FAMOUS.ID - Berbeda dengan perjalanan traveling biasa, melakukan traveling dengan gaya backpacking memiliki keseruan dan tantangannya tersendiri. Untuk menjaga pengeluaran perjalanan agar tetap minim, diperlukan beberapa trik khusus ala backpacker. Buat kamu yang berniat untuk mencoba melakukan backpacking, coba baca dulu beberapa tips dan trik dari Backpacker Tampan dibawah ini.

1. Membawa barang seringan mungkin

Backpacking secara bahasa berarti bepergian dengan menggendong sebuah tas punggung. Hal ini dimaksudkan agar kita bisa menikmati perjalanan tanpa harus direpotkan dengan barang-barang bawaan. Oleh karena itu, bawalah perlengkapan traveling seringan mungkin dan menghindari peralatan yang tidak terlalu penting untuk dibawa. Metode packing sebelum berangkat juga perlu diperhatikan. Cobalah untuk membawa pakaian dengan metode menggulung pakaian dan diikat dengan karet. Hal ini dapat memaksimalkan ruang dalam tas dan juga membuat bawaan terasa lebih ringan.

2. Meminta izin dan pamit pada keluarga

Sebelum melakukan perjalanan, hal yang wajib dilakukan adalah meminta izin dan pamit pada keluarga. Berikan informasi rencana tanggal berangkat dan tanggal pulang kepada keluarga agar mereka tidak merasa khawatir. Beri tahu juga tempat yang menjadi tujuan perjalanan kamu. Selain menghilangkan kekhawatiran, hal ini juga dapat berguna apabila terjadi hal yang tidak diinginkan selama perjalanan.

3. Membawa bekal

Membawa bekal dapat menjadi cara untuk menghemat biaya selama perjalanan. Dalam perjalanan pesawat, transit adalah hal yang biasa terjadi. Biasanya penumpang akan menunggu keberangkatan pesawat selanjutnya dalam jangka waktu tertentu. Pada saat inilah bekal yang sudah kita bawa tadi akan berguna. Harga yang terdapat di bandara biasanya cenderung lebih mahal dari biasanya. Dengan membawa bekal, kamu bisa menghemat uang makan untuk kepentingan lain di tempat tujuan nanti.

4. Gunakan fasilitas umum

Saat melakukan backpacking, gunakanlah fasilitas umum dengan semaksimal mungkin. Bandara biasanya menyediakan berbagai fasilitas umum seperti tempat istirahat, air minum, dan koneksi wifi yang bisa didapatkan dengan gratis. Gunakanlah kesempatan ini dengan maksimal seperti mengisi botol air minum dan menggunakan wifi untuk kepentingan kamu. Hal ini juga berlaku ketika kita sudah berada di negara tempat tujuan kamu. Intinya, jangan ragu untuk menggunakan fasilitas umum yang sudah disediakan di tempat publik!

5. Tukar uang sebelum berangkat

Ketika bepergian ke luar negeri, sebaiknya kamu lakukan penukaran mata uang sebelum berangkat. Hal ini akan menghemat pengeluaran perjalanan kamu. Biaya penukaran uang di bandara atau tempat tujuan biasanya akan lebih mahal dibanding menukar di dalam negeri. Selain itu hal ini dapat mengantisipasi apabila ternyata tempat penukaran di negara tujuan kamu tidak menerima mata uang rupiah untuk ditukar.

6. Gunakan metode couchsurfing

Metode couchsurfing sudah menjadi metode yang umum digunakan oleh para backpacker. Couchsurfing merupakan sebuah metode dimana kamu bisa menginap di tempat para penduduk lokal di negara tujuan kamu. Metode ini sangat berguna untuk menghemat pengeluaran penginapan kamu selama perjalanan. Selain bisa menginap tanpa biaya, kamu juga bisa mendapat teman baru dan lebih mengenal budaya lokal dari penduduk lokal yang menyediakan penginapan tersebut.

7. Dokumentasikan perjalanan kamu

Di era saat ini, mendokumentasikan perjalanan menjadi hal yang tidak kalah penting untuk dilakukan. Perjalanan backpacking pasti akan dipenuh dengan berbagai cerita dan pengalaman baru yang seru untuk dibagi dengan orang lain. Kamu bisa mendokumentasikan perjalanan dalam bentuk foto ataupun video. Selain menjadi bukti bahwa kamu pernah berkunjung ke tempat tersebut, hasil dokumentasi ini juga bisa jadi momen nostalgia ketika kamu beranjak dewasa nanti.

Itulah 7 tips dan trik melakukan perjalanan backpacking dari video Backpacker Tampan. Ada yang berencana untuk pergi traveling dalam waktu dekat ini? Tulis di kolom komentar ya! (nfl)

Video Keren Backpacker Tampan Lainnya:

Melihat Keindahan Asia Tenggara Bareng Backpacker Tampan
Pulau Tersembunyi Yang Super Indah di Lampung
Backpacker Tampan Terbang Bebas Bagai Burung di Kota Malang
Menjangan, Salah Satu Pulau Terindah Yang Ada di Indonesia
Kreator Ini Bikin Mannequin Challenge di Puncak Gunung

REAKSI KAMU

EPIC
0
PECAH
0
SO SWEET
2
NICE TRY
0
HIKS
0