FAMOUS.ID - Mendengkur atau dalam istilah medis disebut sebagai Sleep Apnea adalah salah satu gangguan tidur yang paling sering dialami. Biasanya penderita gangguan tidur jenis ini akan mengalami kesulitan bernapas ketika tidur bahkan hingga ratusan kali. Hal ini bisa terjadi karena otot-otot di bagian belakang tenggorokan tertekuk yang mengakibatkan sulitnya udara untuk keluar. FYI, ada beberapa penyebab dan faktor yang membuat penderita mengalami gangguan Sleep Aphnea atau mendengkur. Simak penyebab mendengkur yang perlu kamu ketahui.

Lingkar Leher yang Besar

Kalau lingkar leher pada pria lebih besar dari 17 inchi dan pada wanita lebih besar dari 15 inchi, maka resiko terkena gangguan aphnea atau mendengkur akan menjadi lebih besar.

Obesitas

Kelebihan berat badan bisa menjadi salah satu pemicu dari gangguan aphnea. Hal ini bisa terjadi karena berat badan yang melebihi batas normal akan menambah tekanan pada tabung pernapasan sehingga diameter saluran udara akan menjadi lebih kecil.

Riwayat Keluarga

Maksudnya disini adalah bukan dari aspek genetis yang dimiliki keluargamu. Karena masalah genetis bukanlah salah satu hal yang bisa menimbulkan gangguan aphnea. Tapi, jika kamu mewarisi aspek tertentu dari susunan fisik yang ada di dalam keluargamu, mungkin itu bisa menjadi alasan lain penyebab gangguan aphnea berdasarkan riwayat keluarga. Contoh, ibumu pernah mengalami gangguan aphnea karena memiliki ukuran rahang yang kecil. Jika benar ada, sebaiknya kamu juga periksakan dirimu ke dokter supaya kamu bisa terhindar dari gangguan tidur ini.

Usia

Meskipun gangguan tidur ini bisa terjadi di semua kalangan usia, namun resiko terbesar akan muncul jika sudah usia lanjut. Hal ini terjadi karena dengan bertambahnya usia, maka otot tenggorokan akan kehilangan elastisitasnya sebagai salah satu tanda penuaan. Selain itu, karena adanya pelunakan pada jaringan di dalam tenggorokan juga bisa menjadi salah satu penyebab sleep aphnea.

Itulah penyebab mendengkur yang bisa jadi nggak kamu sadari. Terdapat beberapa penyebab yang bisa kamu hindari. Yuk mulai perhatikan pola hidup supaya dijauhkan dari berbagai macam penyakit, Famous People! (non)

REAKSI KAMU

EPIC
4
PECAH
0
SO SWEET
0
NICE TRY
0
HIKS
0