FAMOUS.ID - Bagi para pengguna instagram, konsep foto flatlays tentu sudah tidak asing lagi. Foto flatlays merupakan sebuah konsep foto yang terdiri dari benda-benda yang ditata dengan sedemikian rupa sehingga menjadi sebuah hasil foto barang yang menarik dan terkesan kekinian.

Hasil foto flatlays ini biasanya digunakan untuk foto barang-barang atau produk seperti fashion, make up, ataupun gadget. Dalam video terbarunya, Melody Amadea akan membagi tips dan trik untuk membuat foto flatlays yang bagus hanya dengan memakai smartphone saja. Simak beberapa tipsnya di bawah ini!

1. Cari tempat dengan pencahayaan yang bagus

Dalam membuat sebuah foto, lighting atau pencahayaan menjadi faktor yang paling menentukan. Untuk mengambil foto flatlays, carilah tempat dengan cahaya yang memadai. Jika kamu mengambil foto di dalam ruangan, gunakan sudut ruangan yang berada di dekat jendela. Cahaya yang muncul dari jendela akan sangat membantu dalam pencahayaan foto kamu. Bila cahaya yang masuk ke ruangan masih kurang, kamu bisa menggunakan cahaya tambahan dari lampu yang harus kamu persiapkan sebelumnya.

2. Gunakan latar belakang polos

Konsep foto flatlays akan sangat indah apabila menggunakan background atau latar belakang yang polos. Dengan hal ini, benda dalam foto akan terlihat lebih mencolok dibanding dengan latar belakangnya. Warna yang dipilih juga sebaiknya berupa warna netral. Selain polos sebenarnya kamu juga bisa menggunakan background berpola yang berwarna netral. Apabila kamu kesulitan untuk mencari background yang cocok, kamu bisa membeli dan menggunakan karton putih sebagai latar foto flatlays kamu.

3. Cari referensi foto

Sebelum membuat foto flatlays, kamu harus menentukan terlebih dahulu objek dengan tema apa yang ingin kamu foto. Gunakan barang-barang dengan tema yang serupa dan sesuai untuk objek dalam foto. Setelah menentukan tema foto, kamu bisa mencari referensi foto-foto flatlays yang ada di instagram atau di situs lainnya. Dengan mencari referensi sebelumnya, kamu akan lebih mudah untuk mencari barang-barang yang dapat digunakan sebagai objek foto flatlays yang akan kamu buat.

4. Temukan layout yang bagus

Setelah menemukan dan objek-objek dan alat yang dibutuhkan untuk foto, kamu bisa langsung mencoba menata objek-objek tersebut. Atur barang sesuai dengan komposisi dan tema dari foto yang akan diambil. Kamu bisa menambahkan benda-benda kecil sebagai pemanis diantara objek-objek yang sudah tersusun. Setelah semua tersusun, carilah angle foto yang tepat dengan menggunakan smartphone kamu. Komposisi objek dan angle yang tepat akan menghasilkan foto flatlays yang sangat menarik.

5. Edit hasil foto

Setelah selesai mengambil foto, langkah terakhir yang harus dilakukan adalah proses editing. Gunakan aplikasi editing foto yang tersedia di smartphone kamu. Aplikasi yang paling populer untuk editing foto instagram adalah vscocam. Dengan aplikasi ini, kamu bisa mengatur brightness, ketajaman, dan menambahkan filter sesuai dengan kemauan masing-masing. Dalam video terbarunya ini, Melody juga membagi langkah-langkah editing foto flatlays menggunakan vscocam.

6. Terus latihan

Hal terakhir yang tidak kalah penting adalah melakukan eksplorasi dalam membuat sebuah foto. Semakin banyak kamu berlatih, tentu kemampuan kamu akan semakin meningkat. Setelah beberapa kali mencoba, kamu akan semakin mengerti dalam membuat foto flatlays. Cobalah bereksperimen dari mulai cara penataan objek, lighting, angle, hingga editing foto.

Nah, itulah 6 tips dan trik membuat foto flatlays dari Melody Amadea. Semoga tips ini bisa membantu kamu memperindah feeds instagram kamu ya Famous People! (nfl)

Video Melody Amadea Lainnya:

Tips Membuat Foto Instagram Jadi Keren!
Bingung Menentukan Destinasi Liburan? Yuk ke Labuan Bajo
3 Tempat Yang Wajib Kamu Kunjungi di Labuan Bajo
Kittendust dan Melody Amadea Kolaborasi Untuk Video Terbaru Mereka
3 Hal Favorit Dari Fathia Izzati

REAKSI KAMU

EPIC
1
PECAH
0
SO SWEET
3
NICE TRY
3
HIKS
1