FAMOUS.ID - Saat ini banyak orang yang memilih membuka bisnis usaha sebagai cara untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari, baik yang sudah memiliki pekerjaan utama ataupun bagi mereka yang belum memiliki pekerjaan. Banyak bidang bisnis yang bisa dikerjakan, kamu dapat menyesuaikan dengan kebutuhan pasar saat itu ataupun dengan skill dan hobi yang dimiliki. Untuk membuka usaha, sebenarnya tak perlu langsung membuka usaha yang besar dan dengan modal yang besar pula. Kamu juga bisa membangun bisnis yang dimulai dari skala kecil. Berikut tips untuk memulai bisnis bagi pemula

1. Pastiin Tujuan Awal

Kenalin arah bisnis mana yang mau kamu tuju, soalnya hal itu memudahkan kamu buat mengenal pasar. Atau bisa juga dibalik, kamu bisa lebih dulu nemuin target konsumen dan ngeliat peluang bisnis yang ada. Misal; karena masih kuliah, target konsumen yang paling deket ya temen-temen kampus sendiri atau mereka yang se-umuran dengan kamu. Ini bakalan lebih mudah, karena kalian punya selera yang nggak jauh beda. Jadi ke depannya bakalan lebih enak nentuin produk atau jasa apa yang bakal kamu bisnis-in.

2. Mulai dari Hal yang Kita Suka

Memulai usaha dari hal yang kita suka, keliatannya emang lebih aman buat dijalanin. Lebih minim risiko, karena paling nggak kita udah tau sedikit tentang hal itu. Walau pun sebenernya, tantangannya bakalan sama aja kalo nggak dijalanin dengan serius. misal kamu hobi bikin kue, ya kamu bisa mulai seriusin teknik bikin kue yang bisa kamu pelajari di tempat kursus. Nah, karena kamu bakalan jualan kue di kalangan kampus, mungkin kamu bisa lebih fokus ke bikin kue-kue perayaan, kaya kue tart atau cake. Kue jenis ini pasti bakalan lebih laku, dibanding kamu jualan kue kering. Karena pasti banyak di antara temen-temen kamu yang pengen kasih surprise buat orang-orang yang mereka sayang.

3. Manfaatin Social Media

Selama ini kamu udah sering banget liat atau bahkan punya foto #ootd dan followers Instagram kamu lumayan banyak? This is it! Ini adalah salah satu peluang. Jangan lewatin kesempatan ini buat promosiin jualan kamu melalui platform social media. Kalo kamu udah mulai punya tabungan, bisa juga cobain endorse. Tapi, jangan campur akun pribadi sama akun jualan, karena bakalan ganggu followers pribadi kamu yang nggak minat buat beli. Bikin akun sendiri dengan id brand produkmu. Pilih nama yang simple dan mudah diingat. Jangan lupa, promosi produk-mu bisa dimulai dari diri sendiri dan sekitar kamu. Contoh: setiap kali bikin kue kamu bisa posting hasilnya di soc-med, terus sisanya bisa kamu bawa ke kampus biar temen-temen bisa pada nyobain kualitasnya.

4. Perluas Jaringan Mulai dari yang Terdekat

Jangan ragu-ragu atau nggak pede buat promosiin produk kamu. Kalo emang kamu lihat ada peluang, nggak ada salahnya buat dicoba. Misal kamu denger ada temenmu yang mau bikin pesta ultah yang lumayan gede (dengan venue yang kece dan tamu undangan yang banyak), kamu bisa nawarin diri buat jadi sponsor cupcakes di acaranya. Kalau misal produkmu berbentuk , kamu bisa tawarin jadi sponsor isi goodie bagnya. Di awal memang kamu harus berani kasih gratis atau beri diskon, tapi kamu bisa jadiin ini kesempatan buat ngenalin brand kamu ke orang lain.

5. Jangan Malas Belajar

Pasti di antara temen-temen kamu udah banyak yang juga mulai berbisnis dan cukup menghasilkan. Nggak ada salahnya lho nanya-nanya tips ke mereka, atau barengan pergi buat dateng ke acara-acara business mentoring, seminar, atau sekedar tukar pengalaman di forum diskusi around internet. Apalagi sekarang udah zamannya serba online, banyak banget ilmu yang dibagiin sama entrepreneur kece via online class yang bisa kamu ikutin. Kuncinya, semakin banyak kamu tau tentang kekurangan dan kelebihan bisnis yang mau kamu jalanin akan semakin baik.

Nah itulah beberapa tips mudah untuk memulai bisnis. Nggak ribet kan? Asal kamu yakin dan serius pasti usaha kamu akan berjalan dengan lancar, tentunya juga dengan lakuin tips diatas. Kamu juga bisa simak tips dari Kevin Hendrawan untuk berbisnis bagi pemula divideo yang ada di halaman ini. Selamat mencoba Famous People! (non)

REAKSI KAMU

EPIC
5
PECAH
0
SO SWEET
7
NICE TRY
4
HIKS
0