FAMOUS.ID - Stres adalah suatu kondisi yang melibatkan beban pikiran seseorang ketika berhadapan dengan berbagai persoalan hidup. Dengan datangnya stress ini, orang tersebut harus bertindak, menyesuaikan, serta mengontrol segala sesuatunya agar seimbang. Karena stres termasuk reaksi yang normal akibat adanya tekanan hidup, maka setiap orang pasti akan mengalaminya. berikut ini ada 5 cara mengatasi stress menurut kedokteran, jamin ampuh deh!

1. Meditasi

Melakukan meditasi merupakan hal yang dapat mengatasi stres karena dapat membersihkan pikiran hingga mampu membuat seseorang untuk berkonsentrasi. Hal ini bisa terjadi karena meditasi mampu mampu membuat pernapasan lebih teratur, detak jantung dan tekanan darah menjadi normal, hingga mampu menurunkan kadar hormon stres yang sebelumnya dipompa oleh kelenjar adrenalin. Bahkan, melakukan meditasi ampuh untuk membantu proses penyembuhan ketika sedang mengalami sakit.

2. Mendengarkan musik

Penelitian pada tahun 2008 yang dilakukan University of Maryland School of Medicine mengungkapkan bahwa mendengarkan musik favorit selama 30 menit mampu melepaskan zat endorphin untuk mengurangi stres dan menghilangkan rasa sakit. Hal ini juga semakin baik sebab tubuh menjadi selaras dengan suara musik yang didengarkan. Akibatnya, relaksasi menjadi meningkat, otot-otot nggak tegang, detak jantung melambat, dan energipun meningkatkan sesuai dengan irama.

3. Massage / Pijat

Pemijatan sangat dianjurkan dilakukan untuk relaksasi dan menormalkan tekanan darah. Karena dengan pemijatan, kualitas tidur seseorang akan lebih baik sehingga stres yang dirasakan semakin berkurang. Manfaat pemijatan ini telah banyak diteliti oleh para ahli. Menurut beberapa penelitian, pemijatan dapat mengusir stres karena terjadi perubahan biokimia tubuh setelah mendapat sentuhan tangan. Bahkan, penelitian menemukan bahwa hormon stres bisa berkurang hingga 53% setelah dibuktikan dengan studi terhadap 500 pria, wanita dan anak-anak yang menderita stres.

4. Aroma terapi Lavender

Aroma memiliki efek yang sangat mempengaruhi emosi manusia sebab indra penciuman merupakan indra yang berhubungan dengan sistem limbik sebagai pusat kendali emosional dalam otak manusia. Oleh karena itu, aromaterapi Lavender bisa menjadi salah satu terapi yang dapat merangsang emosi manusia.

5. Olahraga

Olahraga ternyata mampu meredakan emosi negatif seperti stres pada diri seseorang. Hal ini dapat terjadi karena olahraga mampu melepaskan hormon serotonin yang bisa membuat seseorang merasa senang. Bahkan, Mental Health Foundation yang merupaka organisasi kesehatan non-profit di Inggris sudah membuktikan bahwa olahraga sangat baik untuk mengobati depresi.

itulah beberapa tips ampuh untuk mengatasi stress menurut kedokteran. Kalau saat ini kamu sedang strees, mending lakukan hal diatas, dari pada melakukan hal negatif yang bisa merusak tubuh kamu. Tapi yang terpenting adalah selalu berfikir positif ya! Nah, kamu juga bisa simak tips selengkapnya untuk mengatasi stress dari si cantik Clarin Hayes divideo yang ada di halaman ini Famous People! (non)

REAKSI KAMU

EPIC
0
PECAH
1
SO SWEET
2
NICE TRY
3
HIKS
1