FAMOUS.ID - Media sosial merupakan media penyalur informasi yang paling luas dan cepat. Platform media sosial dapat digunakan untuk berbagai hal mulai dari mencari informasi, berdagang, ataupun berkomunikasi dengan orang baru. Akan tetapi, perkembangan media sosial juga memiliki dampak negatif yang muncul.

Saat ini sudah banyak kasus berita hoax, penipuan, dan masalah keamanan yang muncul dari media sosial. Salah satu kreator, Ikram Marki sudah menjadi korban yang disebabkan oleh media sosial. Dalam video ini ia berbagi kisahnya menanggapi kasus yang menimpa dirinya. Untuk menghindari hal-hal tersebut, berikut 5 tips yang bisa dilakukan untuk aman bermain media sosial.

1. Jangan gampang percaya pada orang di media sosial

Berbeda dengan portal berita, media sosial mengandung banyak informasi yang belum terbukti kebenarannya. Ketika menemukan satu informasi di media sosial, jangan langsung percaya pada hal tersebut. Terlebih lagi ketika berhadapan dengan informasi yang didapat dari seseorang di media sosial. Saat ini banyak sekali aktivitas penipuan yang memberikan informasi palsu dalam akun media sosialnya, mulai dari nama palsu, data palsu, hingga foto palsu. Sebaiknya lakukan riset atau cari informasi lain dari sumber yang lebih terpercaya terlebih dahulu agar tidak terjebak dan menjadi korban penipuan.

2. Hati-hati dengan teman di media sosial

Di era saat ini, setiap orang memiliki teman digital yaitu orang yang menjadi teman dalam dunia media sosial. Mengenal seseorang di media sosial, bukan berarti kita mengenal sepenuhnya tentang orang tersebut. Pribadi seseorang dalam media sosial tidak selalu sama dengan kepribadiannya di dunia nyata. Sebaiknya jangan terlalu terbuka terhadap orang-orang yang dikenal hanya melalui media sosial. Banyak orang yang terlalu terbuka dengan teman digitalnya dan akhirnya menjadi korban dari kasus kriminal.

3. Apa yang dilihat di media sosial tidak sepenuhnya benar

Perlu disadari bahwa sebagian besar hal-hal yang kita lihat di media sosial tidak sepenuhnya benar. Jangan pernah percaya 100 persen terhadap sebuah gambar atau video yang tersebar di media sosial. Hal yang kamu lihat mungkin saja adalah sebuah cara untuk memanipulasi pemikiran orang agar percaya pada sebuah hal yang belum tentu benar.

4. Jangan bawa masalah pribadi ke media sosial

Bagi para remaja, membagi permasalahan pribadi ke media sosial sudah menjadi hal yang dianggap wajar. Banyak sekali orang yang membawa permasalahan pribadinya di media sosial seperti curhat patah hati, membagi informasi pribadi, hingga mengungkapkan kekesalan pada orang di media sosial. Para pengguna media sosial sebaiknya menghindari hal ini. Selain untuk menjaga keamanan diri sendiri, membagi masalah pribadi ke media sosial juga tidak akan memunculkan solusi yang jelas untuk masalah yang dialami.

5. Jangan bawa masalah media sosial ke dunia nyata

Tips nomor 4 juga berlaku sebaliknya, jangan membawa masalah yang terjadi di media sosial ke kehidupan nyata. Contoh kecilnya adalah ketika teman kamu mengunfollow akun media sosial kamu, sebaiknya jangan beranggapan terlalu berlebihan dan memunculkan permasalahan anatara kamu dan teman kamu. Ketika seseorang tidak follow seseorang di media sosial, bukan berarti ia membenci kamu di dunia nyata. Media sosial hanya masalah selera konten, apabila kamu diunfollow oleh seseorang, mungkin konten kamu tidak cocok dengan dirinya sehingga ia merasa harus mengunfollow akun media sosial kamu.

Itulah 5 tips aman dalam bermedia sosial, semoga artikel ini bisa bermanfaat buat kamu ya Famous People! (nfl)

Video Tips Keren Lainnya:

5 Tips Ini Akan Membantu Persiapan Rencana Traveling Kamu
5 Manfaat Lain yang Bisa Kamu Dapatkan Dari Lari Pagi
Tips Memutihkan Siku yang Hitam Dengan Cepat
Tidak Gampang! Seperti Ini Proses Pembuatan Sebuah Video YouTube
6 Tips Ini Akan Jadi Bekal Kamu Sebelum Memulai Bisnis

REAKSI KAMU

EPIC
4
PECAH
1
SO SWEET
1
NICE TRY
4
HIKS
0