FAMOUS.ID - Belakangan ini, aplikasi dating atau pencari pasangan sedang menjadi hal yang populer di kalangan para remaja. Dengan menggunakan aplikasi dating, penggunanya dapat berkenalan dengan orang asing yang juga menggunakan aplikasi yang sama. Meskipun memiliki banyak manfaat tersendiri, aplikasi dating seperti ini juga dapat mendatangkan dampak negatif pada para penggunanya. Nanda dan Risang dari KasuRusaK membahas hal ini dalam video terbarunya.

1. Cenderung menutup diri

Menurut Nanda dan Risang, para pengguna aplikasi dating memiliki kecenderungan untuk menutup dirinya. Hal ini disebabkan karena melalui aplikasi seperti ini, seseorang akan merasa seperti memiliki dunia sendiri yang hanya dapat dimengerti olehnya. Ketika hal tersebut terjadi, seseorang akan cenderung lebih fokus terhadap dunianya di aplikasi dating dibanding komunikasi dengan orang di sekitarnya.

2. Fatamorgana

Aplikasi dating didesain dengan menampilkan foto dan deskripsi pada masing-masing profil seseorang. Hal ini dapat memberikan dampak negatif bagi penggunanya. Ketika menggunakan aplikasi tersebut, pengguna akan melihat seseorang hanya dari penampilannya di foto. Apabila foto tersebut menarik maka seseorang akan tertarik pada profil orang tersebut. Tanpa disadari penampilan dalam foto dan dunia nyata tentu tidak akan sesuai seratus persen, bahkan bisa jadi jenis kelamin orang di foto dan di dunia nyata ternyata berbeda.

3. Kurang percaya diri

Para pengguna aplikasi dating juga dapat menimbulkan rasa kurang percaya diri dalam pribadinya. Berkomunikasi secara digital memang menjadi hal yang sangat praktis untuk dilakukan saat ini. Akan tetapi ketika seseorang terlalu nyaman berkomunikasi secara digital, kemampuan komunikasi dan sosial dari seseorang akan menurun dan kehilangan percaya diri ketika berinteraksi di dunia nyata.

4. Pelarian

Dari penggunaannya, aplikasi dating seringkali digunakan sebagai sebuah pelarian. Ketika seseorang sedang merasa bosan terhadap aktivitas hidupnya, mereka lebih memilih untuk menggunakan aplikasi dating dan mencari kenalan baru melalui platform tersebut. Hal ini mungkin bisa dilihat sebagai manfaat dari aplikasi tersebut bila digunakan dengan benar. Saat ini banyak kasus seseorang yang sudah memiliki pasangan menggunakan aplikasi dating sebagai pelarian dari pasagannya dan diam-diam mendekati orang lain tanpa diketahui pasangannya.

5. Berpotensi mendapatkan kenalan yang salah

Aplikasi dating bisa dibilang merupakan sebuah media sosial baru yang sedang populer. Melalui aplikasi ini, seseorang dapat menemukan teman ataupun pasangan yang berpotensi menjadi jodoh di masa depan. Tetapi seperti kebanyakan hal di internet, seseorang dapat bertemu dengan seseorang yang salah melalui aplikasi dating. Karena seseorang hanya melihat sebatas lewat foto dan deskripsi dari halaman profilnya, banyak kasus yang terjadi akibat hal ini. Para penggunanya seringkali tertipu bahkan mengalami kasus kriminal karena menggunakan aplikasi dating.

Nah itulah 5 dampak negatif dari aplikasi dating menurut Nanda dan Risang dari KasuRusaK. Bagaimana pendapat kamu tentang aplikasi dating? Tulis di kolom komentar ya! (nfl)

Video KasuRusaK Lainnya:

Ngeri! Ini Reaksi KasurusaK Nonton Video Beauty Vlogger Psycho
Tipe-Tipe Orang Saat Interview Kerja, Apa Kamu Juga Begini?
Prank Call Gebetan, Kreator Ini Ngaku Masuk Rumah Sakit
Hati-Hati di Internet, Bikin Kreator KasuRusak Jadi Kuliah Lagi
Dua Kreator Ini Adu Crossbar Challenge Dengan Cara Yang Nggak Biasa

REAKSI KAMU

EPIC
0
PECAH
0
SO SWEET
0
NICE TRY
1
HIKS
2
`