FAMOUS.ID - Pergi traveling ke tempat yang cukup jauh membutuhkan beberapa persiapan yang matang. Hal-hal teknis seperti budget perjalanan, penginapan, tiket transportasi menjadi beberapa hal yang perlu dipersiapkan dari jauh hari. Terlebih lagi ketika bepergian ke luar negeri, terdapat beberapa hal ekstra yang harus dipersiapkan sebelum mengunjungi negara lain. Inilah beberapa hal yang harus dipersiapkan sebelum pergi ke luar negeri.

1. Dokumen

Sebelum merencanakan perjalanan ke luar negeri, hal yang pertama harus dipersiapkan adalah dokumen-dokumen penting yang dibutuhkan. Tentu saja paspor menjadi benda utama yang perlu dipersiapkan. Untuk menghindari masalah, sebaiknya urus segera paspor kamu apabila sudah mendekati tanggal habis masa berlaku. Selain itu, dokumen visa juga menjadi hal yang perlu diperhatikan. Untuk keamanan, calon pengunjung sebuah negara harus mengurus dokumen visa sebagai akses masuk ke negara tertentu.

2. Vaksinisasi

Masalah kesehatan menjadi hal penting yang perlu diperhatikan. Perbedaan iklim dan suhu dari berbagai negara menyebabkan kemunculan virus dan bakteri yang menular. Hal ini dapat berpengaruh pada kesehatan kita karena tidak terbiasa terhadap bakteri yang ada di negara lain. Untuk mengantisipasi hal ini, lakukanlah vaksin agar tubuh dapat siap ketika menerima perbedaan iklim dan suhu yang ada di negara tujuan.

3. Bawa obat-obatan pribadi

Selama perjalanan, kesehatan menjadi hal utama yang perlu diperhatikan. Tentunya kita tidak mau mengalami sakit ketika sedang berlibur di luar negeri. Apabila kamu memiliki penyakit pribadi seperti asma atau maag, ada baiknya kamu membawa obat-obatan yang biasa kamu diminum ketika merasa sakit. Belajar dari Keluarga Gen Halilintar, beberapa anak mengalami demam karena tertular saat berada di luar negeri. Untuk mengantisipasi hal ini, siapkan juga obat-obatan umum seperti obat sakit kepala, obat diare, penurun demam, dan vitamin C untuk mengantisipasi bila tertular penyakit di perjalanan.

4. Persiapkan akomodasi

Agar tidak repot ketika sampai di negara tujuan, ada baiknya kita memesan tempat tinggal sementara kita terlebih dahulu. Kamu bisa memesan penginapan atau kamar melalui website atau jasa tour yang kamu ikuti. Dengan ini kita akan merasa aman dan mengetahui tujuan pertama ketika sampai di tempat tujuan.

5. Pelajari budaya setempat

Tiap negara memiliki latar belakang budaya yang berbeda-beda. Untuk menghormati hal ini, kita harus terlebih dahulu mencari banyak informasi tentang budaya yang ada pada negara tujuan. Dengan melakukan hal ini, kita dapat mengetahui apa yang boleh dan tidak boleh dilakuka ketika tiba di tempat tujuan nantinya. Jangan sampai kamu dianggap aneh dan tidak sopan oleh penduduk setempat hanya karena kamu tidak mencari tahu terlebih dahulu!

6. Pelajari bahasanya

Perbedaan bahasa antar negara menjadi salah satu hambatan dalam berkomunikasi dengan penduduk lokal. Seringkali kita menjadi sulit untuk menanyakan arah ataupun menanyakan harga untuk barang yang ingin kita beli. Ada baiknya bila kita mempelajari bahasa yang banyak digunakan di negara tujuan sebelum berangkat. Dengan hal ini, kita dapat berkomunikasi dengan lancar tanpa khawatir akan mendapatkan tipuan dari penduduk setempat. Teknologi yang kini sudah canggih dapat kamu gunakan, misalnya dengan aplikasi kamus di smartphone ataupun aplikasi terjemahan berbagai bahasa.

Itu dia 6 hal yang perlu dipersiapkan sebelum bepergian ke luar negeri. Memang cukup merepotkan, tetapi lebih baik kita antisipasi terlebih dahulu dibanding mengalami kebingungan saat tiba di negara tujuan kan Famous People? (nfl)

 

REAKSI KAMU

EPIC
1
PECAH
2
SO SWEET
4
NICE TRY
5
HIKS
1
`