FAMOUS.ID - Buat kamu yang hobi menghabiskan waktu lewat internet, pasti nggak asing lagi dengan situs Youtube. Sebuah web yang berisi miliaran video, mulai dari video yang serius, kocak, unik sampai yang aneh-aneh. Orang-orang yang rutin mengunggah video di akun youtubenya dan memiliki subscribers yang banyak, biasanya disebut Youtuber. Berikut 5 youtuber terkenal dunia yang paling kontroversial. Yuk disimak!

1. Logan Paul

Logan menuai kecaman dari berbagai pihak usai mengunggah video vlog dari kunjungnnya ke Jepang. Dalam video yang diunggah pada 31 Desember 2017 itu, Logan menunjukkan mayat yang diduga korban bunuh diri di hutan Aokigahara. Dia juga bercanda usai menemukan mayat sehingga dinilai tidak menghormati korban bunuh diri di Aokigahara yang dikenal sebagai “hutan bunuh diri” tersebut. Setelah menimbulkan reaksi negatif, video yang bersangkutan kemudian kemudian dihapus sendiri oleh Paul hanya sehari setelah diunggah. Namun video sudah kadung mengumpulkan lebih dari 1 juta view. Logan lalu membuat video berisi permintaan maaf dan menyatakan akan berhenti membuat vlog untuk sementara namun itu nggak mengurangi kekecewaan para netizen.

2. Sam Pepper

Sam Pepper adalah satu di antara banyak prankster yang mengisi YouTube dengan konten palsu yang coba dibuat sebagai hal nyata. Satu di antara video leluconnya, yang dia klaim itu nyata, melibatkan Sam Pepper yang berjalan dan mencubit bokong wanita saat netizen mengecam, Sam mengelak dan mengatakan itu hanya settingan. Enam wanita berbeda datang ke media yang mengklaim bahwa Sam Pepper telah melakukan pelecehan seksual atau menyerang mereka. Seorang wanita mengatakn, Pepper berulang kali mencoba melecehkan dengan meraba dan dia coba hentikan berulang-ulang. Wanita lain mengklaim bahwa mereka telah diraba-raba atau diserang oleh Pepper di sebuah pertemuan YouTube di London.

3. Zoe dan Alfie

Akhir Desember 2014 lalu, penulis 'Girl Online' karya Zoe Sugg atau Zoella, 24 tahun mengegerkan industri penerbitan Inggris dan internasional. Ia dikabarkan menggunakan jasa ghostwriters dalam penulisannya. Bukunya pun menjadi kontroversi karena terjual lebih dari 78 ribu eksemplar di minggu pertama dan mampu mengalahkan JK Rowling serta Dan Brown. Lain halnya dengan sang kekasih Alife yang juga dikenal sebagai Youtubers membuat sebuah merchandise dengan menggunakan karya dari penggemarnya tanpa menyantumkan credit atau beberbagi hasil. Hal itu memunculkan kekecewaan para penggemarnya.

4. PewDiePie

YouTuber kondang, Felix Kjellberg alias PewDiePie, harus menanggung akibat dari sembilan video kontroversial yang ia unggah. PewDiePie dianggap melakukan propaganda anti-Yahudi dan pro gerakan ekstrimis Nazi. Hal ini dikhawatirkan akan berdampak buruk bagi masyarakat, khususnya para penonton setia channel PewDiePie yang berjumlah 53 juta orang. Video kontroversial terakhir yang diunggah PewDiePie tertanggal 11 Januari 2017. Pada video berdurasi 4 menit tersebut, PewDiePie mengomentari video yang menunjukkan dua lelaki tanpa busana memegang lembaran bertuliskan "Matilah semua kaum Yahudi".

5. Jake Paul

YouTuber yang juga merupakan adik dari Logan Paul ini nggak kalah kontroversial dari sang kakak. Dua di antaranya adalah kasus rasisme dan bullying. Pada Agustus lalu dalam unggahan vlog pribadinya, Jake kedapatan mengeluarkan komentar rasis soal terorisme pada seorang fans yang berasal dari Kazakhstan.

Itulah beberapa skandal Youtuber yang sempat membuat heboh netizen dunia. Kasus yang dialami YouTuber ini seharusnya membuat kita belajar untuk berpikir panjang sebelum membuat dan posting sesuatu. Kalian harus pastikan apakah konten tersebut tidak menyakiti orang lain, tidak merusak lingkungan, dan tentunya, tidak menggiring orang lain untuk melakukan hal yang merugikan tersebut, Famous People! (non)

REAKSI KAMU

EPIC
2
PECAH
0
SO SWEET
0
NICE TRY
1
HIKS
1