panas, alat-alat masak yang berat, dan tekanan memasak dalam waktu singkat menjadi beberapa hal yang menjadi masalah yang perlu dihadapi oleh seorang chef. Oleh karena itu, seorang chef harus memiliki stamina yang tinggi untuk menghadapi banyak permasalahan di dapur.

3. Rapi dan disiplin

Seorang chef juga harus menjadi orang yang rapi dan disiplin. Ketika bekerja, seorang chef akan menggunakan banyak bahan dan banyak alat memasak. Agar tetap nyaman dan terlihat profesional, seorang chef harus bisa mengorganisir dapur dengan rapi, seperti meletakkan bahan dan peralatan pada tempatnya. Dengan ini alur kerja seorang chef di dapur akan lebih terjaga dan teratur.

4. Cepat mengambil keputusan

Seorang chef harus memiliki kemampuan untuk mengambil keputusan dengan cepat. Hal ini dapat berguna dalam berbagai kegiatan yang dilakukan dalam profesi ini. Seorang chef tentu harus mengetahui apa yang harus dilakukan ketika makanan yang dimasak ternyata terlalu asin atau terlalu manis, lalu seorang chef juga perlu mengatur strategi dalam menyajikan makanan kepada tamu dalam jumlah besar. Selain itu kemampuan ini juga akan berguna ketika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan di dapur seperti terjadi kebakaran atau hal lainnya.

5. Multitasker

Hal penting yang harus dimiliki oleh seorang chef adalah kemampuan multitasking atau dapat melakukan berbagai hal dalam satu waktu. Pada praktiknya, seorang chef akan memegang banyak pekerjaan dalam satu waktu. Seorang chef harus bisa bertanggungjawab dalam sebuah tugas dan tetap memperhatikan tugas lain yang diberikan kepadanya.

Nah itulah 5 sifat yang perlu dimiliki oleh seorang chef. Apa kamu tertarik untuk menjadi sebagai seorang chef? (nfl)

Video Keren Lainnya:

5 Manfaat Lain yang Bisa Didapat Dari Mendengarkan Musik
10 Tanda Ketika Seseorang Sedang Berbohong
5 Benda Sehari-Hari yang Mulai Terlupakan dan Punah
10 Penemuan Teraneh di Dunia
5 Mitos Populer Untuk Menentukan Jenis Kelamin Bayi Dalam Kandungan

REAKSI KAMU

EPIC
0
PECAH
0
SO SWEET
5
NICE TRY
0
HIKS
0